5 Alasan Penting Beralih ke Office 2016

7 Oct 2015 17:23 16952 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Fitur-fitur menarik ini terdapat pada Office 2016.

Setelah tiga bulan peluncuran Windows 10, Microsoft tengah mempersiapkan aplikasi populer lainyang pasti pernah digunakan oleh semua orang yang pernah menyentuh komputer.

Apalagi kalau bukan Microsoft Office?

Kabarnya, Microsoft dalam waktu dekat akan merilis Microsoft Office 2016 yang dapat digunakan oleh semua kalangan, baik mereka orang rumahan, atau para pebisnis.

Mungkin perbedaan yang sangat mencolok dibandingkan Office 2013, atau Office sebelumnya adalah pada tendensi penggunaannya. Maksudnya, penggunaan pada Microsoft Office 2016 cenderung harus digunakan dalam keadaan online, tidak seperti generasi-generasi sebelumnya yang umumnya digunakan tanpa koneksi internet.

Kecenderungan untuk terhubung ke internet ini adalah karena pada Office 2016 terdapat banyak fitur yang untuk menggunakan fitur-fitur tersebut, penggunanya harus terhubung ke internet.

Walau terlihat tidak begitu menarik, apalagi bagi orang Indonesia yang koneksinya masih menggunakan sistem kuota dan rumahnya banyak yang belum terhubung ke internet, fitur-fitur pada Office 2016 bisa dikatakan tidak begitu bermanfaat.

Namun, bagi Anda yang sudah menggunakan koneksi internet tanpa batas dan masih ragu-ragu untuk beralih ke Microsoft Office 2016, berikut ini adalah lima alasan untuk memperkuat tekad Anda untuk nanti segera beralih ke Office 2016.

 

1. Kolaborasi Secara Real-Time Aplikasi-Aplikasi Pada Desktop

Walaupun secara umum Microsoft Office 2016 dapat digunakan secara offline, tapi mungkin fitur ini akan sangat Anda sesalkan jika sampai tidak mencobanya.

Pada fitur ini para penggunanya dapat mengedit sebuah file secara bersamaan. Sebagai contoh, seseorang sedang membuat sebuah artikel menggunakan Microsoft Word, maka orang lain yang juga tergabung karena telah diundang oleh si pembuat artikel dapat ikut mengedit artikel yang sedang dibuat.

Bagi mereka para pengguna Google Docs, hal ini mungkin sudah tidak asing lagi bukan?

 

2. Skype yang Terintegrasi Dengan Office

Jika sebelumnya Skype masih merupakan sebuah aplikasi yang sifatnya stand alone. Sekarang aplikasi tersebut sudah dimiliki oleh Microsoft sehingga sekarang Anda dapat menemukan aplikasi ini pada Office 2016.

Dengan fitur Skype yang terintegrasi pada Office 2016, Anda dapat melakukan panggilan Skype baik itu perorangan atau ramai-ramai dalam Office 2016. Jadi, ketika Anda sedang membuat sebuah konten menggunakan Office 2016 dan tiba-tiba anda rindu pada seseorang, Anda dapat langsung menjalankan skype tanpa harus membukanya pada jendela lain.

 

3. Adanya Fitur Smart Lookup

Penjelasan singkatnya, fitur ini adalah sebuah mesin pencari yang terpasang di Office 2016. Ketika Anda sedang membuat sesuatu menggunakan Office 2016, kemudian Anda menemukan sebuah istilah atau rumus yang tidak Anda ketahui, maka Anda dapat gunakan Smart Lookup sebagai jalan singkat untuk mencari penjelasan tentang hal yang Anda tidak mengerti tersebut.

Sebagai informasi tambahan, fitur ini menggunakan mesin pencari Bing dan bukan Google untuk pencarian informasinya.

 

4. Adanya Update untuk Office

Pada generasi-generasi sebelumnya, Office diproduksi sebagai aplikasi yang bersifat one-time release. Maksudnya, Setelah Anda membeli sebuah CD Microsoft Office, Anda hanya tinggal memasangnya pada perangkat komputer Anda.

Setelah itu Office akan berjalan tanpa ada dukungan seperti pembaharuan-pembaharuan fitur ataupun perbaikan bug yang mungkin ada di Office yang sudah kita pasang.

Berbeda pada Office 2016, Microsoft menjadikan aplikasi ini sebagai sebuah platform yang dapat terus dikembangkan seperti pada Windows 10. Jadi, jika Anda menggunakan Office 2016, Anda akan selalu mendapat Update atau pembaruan baik itu aplikasi ataupun perbaikan bug.

 

5. Adanya Fitur Sway

Sway sebenarnya sudah ada sejak bulan Agustus kemarin. Yang membedakannya, Sway sekarang telah tergabung atau terintergrasi ke dalam Microsoft Office 2016.

Bagi yang belum kenal aplikasi ini, Sway adalah sebuah aplikasi yang mirip dengan Microsoft Power Point yang memiliki fungsi sama yaitu untuk membuat slide presentasi.

Namun, disini Sway lebih unggul. Alasannya, karena Sway memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan Power Point. Selain itu, tampilan antarmuka pada Sway juga terlihat lebih sederhana dan mudah dipahami dengan adanya proses langkah demi langkah yang modular.

Intinya, slide presentasi yang dapat Anda buat dengan menggunakan Sway adalah sebuah presentasi yang penuh dengan kreativitas (gambar, video, grafik bahkan hingga Tweet dari Twitter).

 

Penutup

Bagaimana setelah membaca lima alasan untuk berpindah ke Microsoft Office 2016 di atas? Apakah Anda khususnya para mahasiswa dan profesional, apakah ingin tetap menggunakan Office 2007 atau 2013? Atau siap menggunakan Office 2016? [FM]

 

sumber gambar: chipchick

 

 

 

 

About The Author

Fahd M. 75
Spidol

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel