Inilah 7 Standar Kecantikan Wanita Jepang

9 Nov 2015 13:20 17670 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bukan hanya hidung saja, tetapi tinggi badan hingga kelopak mata juga.

Kecantikan wanita, adalah hal yang jika dibahas tidak akan ada akhirnya. Hal ini dikarenakan bahwa teori kecantikan bagi setiap orang itu berbeda-beda, dan biasanya dipengaruhi oleh kultur serta masyarakatnya sendiri.

Di Jepang, seorang wanita itu disebut cantik jika memiliki tinggi tubuh yang mungil dan memiliki hidung mancung. Tapi ternyata, standar kecantikan di Jepang bukan dinilai hanya dari tinggi dan hidungnya saja, melainkan ada beberapa aspek lainnya.

Berikut ini adalah 7 Standar kecantikan wanita Jepang yang menjadi kriteria atau standar kecantikan wanita Jepang.

 

1. Warna Kulit

Selain teksturnya yang halus, kulit cerah biasanya dianggap sebagai kecantikan standar yang sifatnya universal. Sedangkan di Jepang, semakin putih kulit seorang wanita, semakin cantik juga wanita tersebut.

Hal ini mungkin masih berhubungan dengan Geisha dimana para wanita tersebut memiliki kulit yang sangat putih karena bantuan makeup.

 

2. Bentuk Wajah

Berdasarkan survey yang pernah saya lakukan sewaktu saya di Jepang, kebanyakan orang yang saya tanya mengatakan bahwa wanita cantik di Jepang dapat ditemukan di Hokkaido.

Ketika saya tanya alasannya, mereka umumnya menjawab bahwa wanita disana cantik-cantik karena mereka punya kulit yang putih dan wajahnya yang ramping.

Hal ini didukung dengan fakta dari suatu acara televisi di Jepang dimana seorang wanita berwajah bulat disebut cantik oleh seseorang, ia merasa kaget dan tidak percaya bahwa ada seseorang yang menyebutnya cantik.

 

3. Bentuk Tubuh

Jika disini ada yang tahu ukuran wanita bernama BWH (Bust, Waist, Hips) maka di Jepang ada Bon Kyu Bon. Hal ini biasanya muncul ketika sekelompok pria Jepang sedang membicarakan seorang wanita yang menurut mereka memiliki tubuh ideal seorang wanita.

“Bon” pertama adalah sebagai simbol payudara yang ukurannya besar, sedangkan “Kyu” adalah simbol dari pinggang yang ramping. Sedangkan “bon” yang terakhir adalah sebagai simbol pinggul yang sedikit melengkung.

Jika digabungkan BonKyuBon adalah wanita dengan payudara besar, memiliki pinggang yang ramping dan pinggul yang seksi. Namun di Jepang, wanita BonKyuBon ternyata masih kalah dengan wanita dengan tubuh ramping yang mungil.

Walaupun hal ini tentunya tergantung preferensi masing-masing, secara umum wanita dengan tubuh yang ramping dan mungil masih lebih baik dibandingkan dengan wanita bertubuh BonKyuBon.

 

4. Panjang Kaki

Semakin panjang kaki seorang wanita di Jepang, semakin cantik juga mereka. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya wanita yang memperlihatkan kakinya yaitu dengan menggunakan pakaian seperti rok mini di Jepang baik di musim semi, musim panas, musim gugur ataupun musim dingin.

 

5. Kepribadian

Walaupun secara fisik seorang wanita dapat dilihat sebagai wanita yang cantik jelita, namun jika wanita tersebut memiliki kepribadian yang sangat buruk, kecantikan tersebut hanya menjadi hiasan yang sia-sia.

Hal ini mungkin berlaku secara universal tidak hanya di Jepang. Di negeri Matahari terbit tersebut, seorang wanita dengan kepribadian yang sopan menjadi salah satu faktor penentu apakah wanita tersebut cantik atau tidak.

Secara tradisional, kecantikan di Jepang dapat dilihat dari cara mereka berpakaian, cara mereka menata rambut mereka, dan cara mereka duduk. Selain itu, cara berbicara juga menjadi faktor yang menentukan seorang wanita Jepang itu cantik atau tidak.

 

6. Bentuk Hidung

Jika pada umumnya kita melihat wanita Jepang itu lucu dalam artian cantik. Berbeda halnya dengan para wanita Jepang sendiri; bagi mereka hidung yang mungil atau pesek adalah sebuah hal yang tidak menjadikan mereka cantik. Menurut mereka, mereka layak disebut cantik jika hidung mereka mancung.

Jika rekan pembaca disini ada yang pernah berkunjung ke rumah sakit kecantikan di Jepang, pada umumnya pasien-pasien disana adalah mereka yang ingin melakukan operasi plastik untuk memancungkan hidung mereka.

 

7. Kelopak Mata

Futae Mabuta atau kelopak mata ganda adalah standar lain kecantikan seorang wanita di Jepang. Hal ini saya temukan ketika melihat pasien-pasien yang ada di rumah sakit kecantikan.

Selain melakukan operasi pada hidung mereka, sebagian dari mereka juga ternyata ada yang ingin melakukan operasi pada kelopak matanya agar menjadi ganda. Alasan kenapa banyak orang yang ingin memiliki kelopak mata ganda di Jepang adalah karena dengan kelopak mata ganda, mata orang-orang tersebut akan terlihat lebih besar.

Hal yang mungkin cukup mengejutkan adalah, bagi mereka yang tidak mampu untuk melakukan operasi ini di rumah sakit kecantikan, mereka umumnya melakukan operasi tersebut sendiri di rumah dengan menggunakan peralatan untuk makan seperti sendok. [FM]

 

 

image: Nozomi Sasaki

Tags Ulasan Unik

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel