Ulasan Lengkap Harga dan Spesifikasi Nexus 5X

30 Sep 2015 07:00 3671 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ulasan Nexus yang sudah  mengusung Android 6.0 Marshmallow

Mari membahas harga dan spesifikasi Nexus 5X. Mengapa perlu dibahas? Yah karena perangkat dari Google ini sering dibicarakan. Dan Nexus 5X merupakan smartphone  yang cukup ditunggu kehadirannya. 

Nexus 5X pun sudah diluncurkan Google pada 29 September 2015. Jujur, saya tidak terlalu berharap apa-apa pada  perangkat Google ini. Pasalnya, perangkat Google Nexus di Indonesia kurang begitu menarik perhatian konsumen. 

Mungkin karena terlalu banyak pilihan perangkat Android yang lebih murah mengingat perangkat Nexus pada umumnya memiliki harga yang cukup tinggi. 

Tapi kalau bicara murah sih, sebenarnya Google juga punya Android One. Dan perangkat Android One ini terbilang masih kurang menggebrak pasar meski cukup lumayan banyak dibeli juga. 

Tapi terlepas dari itu, mari simak saja apa yang dibawa Nexus produkisi kerjasama Google dan LG  ini. Mari simak spesifikasi Google Nexus 5X  selengkapnya berikut ini. 


 

Spesifikasi Google Nexus 5X 

Kalau segi desain sebenarnya tidak ada yang terlalu mewah. Nexus seperti pada umumnya perangkat Android.  Hanya saja mungkin tulisan Nexus dan LG di belakang smartphone membuat smartphone lebih berkesan mewah. Setidaknya itu menurut saya. 

Perpaduan warna hitam pada bagian depan serta warna putih pada bagian belakang membuat LG Nexus 5X ini cukup menggoda. Apalagi, layarnya mengusung 5,2 inci dengan resolusi 1080 x 1920 piksel. Cukup mumpuni untuk sebuah smartphone Android saat ini.  

Apalagi layarnya memiliki kerapatan layar yang cukup tinggi, yakni 424 ppi. Tentu saja smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 3  dan oleophobic coating untuk proteksi layar.

Ulasan Lengkap Harga dan Spesifikasi Nexus 5X
Selanjutnya mari simak bagian dapur pacu. Chipset apa yang diibawa oleh smartphone ini? Dan ternyata LG Nexus 5X berbekal chipset Snapdragon 808. Chipset ini merupakan chipset yang mengusung prosesor octa core dengan dukungan GPU Adreno 418. 

Menilik chipset pada Nexus 5X ini, tampak bahwa LG Nexus 5X adalah smartphone kelas atas. Smartphone dengan performa mumpuni karena Snapdragon 808 sudah teruji kemampuannya alam menjalankan berbagai games. 

Yang mungkin agak disayangkan adalah dukungan RAM 2GB. Entah kenapa Google tidak mengusung RAM 3GB pada perangkat ini. RAM 2GB sebenarnya sudah cukup mumpuni tetapi menurut saya akan lebih worthed jika perangkat ini sudah mendukung RAM 3GB. 

Tapi ternyata Google memberikan RAM 3GB pada perangkat Nexus lainnya (Nexus 6P). Tentu ini bisa dikatakan bahwa LG Nexus 5X adalah varian lebih murah dari Nexus 6P. 

Hal lain yang agak disayangkan adalah tidak adanya  dukungan slot microSD. Ini berarti pengguna hanya bisa menyimpan data pada memori internal berkapasitas 16GB saja. Jika ingin kapasitas lebih, maka varian LG Nexus 5X varian 32GB bisa jadi pilihan. 

Meskipun begitu, LG Nexus 5X juga punya kelebihan lain. Kelebihan tersebut adalah kamera utama 12.3MP yang mendukung rekaman video  4K. Ada juga kamera 5 MP untuk melakukan selfie. 

 

Sistem Operasi LG Nexus 5X

Selain itu, kelebihan lain dari smartphone dengan baterai  2700 mAh ini adalah dukungan sistem operasi Android terbaru, Android 6.0 Marshmallow. Sistem operasi ini masih belum dimiliki oleh perangkat Android lainnya. 

Ulasan Lengkap Harga dan Spesifikasi Nexus 5X

Dukungan terbaik lainnya jelas adalah kehadiran konektivitas USB Type-C. Konektivitas ini  masih jarang dimiliki oleh smartphone lain. 

Belum cukup sampai disitu, LG Nexus 5X dibekali dengan sensor sidik jari. Fitur sensor jari pada LG Nexus 5X ini memiliki kinerja baik lantaran kemampuan memindai sidik jarinya hanya memerlukan waktu sekitar 600 milisecond. 

Untuk melihat lebih lengkap soal harga dan spesifikasi LG Nexus 5X bisa simak tabel berikut ini. 

Ulasan Lengkap Harga dan Spesifikasi Nexus 5X

Harga Nexus 5X 

Dari tabel tersebut, dapat diketahui bahwa harga perangkat ini adalah $379. Jika dikonversi ke rupiah (dengan kurs dollar $1 = Rp14.673.) maka harga banderol LG Nexus 5X  adalah sekitar Rp 5,5 jutaan.  Tentu saja jika perangkat ini datang ke Indonesia, harganya bisa saja berubah. 

Bagaimana, apakah dengan banderol harga tersebut, LG Nexus 5X ini cukup layak dibeli? Kalua menurut saya sih masih kurang layak. Apalagi karena Nexus 5X ini tidak dilengkapi dengan microSD, fitur optical image stabilization serta wireless charging.

Tapi mungkin penilaian orang berbeda-beda. Sayya juga tetap salut dengan perangkat ini. Apalagi karena adanya  USB Type C, sensor sidik jari, dan Android OS versi 6. 

Jika tertarik dengan perangkat ini, bisa langsung lakukan pre-order di Google Store mulai 5 Oktober 2015.  

Dan jika ingin melihat Nexus 5X lebih dekat, bisa simak video resminya berikut ini!

 

Sumber dan Gambar Nexus 5X via Liliputing

Tags Google Nexus LG

About The Author

Hilman 81
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel