Tips Cerdas Menghemat RAM Android

31 Jul 2015 11:00 5819 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Cara cerdas kelola RAM agar smarpthone lancar

Cara Menghemat RAM Android-Kebutuhan akan smartphone dengan OS Android semakin tinggi saat ini. Selain itu, setiap bulannya selalu hadir produk smartphone terbaru dari berbagai merk. Akan tetapi, memiliki sebuah smartphone Android bukan berarti hanya senang menggunakannya saja.

Anda juga harus bisa menjaga, mengontrol, dan menghemat penggunaan dari RAM Android tersebut. Tentu Anda ingin agar smartphone Android Anda terus berjalan dengan lancar tanpa menjadi lambat, bukan?

Berikut beberapa tips cerdas yang bisa dilakukan untuk Anda bisa menghemat RAM pada smartphone Android Anda.

Tips Cerdas Menghemat RAM Android

 

Rutin Mematikan Smartphone Andriod Secara Berkala

Ini dia salah satu tips dalam menghemat RAM Android Anda. Anda sebaiknya mematikan smartphone Anda secara berkala.

 Smartphone yang dimatikan secara berkala kemudian dinyalakan kembali akan memiliki jumlah RAM kosong yang lebih besar. Hal tersebut karena smartphone tersebut belum menjalankan banyak aplikasi.

Sedangkan smartphone yang jarang dimatikan, akan memiliki sisa RAM yang lebih sedikit.

 

Rutin Melihat Penggunaan dari RAM Android Anda

Sebagai pengguna smartphone Android, ada baiknya Anda tidak hanya asyik menjalankan aplikasi saja, tetapi juga melihat penggunaa dari RAM. Hal ini bisa membantu Anda untuk mengontrol dan menghemat penggunaan RAM Android Anda.

 Bagaimana cara melihat penggunaan dari RAM Android?

Anda bisa melihatnya dengan memasuki bagian setting atau setelan smartphone kemudian masuk ke Apps, lanjut ke Manage App kemudian geser ke bagian kanan sampai pada bagian Running.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi. Contohnya aplikasi RAM Cleaner.

Tips Cerdas Menghemat RAM Android

 

Tidak Haus dalam Instal Aplikasi

Tingginya minat pada smartphone Android berbanding lurus dengan semakin banyaknya berbagai jenis aplikasi menarik untuk android. Jika RAM Android Anda besarnya sekitar 1 Gb atau kurang, sebaiknya jangan terlalu banyak instal aplikasi.

Anda harus pintar-pintar memilih aplikasi dan memang hanya menginstal aplikasi yang paling Anda butuhkan dan paling sering Anda gunakan.

Begitu juga dengan aplikasi Messenger, pilih aplikasi jenis ini yang memang dibutuhkan dan digunakan. Hal tersebut karena aplikasi Messenger termasuk yang cukup boros dalam penggunaan RAM Android.

 

Cobalah untuk Mengurangi Jumlah dari Aplikasi yang Berjalan pada Background

Smartphone Android Anda berjalan semakin hari semakin lambat? Penyebabnya bisa saja karena ada banyak aplikasi yang berjalan pada background.

Hal tersebut bisa membuat smartphone Anda menjadi semakin lambat. Masalah banyak jumlah aplikasi yang berjalan di background tersebut, Anda cukup mengeluarkan program dari aplikasi-aplikasi tersebut.

 Setelah itu, usahakan untuk tidak terlalu banyak lagi menjalankan berbagai aplikasi pada background.

 

Cobalah untuk Menggunakan Smart Launcher

Tips Cerdas Menghemat RAM Android

Smart Launcher memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Ukuran tidak terlalu besarnya ini bisa membantu untuk menghemat RAM smartphone Android Anda.

Begitu juga ketika Smart Launcher ini dijalankan, RAM yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak. Download Smart Launcher dan rasakan perbedaannya. 

 

 

Anda Bisa Mulai Menggunakan UC Browser Mini juga Opera Mini

Browser Mini memiliki kelebihan dibandingkan dengan browser yang lain seperti Chrome. Kelebihan pertama adalah browser mini bisa dijalankan dengan jumlah atau kapasitas RAM yang jauh lebih sedikit.

Hal ini tentunya akan membantu menghemat RAM dan membuat performa smartphone tidak menjadi lambat.

Tips Cerdas Menghemat RAM Android

Kelebihan kedua dari browser mini ini adalah mampu untuk mengompres data menjadi ukuran yang lebih kecil. Anda bisa segera menggunakan kedua jenis browser mini ini dengan mengunduhnya di Play Store dengan gratis.

Baca Juga: UC Browser VS Opera Mini, Bagus Mana?

 

Menggunakan Aplikasi Disable Service

Untuk menghemat jumlah RAM Android Anda, selain berbagai cara yang sudah dituliskan sebelumnya, sekarang ini ada sebuah aplikasi yang bisa membantu untuk menghemat RAM.

Aplikasi yang dimaksud adalah Disable Service. Aplikasi ini akan membantu untuk menonaktifkan service dari aplikasi yang Anda gunakan yang memang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Hal tersebut akan banyak membantu untuk menghemat RAM. Beberapa jenis aplikasi yang banyak memakan RAM seperti Facebook dan BBM, bisa dibantu ditekan pemakaian RAMnya oleh Disable Service ini.

Demikianlah pembahasan tentang berbagai tips yang bisa digunakan untuk menghemat RAM Android pada smartphone Anda. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat. [DIA]

 

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel