Snapdragon 810 vs 820, Mana yang Lebih Jago?

17 Nov 2015 18:45 6328 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Banyak yang mengeluhkan masalah overheating pada Snapdragon 810, namun ada pula yang mengatakan tidak mengalaminya. Sekarang, seri terbarunya muncul apakah dia bisa menghilangkan masalah overheating yang kontroversial tersebut? Mari coba kita bandingkan dua chip hebat dari Qualcomm ini

Qualcomm baru-baru ini mengumumkan chip baru mereka, Snapdragon 820 ini membuat kita bisa berimajinasi bagai mana kemampuan smartphone tahun depan

Kemampuan chip baru ini juga sudah dirilis dan sudah dipamerkan di New York patut kiranya kita bandingkan dengan kakaknya, Snapdragon 810 yang dikabarkan mempunyai masalah overheating di beberapa perangkat mobile.

Banyak yang mengeluhkan masalah overheating pada Snapdragon 810, namun ada pula yang mengatakan tidak mengalaminya. Sekarang, seri terbarunya muncul apakah dia bisa menghilangkan masalah overheating yang kontroversial tersebut? Mari coba kita bandingkan dua chip hebat dari Qualcomm ini.

 

Snapdragon 810 vs 820: prosesor

Snapdragon 820 rumah dari GPU baru, Andreno 530. Snapdragon 810 sendiri punya GPU Andreno 430 yang merupakan adik dari GPU Snapdragon 805, Andreno 420. Andreno 530 dirakit dengan menggunakan proses 14nm FinFET yang lebih efisien dari GPU Qualcomm sebelumnya.

Apa artinya untuk Anda? Gaming yang lebih baik dan rendering grafis yang lebih handal di Android. Qualcomm mengatakan Andreno 530 40 kali lebih cepat dan mengkonsumsi energi 40 kali lebih sedikit dari Andreno 430. Jadi singkatnya, ada penghematan daya yang signifikan.

 

Snapdragon 810 vs 820: Baterai

Menurut Qualcomm, Snapdragon 820 akan menggunakan daya 30 persen lebih sedikit dari Snapdragon 810. Bagaimana cara mengetahui ini? Satu-satunya informasi yang bisa dipercaya saat ini adalah chip baru ini di bangun dengan proses 14nm FinFET sedangkan Snapdragon 810 20nm.

Bagaimana menerjemahkan ini secara lebih nyata? Kita harus menunggu untuk bisa mengujicobanya karena ketika chip diterapkan masih banyak faktor lain yang mempengaruhi bagian ini.

 

Snapdragon 810 vs 820: Kecepatan

Snapdragon 820 menggunakan modem X12 LTE Qualcomm. Apa artinya? Ini mendukung kecepatan internet Cat. 12 LTE. Itu berarti Anda bisa mendapat kecepatan internet 600 Mbps untuk download dan 150 Mbps untuk upload, tetapi ini tidak akan merata ke semua pengguna karena ini perhitungan maksimal. Namun, ini bisa membuat kita ada gambaran ke mana teknologi mobile akan bergerak.

Jadi, bagaimana membandingkannya X12 dengan modem X10 LTE digunakan? X10 menawarkan kecepatan maksimum 450 Mbps.

Tentu, itu masih cepat, tetapi tidak secepat adiknya. Qualcomm mengatakan modem baru yang mereka sematkan di Snapdragon 820 memberikan peningkatan kecepatan 33 persen. Mari kita tunggu dan lihat kecepatan internet yang diberikan chip terbaru Qualcomm ini.

 

Kesimpulan

Snapdragon memiliki banyak keunggulan dari produk sebelumnya secara teori saat ini. Sebelumnya, kita yang menggunakan smartphone yang menggunakan chip Snapdragon 810 tentu tahu bagian mana yang buruk dan baik. Untuk saat ini di tahun 2015, laporan terbanyak adalah masalah overheating  dan Qualcomm harusnya menebus kekurangan itu di tahun 2016.

Dengan beberapa angka mengesankan dan janji prosesor baru Kyro ada kesempatan baik Qualcomm bisa mengarahkan persepsi kalau chip mereka akan sukses. Produk baru mereka ini harusnya bisa menjawab kegelisahan pengguna smartphone seperti baterai, performa, kecepatan dan lainnya.

Satu yang perlu menjadi catatan kita, Snapdragon 820 mungkin akan dibangun seperti yang dikatakan Qualcomm, mereka benar-benar membuat chip yang setangguh itu, tetapi langkah berikutnya ada di tangan produsen smartphone.

Snapdragon 820 mungkin bisa sangat efektif di produk Nexus dari pada Samsung atau sebaliknya. Ini tergantung kemampuan produsen memaksimalkan chip ini agar bis dirasakan konsumen, jadi kita juga tidak bisa langsung menyalahkan Qualcomm bila ada yang tidak beres di smartphone.

Untuk melihat penjelasan yang lebih detail mengenai Snapdragon 820, Anda bisa melihat pada artikel kami sebelumnya Informasi Lengkap Soal Ketangguhan Snapdraon 820. Atau Anda bisa mengunjungi situs resmi Qualcomm

About The Author

Ricky Sulastomo 74
Expert

Ricky Sulastomo

Gemar menulis, tertarik dibidang teknologi (orang bilang geek) dan sepak bola
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel