Review Axioo Neon TNW C825: Si Quad-core 3 Jutaan dari Axioo

9 Jan 2016 14:27 3137 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Hanya dengan budget sekitar Rp 3 juta setengah, Anda sudah bisa memiliki laptop prosesor quad-core dari Axioo.

Harus diakui bahwa kebanyakan laptop yang dilego dengan rentang harga Rp 3 jutaan biasanya memiliki spek pas-pasan. Laptop-laptop dari merek Lenovo dan Asus misalnya umumnya memberikan spesifikasi prosesor Intel Celeron dual-core sebagai otak mesin mereka. Belum lagi spek memori yang pas-pasan membuat laptop-laptop di rentang harga tersebut umumnya hanya digunakan untuk keperluan pendukung produktivitas dan pekerjaan klerikal/administratif semata.

Akan tetapi, Axioo rupanya mengambil langkah progresif dan berani dengan memasarkan laptop prosesor quad-core dalam rentang harga Rp 3 jutaan. Neon TNW C825 adalah laptop produksi Axioo yang dirilis belum lama ini dan masih sering tampak dipajang di etalase toko. Keunggulan utamanya dibanding laptop lain yang sekelas adalah prosesornya yang cukup bertenaga dengan bantuan empat inti prosesor. 

Desain dan Penampilan

Dari segi penampilan, Axioo masih menggunakan beberapa elemen desain laptopnya di masa lalu. Jadi, menurut pertimbangan saya, desain Axio TNW C825 sebenarnya agak berkesan âmasa laluâ alias ketinggalan zaman.

Bodi berbahan plastik dengan tekstur kasar dan minim dekorasi, plus desain sudut-sudut yang tajam dan lekukan sisi-sisi bodi yang patah mengingatkan saya pada laptop-laptop Lenovo seri âSâ yang harganya sekelas dengan laptop ini. Namun entahlah, saya mendapati laptop ini lebih berkesan murah, ringkih, dan rawan.

Dimensinya sendiri berukuran 34 cm x 24 cm dengan ketebalan 1,1~2,5 cm. Bagian paling tebal terdapat pada bagian engsel laptop yang juga ditempati unit baterai. Bobotnya sendiri sekitar 1,8 Kg. Laptop ini cukup ringkas dan nyaman untuk dibawa-bawa meskipun ukuran bodinya terbilang lebar.

Spesifikasi Hardware & Performa

Jika ada hal yang patut diapresiasi sangat positif dari laptop murah-meriah keluaran Axioo ini adalah prosesor yang disematkan ke dalam sistem hardware-nya. Prosesor yang digunakan misalnya, adalah Intel Celeron N2940, prosesor 64-bit generasi kelima Intel yang berarsitektur Bay Trail.

Prosesor ini berkecepatan 1,8 GHz dengan burst frequency 2,25 Ghz. Prosesor generasi ini dikenal dengan kehematan energinya dengan TDP 7,5 watt dan SDP 4,5 watt. Sudah banyak yang mengakui bahwa prosesor kelas Celeron belakangan ini jauh lebih baik daripada penggunaan Intel Atom karena selain mampu bekerja lebih cepat dan kencang, prosesor Celeron masa kini mampu menghemat listrik jauh lebih baik daripada prosesor Core I berkategori âmobileâ bahkan nyaris setara dengan Atom.

Yang agak disayangkan mungkin tanggungnya memori yang diberikan oleh Axioo. Soalnya, memori 2GB DDR3L 1333 terasa timpang jika disejajarkan dengan prosesor Celeron quad-core yang terpasang. Untungnya, Axioo masih menyediakan 1 slot SODIMM tambahan sehingga pengguna bisa meng-upgrade memori belakangan. Ini hal positif, karena kebanyakan vendor lain belakangan ini sudah enggan memberikan slot memori yang bisa di-upgrade pada laptop-laptop murah mereka.

Meskipun begitu, kekurangan memori ini tampaknya diimbangi dengan kapasitas media penyimpanan data HDD yang cukup besar: 500 GB. Kapasitas tersebut kiranya sudah lebih dari cukup untuk menyimpan berbagai macam data pekerjaan atau tugas-tugas dan untuk keperluan sehari-hari.

Display dan Spek Grafis

Review Axioo Neon TNW C825: Si Quad-core 3 Jutaan dari Axioo

Spesifikasi teknis Axioo TNW C825 menyebutkan bahwa tidak ada dedicated graphics processor yang dipasang padanya. Ini berarti laptop murah ini hanya bisa mendayagunakan GPU internal pada prosesor Intel Celeron-nya.

Di dalam prosesor Celeron N2940 tersebut terintegrasi GPU Intel HD Graphics berkecepatan 313 MHz dengan burst frequency 854 MHz. Oleh karena itu, jangan berharap laptop ini bisa diandalkan memainkan game dengan grafis 3D kompleks dan berat. Namun untuk keperluan browsing Internet, menonton video streaming maupun file video, dan menjalankan aplikasi desain grafis yang ringan, chip grafis ini mampu memberikan performa yang lancar.

Layar yang dipasangkan pada Axioo TNW C825 berukuran diagonal 14 inci dan sanggup menampilkan resolusi 1366 x 768 pixel. Layar seukuran ini sudah cukup untuk menonton video berkualitas 720p dengan jelas. Pun untuk browsing Internet dan pekerjaan klerikal kantor. Namun mungkin luas layar ini terasa kurang ketika digunakan bekerja dengan aplikasi pengolah grafis.

Keyboard, Touchpad, dan Asesoris

Axioo TNW C825 menggunakan keyboard tipe chiclet dengan bentuk tombol yang lumayan boxy alias kotak-kotak. Ketika ditekan, keyboard memberikan feedback yang cukup keras, tidak benar-benar kaku sih, tetapi sama sekali tidak bisa disebut empuk juga. Jika dibandingkan dengan beberapa keyboard vendor lain, keyboard Axioo TNW C825 terasa kurang nyaman.

Dan desain touchpad yang âmenyatuâ dengan palm rest adalah hal yang paling suram yang pernah saya lihat pada sebuah laptop. Andaikata desain touchpad ini diaplikasikan pada laptop dengan overall design yang lebih estetis dan dibuat dengan tekstur bodi yang lebih elegan mungkin bisa memberi kesan yang berbeda. But in this laptop, itâs simply fail, menurut saya.

Asesoris dan Baterai

Kelengkapan perangkat lainnya yang disertakan adalah webcam yang mampu menangkap gambar atau video beresolusi 720p. Webcam ini cukup jernih sehingga dapat digunakan ber-webcam atau ber-selfie ria di luar ruangan. Namun catatan, kualitas kamera ini di dalam ruangan mungkin akan menurun drastis berhubung tidak adanya lampu flash.

Nilai plus lainnya adalah kemurahan hati Axioo memberikan 1 unit optical drive berupa DVD-RW drive. Dan, jika suatu ketika Anda membutuhkan instalasi unit HDD tambahan, Anda bisa memanfaatkan HDD caddy, yaitu unit housing yang bisa mengakomodasi HDD sehingga bisa dipasang ke slot optical drive tadi.

Soal baterai, kapasitas baterai laptop ini tergolong kecil. Hanya terdiri dari 4 cell Lithium-Ion dan berkapasitas 32,5 Wh. Unit baterai laptop ini sebenarnya bisa dicopot, tetapi untuk melakukannya, Anda juga harus mencopot cover bawah unit laptopnya. Merepotkan.

Simpulan dan Harga

Berdasarkan pantauan, sampai saat artikel ini ditulis, beberapa toko online masih menawarkan laptop Axioo TNW C825 di rentang harga termurah Rp 3.300.000 hingga tertinggi RP 3.500.000. Rentang harga ini tergolong cukup murah. Namun jika spek laptop ini ikut diperbandingkan dengan beberapa model laptop dari merek lain, penawaran harga tersebut seharusnya bisa lebih murah jika Axioo memang niat untuk merebut hati calon pembelinya.

Jadi, dengan mempertimbangkan harga dan spesifikasi hardware yang didapatkan, bisa dibilang laptop Axioo Neon TNW C285 ini adalah laptop yang menggoda dari segi prosesor, namun bermemori tanggung, dan dengan kapasitas baterai yang lebih tanggung lagi.

Jika mempertimbangkan harga, laptop ini mungkin cocok bagi karyawan kantoran yang butuh laptop untuk membantu menyelesaikan pekerjaan, atau bagi pelajar dan mahasiswa yang membutuhkan laptop murah-meriah untuk mengerjakan tugas.

About The Author

Shafwan Nugraha 77
Professional

Shafwan Nugraha

Kontributor Plimbi. Level 70 Conjurer Mage lulusan College of Winterhold.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel