Cara Menjaga Kesehatan Liver - Tips Hidup Sehat

8 Dec 2015 20:24 3183 Hits 0 Comments
Liver sangat berperan penting dalam pencernaan, jagalah liver anda dengan sebaik mungkin.

Menjaga kesehatan liver agar tetap bersih adalah hal yang sangat penting, bukan hanya penting bagi setiap orang yang mencoba menjaganya dengan ramuan tradisional atau obat-obatan medis atau bagi yang tengah menderita penyakit liver. Liver adalah salah satu bagian terpenting dalam tubuh yang harus dijaga kesehatannya. sebab kalau mengalami kerusakan, maka sistem tubuh akan secara otomatis mengalami kerusakan. tanpa liver anda tidak dapat bertahan hidup. liver yang tidak sehat dapat menjadi sumber segala macam penyakit.

ketika anda menjalani berbagai macam pengobatan, maka liver anda yang paling terpengaruh. dalam masa pengobatan dengan abiotik, ramuan tradisional, terapi hormon, atau sekedar melakukan diet; segala sesuatu yang anda konsumsi akan melewati liver melalui jaringan pembuluh darah. zat-zat asing yang dibawa oleh makanan olahan berkandungan bahan kimia dan bahan pengawet yang tidak akan dapat diolah tubuh akan berkumpul di liver.

ketika liver anda tidak mampu lagi menampung zat zat asing tersebut, maka perlahan-lahan akan mengalami kerusakan dan dapat berakibat fatal bagi kesehatan. meski akibatnya tidak secara langsung, namun liver berpengaruh langsung terhadap tingkat energi dan libido. anda harus ingat bahwa liver bertanggung jawab untuk mengontrol kadar hormon di dalam tubuh.

liver adalah penghentian terakhir bagi zat kimia yang mengandung racun. racun ini akan terus bertambah seiring dengan kebiasaan anda di dalam mengkonsumsi makanan yang di awetkan. jika liver tidak mampu menampung lagi maka zat tersebut akan dibuang ke jaringan organ tubuh lain termasuk otak anda, jadi tugas anda untuk memilah nutrisi yang tepat untuk tubuh.

Bagi anda yang sedang menjalani terapi hormon, perhatikan dengan baik ketika hormon sintetis, obat-obatan, atau ramuan tumbuhan bercampur dalam liver, maka mereka akan tertimbun disana. mengkonsumsi zat lain secara terus menerus mengakibatkan liver anda penuh dan tidak dapat menerima zat zat penting yang di bawa oleh darah. hal ini dapat berakibat fatal bagi kesehatan anda. paling tidak anda akan mengidap kanker hati.

Adapun zat zat asing yang tidak baik bagi kesehatan liver anda, antara lain alkohol dan narkotika. jika sedang dalam masa terapi hormon, pengobatan medis, kehamilan atau kelahiran; maka penyakit liver harus benar-benar dibuang jauh-jauh dari kehidupan anda, jika anda tetap membandel berarti liver harus bekerja ekstra keras, jika membiarkan liver tersebut rusak, maka anda tinggal menunggu waktu.

Adapun langkah langkah terapis untuk mengatasi kerusakan liver adalah sebagai berikut :

1. Biasakan minum beberapa gelas air putih, buah segar dan sayuran yang telah di jus, atau juga bisa dikonsumsi langsung kapan anda inginkan. langkah ini akan membantu liver anda beristirahat dari proses pencernaan yang berat setiap harinya dan memberikan kesempatan bagi liver untuk membersihkan racun racun yang terkumpul.

beberapa gelas air putih membantu anda untuk membuang racun racun dari seluruh sistem tubuh anda. jika anda berada di tempat yang sulit mendapatkan air, gunakan dan bawa selalu botol air.

2. Tambahkan menu diet anda secara perlahan lahan dengan dimulai dari yang ringan. selain itu, anda juga harus menjauhi daging merah, semua makanan yang mengalami proses pengolahan dan gula. jika anda dalam masa terapi hormon, hentikan paling tidak untuk 3 hari atau sesuai dengan anjuran dokter.

Sumber : Panduan Terlengkap Hidup Sehat

About The Author

Bambang Wahyudi 28
Novice

Bambang Wahyudi

saya bambang wahyudi yang selalu ingin meraih impian yang saya cita-citakan

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel