RAM, Pengaruhnya Untuk Kinerja Perangkat Kita

13 Nov 2015 07:06 5569 Hits 0 Comments
Selain Prosesor, RAM memiliki peranan tinggi untuk perangkat komputasi kita.

(gambar: Digitaltrends.com)

Dalam kinerja sebuah komputer, selain peranan sebuah prosesor, kapasitas RAM juga sangat menentukan kemampuan komputer tersebut, Sehingga dalam pemilihan sebuah perangkat yang akan kita gunakan, pertimbangan RAM sudah menjadi hal yang wajib kita jadikan pertimbangan.

RAM, merupakan singkatan dari Random Acces Memory. Merujuk kepada singkatan diatas, pemahaman RAM dapat kita pahami, yaitu tempat menyimpan sementara pada saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak. Fungsi dari RAM yang dapat diakses secara acak tersebutlah yang membuat kinerja komputer, ataupun smartphone yang kita gunakan menjadi lebih gesit.

Harddisk memiliki fungsi untuk menyimpan memori juga, namun kelemahan dari harddisk adalah tidak dapat diakses secara acak seperti RAM. Sama dengan RAM, untuk ukuran kapasitas penyimpanan harddisk juga menggunakan Bite, seperti MB ataupun GB. Dipasaran kita sering mendengar ukuran RAM sebesar 128 MB, 256 MB, hingga ukuran 4 GB, angka itulah yang menunjukkan kapasitas memori dari RAM.

Pada dasarnya, semakin besar ukuran kapasitas RAM, maka kemampuan atau kinerja dari RAM tersebut akan semakin meningkat.

Didalam perangkat komputer desktop maupun laptop, RAM berbentuk kepingan, atau biasa dikenal dengan istilah memory module. Kepingan tersebut terkonek dengan motherboard melalui kaki-kaki pin yang ada dibawah RAM. Apabila RAM rusak, kita bisa menggantinya dengan RAM baru asalkan memiliki tipe RAM yang sama. RAM juga bisa kita up grade, untuk meningkatkan kinerja sebuah komputer kita. Cara meng up grade RAM misalnya dengan mengganti RAM lama dengan RAM baru yang memiliki kapasitas lebih besar, atau menambah RAM di slot yang biasanya sudah disediakan di motherboard tersebut.

RAM, Pengaruhnya Untuk Kinerja Perangkat Kita

RAM memiliki berbagai jenis tipe, kita mengenal jenis RAM DDR1, DDR2, DDR3, hingga DDR4 dalam perangkat komputer. Selain ukuran kapasitas, jenis RAM tersebut juga mempengaruhi kinerja RAM. Jenis RAM memang semakin maju, dan kinerja yang dimiliki juga semakin meningkat.

Di era perangkat mobile seperti sekarang ini, produsen RAM memang senantiasa berevolusi menjawab tantangan jaman. RAM yang ada di perangkat smartphone juga senantiasa ditingkatkan kapasitasnya, saat ini kapasitas smartphone yang memiliki memori RAM 4 GB sudah sering kita dengar di pasaran, begitu juga perangkat laptop atau komputer yang memiliki memori RAM hingga 8 GB juga sudah sering kita dengar.

So, bagi teman-teman yang hendak membeli perangkat komputasi, dari smartphone hingga laptop, pertimbangkan ukuran RAM ketika kita hendak membeli perangkat tersebut, karena, selain prosesor, RAM juga menyumbang dalam urusan kinerja perangkat kita. 

Tags Laptop

About The Author

wan 66
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel