Tips Menjaga Keawetan Baterai Laptop

25 Nov 2015 09:10 3829 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Baterai laptop bisa dijaga dan dirawat keawetannya dengan beberapacara yang mudah.

Baterai merupakan salah satu komponen penting yang dimiliki oleh perangkat laptop. Ketika membeli laptop, salah satu hal yang paling Anda perhatikan selain semua fitur terbaru dari laptop adalah ketahanan dan kekuatan baterainya.

Perusahaan-perusahaan yang mengeluarkan produk berupa laptop juga saling berlomba untuk bisa memberikan jenis baterai terbaik untuk laptopnya. Walau masalah masa pakai baterai terkadang masih menjadi masalah yang cukup besar.

Masa pakai baterai yang cenderung tidak lama bisa disebabkan oleh banyak hal. Beberapa penyebabnya di antaranya adalah jumlah RAM yang tinggi, kecepatan dari CPU, dan kinerja dari grafis yang tinggi.

Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, ketahanan dan kekuatan dari baterai sendiri akan tetap bisa dijaga dengan bagaimana cara Anda merawat dan menggunakannya. Jika ingin baterai laptop Anda tetap awet, maka Anda harus pintar dalam merawatnya.

Untuk merawat baterai laptop agar tetap awet dan tahan lama, berikut beberapa tips menarik dan bermanfaat untuk Anda.

 

Lakukan Charging untuk Setiap Laptop Baru

Tips Menjaga Keawetan Baterai LaptopGambar via: tech2.alltechbuzz.net

Membeli laptop baru? Anda sudah mulai bisa merawat baterai laptop Anda sejak pertama kali membeli laptop. Caranya adalah dengan tidak langsung menggunakan laptop. Anda harus melakukan proses charging terlebih dahulu selama lebih kurang 4 sampai 8 jam sampai baterai terisi penuh.

Instruksi charging sebelum digunakan umumnya juga terdapat pada semua buku petunjuk laptop. Cara ini menjadi langkah pertama Anda untuk merawat baterai laptop Anda agar bisa awet untuk waktu yang cukup lama.

 

Jangan Nyalakan Wifi dan Bluetooth Jika Tidak Digunakan

Tanpa Anda sadari ternyata bluetooth dan wifi yang menyala sebenarnya bisa menguras daya dari baterai, terutama jika keduanya dinyalakan di tempat yang tidak memiliki sinyal Wifi atau bluetooth. Keduanya memiliki konsep untuk mengirim dan menerima sinyal yang tentunya akan membutuhkan daya.

Jika Anda sedang melakukan aktivitas tanpa online atau memerlukan penggunaan bluetooth, maka sebaiknya matikan Wifi dan Bluetooth. Hal ini akan berpengaruh pada ketahanan baterai dan tentunya lebih menghemat daya baterai.

 

Nonaktifkan Screen Saver dan Mengurangi Penggunaan Layar Cerah

Penggunaan screen saver ternyata membutuhkan daya yang lebih tinggi dan mengonsumsi daya setara dengan Anda menyalakan video. Ketika screen saver digunakan, CPU tetap aktif, kartu video menyala, begitu juga dengan layar.

Untuk kecerahan atau tingkat terang dari layar juga berpengaruh pada konsumsi daya baterai. Sebaiknya gunakan tingkat kecerahan standar atau tidak terlalu terang. Anda bisa menghemat daya baterai dengan layar yang tidak terlalu terang atau cerah.

 

Mendengarkan Musik Menggunakan Speaker Eksternal atau Headphone

Tips Menjaga Keawetan Baterai Laptop

Gambar via: the-other-view.com

Penggunaan speaker eksternal atau menggunakan headphone dan earphone bisa membantu menjaga daya dari baterai. Penggunaan speaker laptop terutama jika volumenya terus dinaikkan akan mengonsumsi daya cukup tinggi.

Selain menghemat daya, penggunaan speaker eksternal, headphone, dan earphone juga bisa menjaga keawetan dari speaker laptop itu sendiri. Speaker laptop Anda tidak akan mudah rusak dan awet untuk waktu yang lama.

 

Lepaskan Seluruh Perangkat Eksternal Jika Tidak Digunakan

Tips Menjaga Keawetan Baterai LaptopGambar via: cdn.wonderfulengineering.com

Anda tentunya sering memasang USB, harddisk eksternal, modem, dan perangkat keras lainnya pada laptop Anda untuk berbagai keperluan. Jika memang digunakan, maka tidak masalah. Tetapi jika Anda sudah selesai menggunakannya, maka sebaiknya segera lepaskan dari laptop.

Perangkat-perangkat keras eksternal tersebut akan menyerap daya baterai saat dihubungkan dengan laptop. Jadi, saat tidak digunakan dan untuk menghemat daya baterai, lepaskan segera.

 

Atur Periode Sleep pada Laptop

Sebaiknya Anda mulai mengkonfigurasi pengaturan dari baterai dengan baik. Anda mungkin serin terlupa untuk mematikan laptop setelah menggunakannya atau terlalu lelah untuk mematikan laptop setelah bekerja sampai malam.

Anda bisa mengatur periode sleep dari laptop yang akan melakuka penonaktifan sendiri setelah beberapa waktu laptop tidak digunakan. Aturlah waktu untuk periode sleep ini sesingkat mungkin sehingga laptop bisa cepat nonaktif dalam waktu singkat dan baterai pun menjadi lebih hemat dan lebih awet.

 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menghemat daya, merawat, dan menjaga keawetan dari baterai laptop. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Tags Teknologi

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel