Chipset H87, Z87, Q87, Q85, B87? Tolong! Saya Bingung Memilih Chipset untuk Haswell LGA1150!

8 Jan 2016 17:01 6068 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bingung memilih chipset motherboard untuk prosesor Core i3, i5 atau i7 Haswell/Broadwell Anda? Coba simak panduan berikut ini.

Jadi, ceritanya Anda berniat membeli motherboard baru atau PC baru, namun bingung memilih motherboard apa yang sesuai? Kebingungan itu rupanya bukan hanya karena begitu banyaknya merek dan model yang tersedia, tetapi juga karena chipset yang ditawarkan oleh para vendor?

Maklum, beberapa tahun ke belakang, Intel lumayan getol mengeluarkan prosesor dan arsitektur yang baru. Perbedaan model dan arsitektur itu bukan saja menandai perbedaan generasi tetapi juga berupa perbedaan soket prosesor dan perbedaan chipset yang mendukung prosesor itu sendiri.

Untuk prosesor Intel generasi keempat berarsitektur Haswell yang saat ini pun masih banyak beredar di pasaran, tersedia beragam jenis chipset. Mulai dari H81, B85, Q85, Q87, H87, Z87, Z97, dan H97, sampai saat ini para vendor motherboard masih memproduksi motherboard untuk chipset-chipset ini meskipun prosesor Skylake dengan chipset sudah berkeliaran ke seluruh dunia.

Chipset-chipset ini semua mendukung prosesor bersoket LGA1150 sehingga kompatibel dengan prosesor Intel berarsitektur Haswell, Haswell-Refresh, dan beberapa Broadwell. Jika dibagi berdasarkan kronologis pengembangan arsitektur nya, chipset-chipset untuk LGA1150 Haswel dan Broadwell terbagi menjadi dua kelompok: arsitektur Lynx Point yang terdiri dari chipset H81, B85, Q85, Q87, H87, dan Z87 serta arsitektur Wildcat Point yang terdiri dari chipset Z97 dan H97.

Lynx Point: H81, B85, Q85, Q87, H87, dan Z87

Chipset berkode Lynx Point adalah chipset H81, B85, Q85, Q87, H87, dan Z87, digunakan untuk motherboard bersoket LGA1150 yang mendukung prosesor berarsitektur Haswell dan Haswell Refresh.

Chipset H81 adalah varian chipset untuk prosesor Haswell soket LGA1150 yang paling murah. Chipset ini memiliki fitur paling minim di antara saudaranya yang lain.

Chipset H87, Z87, Q87, Q85, B87? Tolong! Saya Bingung Memilih Chipset untuk Haswell LGA1150!

Contoh motherboard chipset H81

Pertama, chipset ini tidak mendukung konfigurasi kartu grafis lebih dari satu. Itu artinya, Anda tidak bisa memasang dua kartu grafis dengan konfigurasi SLI maupun Crossfire pada motherboard dengan chipset ini karena tidak ada motherboard chipset H81 yang memiliki dua slot PCI-express untuk kartu grafis (VGA card). Chipset ini juga hanya mendukung 2 port SATA kecepatan 6Gb/s dan 4 SATA 3 Gb/s.

Chipset B85 adalah chipset termurah dan varian terminim fitur untuk motherboard kelas business. Chipset ini tidak memiliki fitur ISIPP dan vPro. ISIPP adalah singkatan Intel Stable Image Platform Program sedangkan vPro adalah kumpulan fitur-fitur advanced dari prosesor Intel.

ISIPP adalah desain platform prosesor yang mengutamakan stabilitas dan kompatibilitas driver komponen Intel pada sistem komputer enterprise sedangkan vPro terdiri dari fitur seperti Hyperthreading, Turbo Boost 2.0, VT-x Trusted Execution, dan Intel Active Management Technology (AMT). Singkatnya, kalau Anda memilih prosesor berfitur Hyperthreading dan Turbo Boost, hindarkan pemilihan motherboard dengan chipset B85.

Chipset Q85 adalah chipset yang secara teknis sangat mirip dengan chipset Q87, kekurangannya hanyalah tidak adanya dukungan Intel vPro seperti fitur Hyperthreading, Turbo Boost 2.0, dan VT-x Trusted Execution. Chipset ini cocok jika Anda mencari motherboard yang support 6 port SATA 6 Gb/s dan 6 port USB 3.0.

Chipset Q87 adalah chipset yang secara teknis mirip dengan chipset Q85 yang lebih murah, namun memiliki fitur-fitur canggih prosesor Intel kelas bisnis seperti Hyperthreading, Turbo Boost 2.0. VT-x Trusted Execution, Identity Protection, dan ISIPP. Chipset ini juga mendukung 6 port SATA 6Gb/s, 14 port USB 2.0, dan 6 USB 3.0.

Contoh motherboard chipset Q87

Contoh motherboard chipset Q87

Chipset H87 adalah chipset yang banyak diminati oleh orang yang ingin merakit atau membeli PC yang orientasinya cenderung penggunaan multifungsi atau serbaguna, namun menginginkan performa tinggi dari motherboard dan komponen hardware yang dihubungkan dengannya. Namun perlu diingat, chipset ini tidak mendukung penuh prosesor berkode K (unlocked) karena tidak mendukung overclocking dan multi graphic card.

Chipset Z87 adalah chipset yang dicari konsumen yang ingin merakit sistem komputer yang ramah overclocking serta memiliki dukungan penuh konfigurasi dua kartu grafis via antarmuka SLI ataupun CrossFire. Maka dari itulah, chipset ini biasanya digunakan pada motherboard kelas gaming atau untuk performance.

Wildcat Point: Z97 & H97

Banyak yang bilang, motherboard dengan chipset Z97 dan H97 biasanya merupakan motherboard varian paling premium dengan harga yang lebih mahal daripada saudara-saudaranya yang setipe namun menggunakan chipset 87, 85, ataupun 81. Jika disurvey, hal ini memang ada benarnya karena banyak sekali motherboard kelas gaming dan kelas high-performance yang menggunakan chipset ini sebagai basis kontroler hardware mereka.

Chipset H87, Z87, Q87, Q85, B87? Tolong! Saya Bingung Memilih Chipset untuk Haswell LGA1150!

Contoh motherboard chipset Q87

Namun perbedaannya sebenarnya bukan semata angka model yang lebih besar (87 vs 97) menunjukkan harga yang lebih mahal. Chipset Z97 dan H97 menggunakan angka 97 karena mendukung prosesor dengan arsitektur Broadwell (dan juga Haswell) sedangkan Chipset H87, Z87, B dan Q87 hanya mendukung Haswell dan Haswell-Refresh saja.

Simpulan Akhir

Beberapa petunjuk singkat yang mungkin bisa menjadi panduan Anda ketika memilih chipset motherboard untuk prosesor Haswell, Haswell-R atau Broadwell dengan soket LGA1150 mungkin bisa dijabarkan sebagai berikut.

  • Chipset LGA1150 dibagi menjadi dua kelompok jika melihat prosesor yang didukung: Lynx Point untuk Haswell dan Haswell-Resfresh serta Wildcat Point untuk Broadwell.
  • Chipset LGA1150 berkode huruf B dan Q adalah chipset untuk motherboard kelas Bisnis.
  • Chipset LGA1150 berkode huruf H adalah chipset untuk motherboard kelas Mainstream dan penggunaan yang lebih serbaguna.
  • Chipset LGA1150 berkode Z adalah chipset untuk motherboard kelas Performance.
  • Chipset kelas B, Q, dan H pada dasarnya tidak mendukung fitur-fitur overclocking. Chipset ini juga pada dasarnya tidak mendukung pemecahan jalur data perangkat PCI-express sehingga tidak mendukung konfigurasi lebih dari satu kartu grafis (Nvidia SLI/AMD Crossfire). Maka dari itu kebanyakan motherboard dengan chipset B, Q, dan H hanya dilengkapi satu slot PCI-e x16. Namun ada beberapa perkecualian seperti motherboard Fatal1ty H87 Performance atau B85 Killer dari Asrock.

Nah, sudahkah Anda paham dengan perbedaan dan persamaannya? Semoga setelah ini Anda tidak bingung lagi memilih motherboard yang tepat secara spesifikasi, fitur, dan harga ketika merakit atau membeli sistem komputer yang diinginkan. Good luck!

Tags Intel

About The Author

Shafwan Nugraha 78
Professional

Shafwan Nugraha

Kontributor Plimbi. Level 70 Conjurer Mage lulusan College of Winterhold.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel