Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru

29 Nov 2015 19:41 3378 Hits 0 Comments
Tips jitu menjaga kesehatan jantung, yuuk jaga kesehatan jantung dengan membaca artikel ini. insyaAllah penyakit atau gejala penyakit jantung dapat teratasi

Jantung merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. karena bila jantung yang berfungsi untuk memompa darah keseluruh bagian tubuh berhenti bekerja, maka tamatlah sudah riwayat kehidupan manusia. karena fungsinya yang sangat vital tersebut, maka anda harus menjaga kesehatan jantung dengan langkah-langkah cerdas sebagai berikut :

1. Kurangi mengkonsumsi makanan berlemak jenuh tinggi

Lemak jenuh mudah diubah menjadi kolesterol jahat yang sangat beresiko menimbulkan penyakit jantung koroner. karena itu anda harus mencermati kulit unggas, daging merah dan susu murni yang mengandung banyak lemak jenuh. perbanyak mengkonsumsi seafood yang kaya dengan omega tiga, sayuran, dan buah-buahan yang kaya serat dan vitamin, pilih juga susu yang mengandung rendah lemak.

2. Kurangi porsi garam

Apabila anda memiliki tekanan darah tinggi, waspadai makanan yang mengandung banyak garam dan MSG tinggi. gantilah snack seperti kacang bawang, keripik, roti kering asin atau snack rendah garam.

3. Ambil setiap kesempatan untuk berolahraga

Pilihlah naik tangga dibandingkan naik lift ataupun eskalator. parkirlah kendaraan anda lebih jauh agar dapat berjalan kaki lebih lama. kerjakan sebagian pekerjaan rumah yang biasa dikerjakan oleh pembantu rumah tangga, seperti mengepel lantai, atau mencuci kendaraan, sempatkan berjalan kaki sore dengan keluarga atau teman.

4. Kendalikan berat badan

Jaga berat badan anda agar tidak kegemukan. bila anda saat ini kegemukan, ikuti program bertahap yang dapat menurunkan berat badan anda. obesitas membuat anda lebih rentan terhadap banyak penyakit, terutama penyakit jantung.

5. Monitor tekanan darah dan tingkat kolesterol

Lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk mengukur tekanan darah dan kadar kolesterol dalam darah anda. hipertensi yang seringkali hadir tanpa di sadari itu tidak menjadi silent killer atau pembunuh darah dingin.

6. Kurangi stres

Stres yang tinggi meningkatkan resiko serangan jantung. ambil waktu untuk bersantai, perbanyak bergaul dengan orang lain yang membuat anda gembira, serta sejenaklah untuk melupakan beban hidup, disamping itu lakukanlah istirahat secukupnya.

Sumber : Panduan terlengkap hidup sehat

About The Author

Bambang Wahyudi 28
Novice

Bambang Wahyudi

saya bambang wahyudi yang selalu ingin meraih impian yang saya cita-citakan

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel