Tips Memilih Makanan Sehat Bagi Tubuh

18 Dec 2015 13:55 3070 Hits 0 Comments
Memilih makanan sehat bagi tubuh adalah hal yang sangat digaris bawahi untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan terhindari dari penyakit

Memilih makanan sehat bagi tubuh adalah hal yang sangat digaris bawahi untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan terhindari dari penyakit juga tentunya.

Setiap orang di dunia, pasti menginginkan hidup sehat dalam kehidupanya. Namun untuk memiliki hidup sehat tidak bisa didapatkan dengan instan. Ada banyak hal yang perlu dilakukan selain berolah raga, salah satunya adalah menjaga pola hidup seperti mengkonsumsi makananan yang sehat. Berikut ada beberapa tips memilih makanan sehat bagi tubuh yang mungkin bermanfaat bagi anda.

 

Dibawah ini yang bisa menjadi tips memilih makanan sehat bagi tubuh

 

1.    Tidak mengkonsumsi makanan kemas atau pengawet

Dalam memilih suatu makanan kemasan, lebih tlitilah dalam membaca komposisi seperti pengawet yang digunakan harus pengawet khusus makanan yang aman bagi tubuh dan jangan lupa untuk melihat kode produksi atau tanggal kedaluarsanya. 

 

2.    Mengkonsumsi makanan lokal

Lebih memilih makanan lokal dari pada makanan impor. Karena perlu diketahui sebenarnya makanan impor memiliki kandungan gizi yang jauh dari pada makanan lokal dan tak sedikit dari bahan makanan impor yang sengaja diberikan bahan kimia agar lebih tahan lama. 

 

3.    Sayuran dan buah-buahan

Sebelum mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, cucilah terlebih dahulu dengan air bersih untuk mengurangi kadar pestisidanya. Sebab kandungan pestisida, bila dikonsumsi manusia akan menimbulkan beberapa penyakit berbahaya, salah satunya adalah kangker.

 

4.    Tepatnya memilih buah atau sayuran yang organik

Lebih memilih sayuran dan buah-buahan yang organik. Karena perlu diketahui sayuran dan buah-buahan organik tidak terlalu banyak mengandung bahan-bahan kimia seperti peptisida. Meskipun sayuran dan buah-buahan organik harganya terbilang lebih mahal dibandingkan sayuran dan buah-buahan non organik, mungkin tidak ada salahnya anda mengkonsumsi yang organik untuk investasi kesehatan anda.  

 

5.    Menghindari makanan yang berwarna terang

Hindari makananan yang memiliki warna mencolok, sebab tak sedikit pedagang makanan ingin banyak meraup keuntungan secara instan, salah satunya dengan mendaur ulang makanan sisa dengan memberikan pewarna berbahaya untuk mempercantik tampilan makanan.

 

6.     Bahan makanan di masak dengan sempurna

Bila anda penggemar olahan daging seperti daging sapi, ayam atau ikan, masaklah bahan-bahan makanan tersebut agar benar-benar matang sempurna. Karena perlu diketahui olahan daging yang tidak matang sebenarnya banyak mengandung bakteri dan parasit lain yang dapat menimbulkan beberapa gangguan pencernaan seperti diare dan keracunan.

 

7.    Mengurangi makanan mengandung lemak jahat

Kurangi makanan yang banyak mengandung lemak jahat ini adalah perlu sekali kita perhatikan. Pilihlah bahan makanan yang banyak mengandung vitamin, mineral, serta serat larut yang tinggi untuk membantu sistem metabolisme dan menjaga imun tubuh 

 

8.    Konsumsi suplemen makanan yang tepat

Agar lebih sehat, anda dapat mengkonsumsi suplemen yang mendukung dan sekaligus sebagai tambahan asupan protein dalam tubuh.

Nah, dari 8 diatas adalah tips memilih makanan yang sehat dan berguna bagi tubuh kita. Lalu, tunggu apalagi untuk mendapatkan tubuh sehat dengan pola makan sehat juga.

Tags

About The Author

Shelvi 37
Ordinary

Shelvi

Good looking, humble, & simple
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel