Inilah Wondercube, Kubus Mungil yang Canggih dan Multifungsi

21 Oct 2015 12:30 3422 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Gadget berbentuk kubus ini memiliki berbagai fungsi yang berguna

Belakangan ini, produk-produk gadget dan asesoris dengan beragam fungsi banyak diproduksi dan beredar di pasaran. Saking banyaknya, produk-produk gadget ini bisa jadi membingungkan.

Bahkan beberapa orang mulai bertanya-tanya, tentang perlukah kita membeli dan memiliki sedemikian banyak gadget dengan fungsi-fungsinya yang belum tentu betul digunakan semuanya?

Mungkin lebih efisien jika kita memiliki suatu gadget atau asesoris yang multifungsi; dalam artian gadget ini tidak hanya digunakan untuk satu keperluan tetapi bisa mengakomodasi berbagai fungsi dalam satu alat.

Beberapa gadget yang ada saat ini mungkin telah menjawab pertanyaan tersebut, seperti misalnya modem USB yang juga berfungsi sebagai SD card reader atau power bank yang juga berfungsi sebagai charger atau senter darurat.

Namun begitu, pernahkah Anda menemukan satu gadget atau alat yang bisa mengakomodasi delapan fungsi sekaligus?

Inilah Wondercube, Kubus Mungil yang Canggih dan Multifungsi

Sebuah kubus mini, yang menyamar dalam bentuk gantungan kunci, rupanya bukan sekadar gantungan kunci. Kubus ini adalah charger, kabel data, card reader, dan mampu mengakomodasi berbagai fungsi yang lazimnya diperoleh melalui gadget-gadget atau alat-alat yang berbeda.

Wondercube adalah namanya. Hebatnya, meskipun harus mengakomodasi berbagai fungsi gadget yang berbeda, Wondercube hanya berukuran satu inci kubik. Artinya, dimensi kubus ajaib ini hanya 1 inci x 1 inci x 1 inci.

Wondercube adalah sebuah produk yang dirancang oleh Mutants DesignLab. Ini adalah sebuah perusahaan desain dari Hong Kong yang didirikan oleh desainer Him Ng.

Mutants DesignLab adalah perusahaan yang berkomitmen dalam mengeksplorasi benda-benda di sekitar manusia, merancangnya agar bisa berubah dan “berevolusi” menjadi lebih bai, fungsional, dan efisien.

Filosofis inilah sepertinya yang mendorong Wondercube tercipta; satu objek simpel untuk berbagai fungsional.

 

Lalu, bisa digunakan untuk apa saja Wondercube?

Pertama, Wondercube adalah sebuah gantungan kunci. Jelas, dari melihat bentuk fisiknya sekilas, kita bisa mengetahui bahwa Wondercube adalah gantungan kunci.

Orang-orang mungkin akan mengira bahwa Wondercube adalah gantungan kunci biasa. Namun begitu, mereka akan segera menyadari kesalahan asumsi tersebut ketika mengetahui fungsi-fungsi hebat dari komponen di dalam Wondercube.

Selain sebagai gantungan kunci, Wondercube adalah sebuah kabel data untuk ponsel pintar. Wondercube memiliki sebuah kepala colokan USB dan USB micro yang bisa berfungsi menjadi kabel data.

Jenis colokan USB micro tentunya bisa digunakan untuk berbagai macam merk dan model smartphone sehingga dukungan perangkatnya sangat luas.

Selain berfungsi sebagai kabel data biasa, kabel dengan pasangan kepala USB standar dan micro USB ini juga bisa berfungsi sebagai media sinkronisasi cepat.

Yang hebatnya lagi, colokan kabel micro USB tersebut juga bisa digunakan untuk mengisi ulang (recharge) baterai ponsel Anda.

Di dalam bodi Wondercube, terdapat baterai yang dapat diisi ulang dan berfungsi sebagai power bank darurat ketika Anda membutuhkannya.

Inilah Wondercube, Kubus Mungil yang Canggih dan Multifungsi

Lantas, kalaupun baterai cadangan tersebut kehabisan daya sementara Anda masih membutuhkan daya tambahan untuk mengisi ulang ponsel, cukup cari baterai kotak ukuran 9 volt.  

Buka salah satu satu sisi Wondercube yang menutupi adapter “kancing” untuk baterai tersebut, kemudian colokkan kabel micro USB Wondercube pada ponsel Anda.

Pada mode penggunaan ini, Wondercube berfungsi sebagai konverter energi dari baterai 9V ke baterai ponsel. Sungguh praktis dan inovatif!

Oh ya, kabel micro USB tadi juga bisa dimanfaatkan untuk hal lain. Wondercube juga bisa berfungsi sebagai Micro SD card reader. Anda ingat colokan USB standar yang tadi disebutkan?

Di balik plastik kepala colokan USB standar tersebut terselitp sebuah slot pembaca kartu memori micro SD.

Colokkan sekeping memori SD card di situ, lalu colokkan kabel micro USB ke ponsel Anda. Voila! Anda memiliki sebuah micro SD card reader OTG (on the go) yang bisa dicolok dan dideteksi langsung oleh ponsel.

Anda pun bisa memindahkan file-file yang menyesakkan ruang penyimpanan file di memori ponsel Anda secara langsung ke kartu micro SD yang tadi Anda colokkan pada Wondercube melalui aplikasi file manager built-in pada ponsel.


Memiliki Lampu LED dan Kemudahan Video Call

Beralih ke salah satu sisi yang lain, Wondercube memiliki lampu LED kecil yang bisa digunakan sebagai senter darurat.

Untuk menyalakannya, tekan tombol kecil di sisi yang lain. Senter darurat ini jelas sangat berguna, terutama ketika Anda kehilangan barang di tempat gelap, mencari lobang kunci pintu atau gembok, atau harus mencari jalan di dalam ruangan tepat ketika lampu atau listrik mati.

Inilah Wondercube, Kubus Mungil yang Canggih dan Multifungsi

Terakhir, jika Anda memerhatikan sisi yang memiliki lampu LED, di sekeliling lensa lampu LED tersebut adalah tonjolan “bingkai” dengan permukaan khusus.

Permukaan bingkai tersebut disusun dari jajaran micro suction yang bisa merekatkan Wondercube pada permukaan punggung ponsel apapun. Lantas, apa fungsinya?

Ternyata dengan memanfaatkan permukaan ber-micro suction Wondercube bisa berfungsi sebagai stand ponsel instan.

Kini, Anda bisa melakukan video call dengan lebih mudah dan praktis, tanpa harus repot-repot memegang ponsel dengan satu tangan dan melakukan hal lain dengan tangan yang bebas.

Setelah meniliki fungsi-fungsi yang dimiliki Wondercube, tentu kita bisa berpendapat bahw Wondercube adalah sebuah gadget yang konsepnya super keren karena meskipun berbentuk sederhana rupaya Wondercube sangat-sangat fungsional karena didukung sangat banyak fitur dan fungsi.

Wondercube adalah sebuah produk dari proyek crowdfunding sehingga Anda belum bisa menemukannya dijual bebas di toko-toko aksesoris ataupun gadget elektronik.

Namun begitu, jika Anda benar tertarik dengan gadget ajaib ini, Anda dapat berkunjung ke laman penawaran Mutant DesignLabs di situs Indiegogo. Di sana, Anda dapat menemukan informasi harga, cara pemesanan, serta informasi pengembangan lebih lanjut tentang Wondercube.

Tags gadget

About The Author

Shafwan Nugraha 75
Professional

Shafwan Nugraha

Kontributor Plimbi. Level 70 Conjurer Mage lulusan College of Winterhold.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel