Cara Mengajarkan Kecerdasan Majemuk Interpersonal

2 Nov 2015 11:37 3958 Hits 0 Comments
Orang yang punya kecerdasan interpersonal sering dianggap gaul karena punya banyak teman. Sebenarnya, tanpa sengaja orang tersebut memang mampu memahami orang lain, masalahnya, emosinya, dan karakternya sehingga dirinya bisa menyesuaikan diri. Sifat seperti ini dinamakan dengan kecerdasan majemuk interpersonal. Kecerdasan manusia tipe ini akan membuatnya punya banyak teman, bahkan dapat menyelesaikan masalah orang lain.

Orang yang punya kecerdasan interpersonal sering dianggap gaul karena punya banyak teman. Sebenarnya, tanpa sengaja orang tersebut memang mampu memahami orang lain, masalahnya, emosinya, dan karakternya sehingga dirinya bisa menyesuaikan diri.

Sifat seperti ini dinamakan dengan kecerdasan majemuk interpersonal. Kecerdasan manusia tipe ini akan membuatnya punya banyak teman, bahkan dapat menyelesaikan masalah orang lain.


Manfaatnya

Bila seseorang memiliki kecerdasan interpersonal, ia akan mampu menjaga hubungan baik dengan orang lain. Nah, orang yang demikian tentu memiliki lebih banyak relasi.

Hampir semua profesi memerlukan kecerdasan interpersonal meskipun dalam kadar yang berbeda. Misalnya, seorang guru yang melihat satu peserta didiknya tidak mampu mengikuti pelajaran.

Guru tersebut tidak lantas menjejali dengan beragam tuduhan kurang belajar, melainkan menaksir apa masalahnya. Dari situ tercipta komunikasi yang baik untuk memecahkan masalah murid tersebut. Guru yang seperti itu akan memilii relasi yang baik dengan para muridnya.
  

Manfaat lain ragam intelektual ini adalah dapat memuluskan hubungan dagang anda. Dengan kemampuan mengetahui apa yang diperlukan orang lain, orang tersebut pasti mampu melakukan riset pasar dan menyediakan apa yang diperlukan.

Akhirnya perniagaannya maju pesat. Begitu pula dengan profesi dokter dan duta besar dalam konteks berbeda.


Cara Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal


Bila anda  ingin punya kecerdasan interpersonal, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah latih emosi diri. Sebelum anda mampu menahan emosi, maka kecerdasan ini tidak akan dimiliki.

Kemudian, cobalah untuk memahami cara pandang orang lain yang mungkin berbeda dengan anda. Singkirkan dulu egoisme diri sehingga anda mampu memahami maksud orang lain. Kecerdasan majemuk ini memang perlu diasah dan berhubungan dengan kecerdasan intrapersonal.

Mendidik kecerdasan interpersonal pada murid di sekolah dapat dilakukan melalui drama yang menggambarkan hubungan hidup masyarakat. Secara tidak langsung, mereka akan berpikir alur cerita, konflik, dan pemecahan yang seharusnya dilakukan.

Nah, dari situlah mereka belajar mana yang baik dan mana yang tidak seharusnya dilakukan pada orang lain. Jadi, dengan sendirinya mereka telah menanamkan nilai intelektual multipel interpersonal di dalam dirinya sendiri.

 

Tags

About The Author

Shelvi 37
Ordinary

Shelvi

Good looking, humble, & simple
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel