Kopi Ternyata Bagus untuk Kesehatan!

27 Oct 2015 18:00 3116 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Inilah 7 manfaat kopi untuk kesehatan.

Bagi sebagian orang, meminum segelas kopi di pagi hari adalah sebuah “ritual” yang tidak boleh sampai terlewatkan alias ‘wajib’.

Hal ini karena bagi sebagian orang tersebut, kafein yang terkandung di dalam kopi dapat mendorong kinerja dari berbagai indera dan juga kinerja dari otak.

Dan hasilnya, aktivitas yang dilakukan akan sesuai dengan harapan.

Hingga saat ini, kopi juga menjadi sebuah minuman populer yang dapat di minum di berbagai waktu. Hal ini didukung juga dengan fakta banyaknya kedai-kedai kopi mulai dari yang populer seperti Starbucks, dan kedai-kedai kopi lain yang selalu penuh baik itu pagi, siang, ataupun sore, dan malam hari.

Selain memang mendorong tubuh kita untuk bekerja sesuai dengan apa yang kita harapkan, kopi juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita, khususnya bagi mereka yang menjadikan minum kopi sebagai hobi yang dilakukan setiap hari.

Di bawah ini adalah berbagai manfaat yang akan kita dapatkan dengan meminum kopi setiap hari.

 

1. Meningkatkan Performa dari Aktivitas Fitness atau Berolahraga

Suplement kesehatan adalah hal yang tidak kita butuhkan jika sebelum berolahraga kita meminum segelas kopi terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan dorongan, atau fungsi yang diberikan kafein dapat meningkatkan asam lemak pada aliran darah, sehingga memudahkan otot kita menyerap asam lemak tersebut untuk kemudian membakarnya menjadi energi.

 

2. Mengurangi Resiko Terkena Diabetes Tipe 2

Menurut sebuah penelitian dari The American Chemical Society, mereka yang meminum kopi di atas 4 gelas sehari dapat mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2 hingga 50 persen. Penelitian lebih lanjutnya menghasilkan bahwa setiap gelas di atas 4 gelas tersebut dapat mengurangi 7 persen resiko terkena penyakit tersebut.

 

3. Peningkatan Produksi Neurotransmitter Pada Otak

Dengan meminum kopi, tubuh kita akan menghasilkan lebih banyak serotonin, dopamine dan noradrenaline, yang dapat menyetel, atau mengatur mood serta fungsi kognitif pada otak kita.

Contohnya pada penulis sendiri, dengan meminum segelas kopi pada pagi hari sebelum mulai menulis dan meminum kopi lagi pada sore hari, penulis dapat berfokus untuk menulis artikel ataupun berita untuk Plimbi.

Peningkatan neurotransmitter juga adalah alasan tentang kenapa meminum kopi sebanyak 2 hingga 4 gelas setiap harinya dapat mengurangi resiko bunuh diri baik itu pada pria, ataupun wanita.

 

4. Semakin Kecil Terkena Resiko Kanker Kulit

Walaupun secara nyata memang tidak ada cara untuk melindungi tubuh baik dari kanker kulit atau kanker lainnya, para peneliti dari Universitas Harvard menemukan bahwa wanita yang meminum kopi 3 gelas per harinya memiliki kemungkinan lebih kencil untuk terkena kanker kulit dibandingkan dengan wanita yang tidak meminum kopi sama sekali.

 

5. Minum Kopi Membuat Pengambilan Keputusan Lebih Tepat dan Cerdas

Meminum kopi ternyata tidak hanya membuat kita merasa bersemangat dan gembira saja, tapi juga dapat membuat otak kita lebih encer dan lebih cerdas dalam mengambil sebuah keputusan.

Tidak percaya? Cobalah meminum kopi pada waktu sore hari (antara jam 3 dan jam 4 sore) dan rasakan perbedaannya dengan ketika tidak meminum kopi pada waktu tersebut.

 

6. Hanya dengan Wangi Kopi, Stress dalam Diri Kita akan Berkurang

Banyak alasan seseorang menjadi stress, salah satunya adalah karena kurang tidur.

Dengan menghirup aroma dari kopi yang sudah kita seduh pada waktu pagi hari, stress dalam tubuh kita akan berkurang. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan di Seoul National University.

 

7. Kita akan Merasa Lebih Bahagia

Bahagia disini bukanlah karena sebuah alasan yang disebut “kecanduan kafein” atau “mabuk kafein.” Sebuah penelitian membuktikan bahwa para peminum kopi reguler memiliki kemungkinan 10 persen lebih rendah untuk mengalami depresi dibandingkan mereka yang tidak pernah meminum kopi.

Kopi juga dapat membuat tubuh kita sehat karena pada kopi terdapat banyak anti-oksidan. Dan sudah terbukti, bahwa tubuh kita dapat menyerap lebih banyak anti-oksidan dari kopi dibandingkan dengan anti-oksidan yang ada pada sayur-sayuran dan buah-buahan.

 

Penutup

Dengan mengetahui berbagai manfaat kopi untuk kesehatan, mungkin rekan pembaca yang asalnya bukan penggemar kopi mulai dapat menikmati kopi. Atau mungkin yang takut kecanduan dapat juga lega dengan banyak manfaat dari kopi ini.

Tags Kesehatan

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel