Spesifikasi dan Harga Oppo F1—Ponsel Kelas Fotografi Pro ala Oppo

14 Jan 2016 10:00 6208 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Oppo F1 adalah produk pertama untuk seri “F”, keluarga khusus ponsel fotografi Oppo.

Para pembaca yang sempat mengamati perkembangan pasar ponsel di tanah air beberapa tahun ke belakang tentu tahu merk Oppo. Vendor elektronik dan ponsel dari Provinsi Guangdong, Tiongkok ini sempat membuat ramai para konsumen dan pasar gadget dan smartphone ketika meluncurkan ponsel Oppo Find dan Oppo N.

Kedua ponsel ini adalah smartphone dengan spek kamera yang luar biasa. Oppo Find 7 misalnya mampu menangkap gambar 13 MP dengan jernih dan bening, sedangkan Oppo N3 memiliki dual LED Flash serta lensa kamera Schneider-Kreuznach.

Setelah ponsel-ponsel ini, tampaknya Oppo semakin serius berkecimpung di dunia ponsel kamera dan fotografi. Ini ditandai dengan rilisnya ponsel pintar terbarunya, bernama Oppo F1.

 

Desain dan Penampilan

Secara penampilan, Oppo F1 masih tidak jauh berbeda dari penampilan fisik ponsel-ponsel senior Oppo yang telah keluar duluan. Dengan bodi glossy dan sudut bodi yang tidak lancip, ponsel ini memberikan kesan elegan dan dinamis.

Spesifikasi dan Harga Oppo F1âPonsel Kelas Fotografi Pro ala Oppo

Bodi ponsel ini berukuran 15,3 cm x 7,7 cm dengan ketebalan 7,5 milimeter sehingga tidak jauh berbeda dari ponsel Oppo Find 7. Dengan berat hanya 165 gram, ponsel in lebih ringan sekitar 10 gram daripada Oppo Find 7.

Ketika dipegang, bodi dan sambungan casing pada ponsel terasa kukuh dan rapat sehingga terasa bahwa build quality ponsel ini cukup bagus. Sama sekali tidak ada kesan ringkih ketika menggenggam bodinya.

Oppo F1 juga membawa layar yang cukup mengesankan. Berdimensi diagonal 5 inci, layar ini sanggup menampilkan tayangan beresolusi 1280 x 720 pixel dengan kepadatan 294 pixel per inci. Karena memanfaatkan teknologi IPS, layar ini mempunyai toleransi viewing angle yang baik.

Perlindungan Corning Gorilla Glass 4 pun menjamin keutuhan layar ini ketika terjadi benturan yang cukup keras—namun harap diingat bahwa ponsel ini bukan ponsel yang benar-benar tahan banting.

 

Spek Hardware dan Baterai

Oppo F1 diotaki oleh prosesor octa-core Qualcomm Snapdragon 616 yang berkecepatan 1,7 GHz. Untuk mengakomodasi prosesor tersebut, Oppo memberikan memori sebesar 3GB. Dengan spek hardware seperti ini, semestinya Oppo F1 mampu memberikan performa yang prima dan mampu menjalankan kegiatan multi-tasking, termasuk berpindah-pindah aplikasi dengan lancar dan minim lag.

Spesifikasi dan Harga Oppo F1âPonsel Kelas Fotografi Pro ala Oppo

Bersama dengan prosesor yang kencang itu, Oppo memberikan GPU Adreon 430 dari Qualcomm yang juga superkencang dan mampu mengolah grafis 3D lebih baik daripada GPU lain saat ini.

GPU ini bekerja pada kecepatan 650 Mhz sehingga bisa disebut sebagai salah satu yang tercepat pada ponsel pintar saat ini; lebih kurang setara dengan prosesor PowerVR GX6450 yang terdapat pada Apple A8 dan ARM-Mali T760 MP8 yang terdapat pada Samsung Exynos 7420.

Untuk menampung data, Oppo menyediakan memori penyimpanan internal (internal storage) berkapasitas 16 GB yang menyisakan ruangan cukup lega meskipun telah disita beberapa gigabyte untuk sistem operasi dan file-file aplikasi yang terinstal.

Jika penyimpanan internal ini masih belum cukup, pengguna bisa menambahkan kapasitas penyimanan data via kartu microSD. Ponsel ini mendukung kapasitas microSD sampai 128 GB.

Sementara itu, baterai yang disematkan pada ponsel pintar berkamera canggih ini sebesar 2.500 mAh. Baterai ini juga terpasang paten pada komponen dalam ponsel sehingga akan merepotkan jika Anda harus melakukan penggantian baterai jika rusak.

 

Kamera & Fitur Fotografi

Sebagai ponsel yang dirancang sebagai ponsel khusus fotografi, Oppo berusaha memberikan kamera yang terbaik untuk ponsel Oppo F1. Terdapat dua kamera pada bodi Oppo F1. Kamera depan yang berada di sebelah kiri lubang earpiece ponsel saja mampu menangkap gambar beresolusi 8 megapixel.

Resolusi gambar ini tentu tergolong wah untuk kamera selfie. Kamera selfie ini juga ternyata memiliki lensa f/2.0 yang mampu menangkap field of view yang lebih lebar, bahkan jika dibandingkan dengan ponsel Oppo yang lain.

Spesifikasi dan Harga Oppo F1âPonsel Kelas Fotografi Pro ala Oppo

Sementara itu, untuk kamera utamanya, Oppo F1 mendapatkan kamera kualitas tinggi yang mampu menangkap gambar hingga resolusi 13 Megapixel. Terdapat bantuan flash LED jika Anda kekurangan cahaya saat memotret.

Lensa dan sensor kamera utama ini memiliki fitur Phase Detection Autofocus. Ini adalah fitur yang sama dengan yang ditemui pada ponsel Oppo R7 dan R7s yang keluar lebih dulu.

Spesifikasi kamera yang canggih ini dioptimalkan penggunaannya dengan software Oppo PureImage 2.0 +. Software ini siap memberikan kepuasan bagi para pencinta fotografi ponsel karena selain mampu menangkap citra gambar yang jernih dan bersih, software ini juga menyediakan berbagai filter dan plugins yang bisa dimanfaatkan pengguna dalam menangkap foto yang kreatif dan lebih estetis.

 

Jaringan, Konektivitas, dan Fitur Lainnya

Sebagaimana ponsel pintar lainnya yang keluar pada tahun-tahun belakangan ini, ponsel Oppo F1 juga memiliki dua slot kartu sim (dual SIM card). Kedua kartu menggunakan jaringan GSM namun memiliki perbedaan ukuran fisik.

Slot kartu SIM 1 bisa diisi dengan kartu SIM ukuran Micro-SIM sedangkan slot kartu kedua hanya diisi dengan kartu ukuran Nano-SIM. Slot kartu SIM 1 mendukung jaringan sampai 4G/LTE sedangkan kartu SIM 2 hanya bisa sampai 3G.

Untuk urusan konektivitas, Oppo menanamkan adapter WiFi 802.11 b/g/n AC yang mendukung dual-band, DLNA, dan WiFi Direct. Tersedia pula konektivitas Bluetooth versi 4.0 A2DP.

Sebagai pelengkap, ponsel ini dilengkapi perangkat dan fitur GPS dan Compass, sensor accelerometer, proximity, serta gyrometer namun tanpa barometer, termometer, dan ambient light sensor.

 

Simpulan

Setelah menilik spesifikasi dan fitur yang dibawanya, tentu akan banyak calon konsumen gadget Indonesia yang juga tertarik pada ponsel Oppo F1 terbaru ini.

Harga jualnya sendiri untuk pasar internasional masih sekitar $290 atau kira-kira setara dengan Rp 4 juta rupiah. Harga yang cukup menggoda mengingat fitur dan speknya yang menggiurkan.

Soal tanggal ketersediaan, belum ada informasi untuk pasar Indonesia. Namun untuk Vietnam, Oppo telah merilis Oppo F1 ke pasaran pada hari ini, 13 Januari 2016. Sementara untuk Pasar India, dijadwalkan rilisnya akhir bulan Januari.

Tags Oppo

About The Author

Shafwan Nugraha 78
Professional

Shafwan Nugraha

Kontributor Plimbi. Level 70 Conjurer Mage lulusan College of Winterhold.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel