Butuh Laptop Chromebook Layar Besar? Coba Acer Chromebook 15 Terbaru!

28 Dec 2015 14:00 1157 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jika Anda mencari laptop ber-Chrome OS dengan layar super luas dan suara speaker "nendang", Acer Chromebook 15 adalah jawabannya!

Belakangan ini, laptop-laptop murah versi Chromebook mulai diminati pembeli. Pasalnya, selain harganya yang cenderung lebih murah dari pada laptop mainstream, sistem operasi Chrome OS juga telah dipandang positif sebagai sistem operasi alternatif dari sistem operasi mainstream seperti Windows dan MacOS.

Sejatinya, Chromebook memang didesain sebagai komputer portabel yang ringkas, kompak, dan ekonomis yang mampu menunjang produktivitas sehari-hari penggunanya.

Karena dimensinya yang kompak, layar monitor laptop kategori Chromebook biasanya berukuran minimalis dan kecil. Bagi sebagian orang, ini tidak masalah asalkan bisa dipakai melihat teks dan meramban web dengan jelas dan lancar.

Meskipun begitu, tentu ada saja orang-orang yang tetap membutuhkan layar besar untuk menunjang produktivitasnya. Dan meminta layar besar dari laptop kelas Chromebook mungkin permintaan yang sulit, karena rata-rata vendor masih menganut aliran minimalis tadi.

Akan tetapi, jangan kuatir. Karena ternyata kini Acer berani menjawab tantangan Chromebook dengan layar besar melalui produk terbarunya: Acer Chromebook 15.

Seperti namanya, keunggulan utama Chromebook ini adalah layar 15 inci yang luas. Apakah hanya itu saja? Tentu tidak; Chromebook ini juga rupanya punya potensi keunggulan lain. Apa saja? Mari ikuti ulasannya.

 

Desain dan Penampilan

Acer, tampil dengan desain bodi yang minim sudut lancip, seolah kembali ke zaman desain Acer Aspire 10 tahun yang lalu, tetapi tentu dengan banyak sekali perbedaan.

Yang jelas, desain Acer Chromebook 15 ini memberi kesan manis, dinamis, dan youthful, berbanding terbalik dengan filosofi desain hitam-kotak-kaku khas tradisional Lenovo. Desain ini bisa Anda kontraskan sendiri dengan melihat bodi Chromebook 100S keluaran Lenovo.

Acer Chromebook 15 berdimensi 15,1 x 9,7 x 0,95 cm, jelas berukuran lebih besar daripada Toshiba Chromebook 2 yang hanya 12,6 x 8,4 x 0,76 cm, bahkan jika dibandingkan dengan HP Chromebook 14 yang berdimensi 13,56 x 9,44 x 0,81. Selain besar, ketebalannya pun lebih daripada dua bandingan yang tadi.

Selain dimensi yang besar, bobot laptop ini pun sekitar 1,99 kilogram. Bobot itu jauh melampaui bobot Toshiba Chromebook 2 yang hanya 1,33 kg. Dimensi dan bobot seperti ini bisa agak merepotkan mobilitas penggunanya, apalagi jika sering bergerak dan berpindah tempat, atau jika memiliki ruang kerja yang kecil.

 

Layar Monitor

Bodi Acer Chromebook 15 yang bongsor ini tak lain demi mengakomodasi ukuran layar yang juga jumbo, apalagi untuk kelas Chromebook. Sayangnya, layar yang luas ini kurang diimbangi dengan kualitas gambar yang prima. Beberapa warna tampak kurang kontras, dan warna lain justru tampak kurang terang.

Layar milik Chromebook 15 sudah dilapisi anti-glare sehingga tidak lagi memantulkan cahaya berlebih ketika berada di luar ruangan. Sayangnya, anti-glare ini kurang optimal, ditambah lagi, kecerahan backlight layar yang bisa membuat orang berpikir bahwa laptop ini lebih cocok dipakai indoor dan di rumah, daripada dibawa-bawa keluar.

 

Spesifikasi Hardware

Untuk mempertenagai chromebook bongsor ini, Acer memberikan prosesor Intel Celeron 3205U Dual Core berkecepatan 1,50 GHz. Ini adalah prosesor generasi kelima Intel berarsitektur Bay Trail. Selain mampu mengoptimalisasi kecepatan proses per gigahertz-nya, prosesor ini juga jauh lebih hemat daya daripada prosesor Intel generasi sebelumnya. Ini adalah prosesor yang menjembatani kelas Atom dengan kelas i pada keluarga Intel.

Memori yang disematkan bervariasi, ada beberapa model yang menyematkan memori 2 GB ada pula yang 4 GB. Begitu pula untuk kapasitas penyimpanannya, Acer menyediakan pilihan SSD 16 GB atau 32 GB. Mungkin kapasitas ini tergolong sangat kecil. Tetapi perlu diingat bahwa sistem operasi Chrome OS tidak memerlukan ruang yang besar. Selain itu, media penyimpanan SSD tentu bisa mempercepat loading sistem operasi maupun aplikasi ketika dijalankan.

 

Asesoris dan Kelengkapan

Karena bodi yang besar, Acer juga memberikan keyboard yang cukup luas, dengan ukuran tombol yang relatif besar. Keyboard ini cukup nyaman ketika dipakai mengetik, terutama bagi mereka yang bertelapak tangan besar atau berjari-jemari panjang. Namun bagi yang jarinya kecil atau pendek, jarak antartombol yang lebar, bisa jadi malah merepotkan dan melelahkan.

Touchpad Chromebook 15 berukuran 4,2 x 3 inci. Lumayan besar dan lega. Pun, permukaannya nyaman untuk disentuh dan cukup sensitif mengendalikan kursor.

Untuk konektivitas, Acer memberikan output display berupa colokan HDMI saja. Sementara untuk ekspansi perangkat eksternal, tersedia satu port USB 3.0 dan satu port USB 2.0, terkesan tanggung, tetapi Acer menimpalinya dengan konektivitas Bluetooth 4.0. Selain Bluetooth, tersedia pula adapter Wireless 802.11 a/c dengan teknologi dual-band MIMO.

Acer juga melengkapi Chromebook ini dengan webcam 720p yang mampu menangkap gambar cukup tajam meskipun di dalam ruangan. Sayangnya, white balance kamera ini mungkin perlu di-tuning kembali.

Yang perlu diapresiasi positif adalah speakernya. Chromebook 15 dilengkapi speaker yang mampu mengeluarkan suara yang nyaring dan jelas. Speaker ini memang berukuran lumayan besar, dan ukuran besar itu tidak mengecewakan. Bahkan nada-nada dan dentuman bas bisa terdengar cukup baik, apalagi jika mengingat bahwa kualitas suara speaker laptop belakangan ini, dari kategori laptop dan rentang harga berapapun, cenderung memburuk.

 

Kesimpulan

Pada akhirnya, bisa disimpulkan bahwa Chromebook 15 buatan Acer ini adalah laptop Chromebook yang berlayar besar, berbodi kokoh namun tetap manis dan dinamis, dilengkapi spesifikasi tangguh dan siap adu, dan konektivitas yang lengkap. Acer juga memberikan speaker yang lumayan nyaring dan jelas, apalagi jika dibandingkan produk kompetitor yang kadang kurang serius menggarap komponen ini.

Kekurangan yang dimilikinya adalah meskipun layarnya besar, warna dan gambar yang ditampilkan terkesan kurang kontras dan bening, bobotnya yang berpotensi merepotkan mobilitas, dan ukurannya yang tidak mudah dibungkus dengan tas atau kemasan kompak.

Saat ini, Acer Chromebook 15 dijual dengan harga sekitar $300 hingga $325. Jika dirupiahkan, rentang harga tersebut berada di sekitar angka Rp 4 juta hingga Rp 4 juta 5 ratus ribuan. Jika dibandingkan dengan harga chromebook buatan kompetitornya harga ini mungkin terbilang lumayan tinggi. Namun, dengan mendapatkan spesifikasi seperti yang tadi disebutkan, banyak konsumen yang pasti tergoda.

About The Author

Shafwan Nugraha 75
Professional

Shafwan Nugraha

Kontributor Plimbi. Level 70 Conjurer Mage lulusan College of Winterhold.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel