Cara Membedakan iPhone 6 yang Asli dan Palsu

21 Sep 2015 09:22 414171 Hits 5 Comments Approved by Plimbi
Cara mudah membedakan iPhone 6 asli atau gadungan 

Cara Membedakan iPhone 6 yang Asli dan Palsu-Sudah jadi umum, ketika sebuah barang laku keras, umumnya bakal ada barang yang mirip atau bahkan barang tersebut dipalsukan. Contohnya, produk dari Apple, iPhone 6 yang memang cukup laku di pasaran. 

Produk iPhone 6 ini memang jadi produk andalan Apple untuk menguasai pasar. Dan hal itu sudah terbukti pada tahun 2014 lalu. Meski banyak isu negatif terkait bodi iPhone 6, nyatanya menurut TechInfographics.com, iPhone 6 menjadi smarpthone paling laris. 

Produk iPhone 6 bersama dengan iPhone 6 Plus terjjual sampai 74,5 juta unit. Sebuah penjualan yang tentunya cukup fantastis. 

Cara Membedkan iPhone 6 yang Asli dan Palsu

Tapi sekali lagi, lakunya iPhone 6 juga  memunculkan pihak-pihak tertentu yang menghadirkan produk imitasi. Ingat, produk imitasi!. Bukan produk “kloningan” yang biasanya dibuat vendor Tiongkok. 

Produk imitasi dalam hal ini adalah produk yang mengatasnamakan merek tersebut. Dalam hal ini, lakunya iPhone 6 ternyata membuat produk iPhone 6 palsu juga bertebaran. Tentu ini perlu diwaspadai. Terutama untuk Anda yang memang ingin membeli produk iPhone 6 ini.

Tapi, bagaimana cara membedakan produk iPhone 6 yang asli dengan yang palsu?  

Ada beberapa cara untuk membedakan iPhone 6 palsu dengan yang asli. Salah satu yang jadi panduan adalah channel Youtube  DarGadgetZ berikut ini. 

Untuk Anda yang kurang paham dengan video tersebut atau tidak bisa streaming, saya akan jelaskan lewat lima poin berikut inii. 

 


1. Kotak iPhone 6 

Cara Membedkan iPhone 6 yang Asli dan Palsu
Kotak iPhone 6 yang asli memilki tampilan polos pada bagian depannya. Bagian polos nya tidak sepenuhnya  polos karena ada tonjolan berbentuk iPhone 6. Beda dengan yang palsu. Kotak iPhone 6 palsu memiliki gambar bentuk iPhone dengan tampilan layar. 

Cukup meyakinkan memang. Tapi, produk iPhone 6 asli sekali lagi tidak memiliki gambar produk pada bagian depannya. 

 


2. Desain Sangat Mirip Tapi Berbeda

Cara Membedkan iPhone 6 yang Asli dan Palsu

Tampilan depan iPhone 6 yang asli dan palsu tampak identik. Bentuk ukuran, serta tampilan  pada bagian sampingnya memang identik Tapi bagian port sedikit berbeda. 

Cara Membedkan iPhone 6 yang Asli dan Palsu

Perbedaan jelas terlihat pada desain bagian belakang. Kecerahan warna  perak pada yang palsu terlihat lebih gelap. Sementara pada yang asli, desain dan warnanya tampak lebih cerah. 

Selain itu, iPhone 6 palsu memiliki bentukan garis pada bagian atas dan bawah. Sementara yang asli, tidak memilikinya. 

 

3. Logo Apple

Cara Membedkan iPhone 6 yang Asli dan Palsu

Perhatikan pula pada logo Apple!. Produk yang asli memiliki logo Apple dengan corak warna hitam.  Produk iPhone 6 palsu justru memiliki tampilan bening layaknya cermin. 

Logo Apple pada iPhone palsu terlihat seperti sebuah lekukan logo yang dibentuk atau potongan. Pada yang asli, Logo Apple tampak menyatu dan menonjol. 

Cara Membedkan iPhone 6 yang Asli dan Palsu

Catatan; 
Pada iPhone 6 versi putih, logo Apple tidak berwarna hitam seperti iPhone 6 versi silver. Pewarnaan logonya mirip dengan yang palsu tetapi iPhone 6 asli memiliki logo yang menonjol dan menyatu dengan bodinya layaknya iPhone 6 versi silver. 

 


4. Menilik Bagian Camera

Cara Membedkan iPhone 6 yang Asli dan Palsu

Kamera bagian  belakang tampak identik antara iPhone 6 asli dan iPhone 6 Palsu. Hanya saja yang asli lebih terlihat membulat sementara yang palsu bulatannya tampak kurang rapih. 

Cara Membedkan iPhone 6 yang Asli dan Palsu

Selain itu, perbedaan terlihat pada bagian flash yang terletak pada sebelah kamera. Produk yang asli memiliki lampu flash yang indah dengan lingkaran sempurna. Produk iPhone 6 yang palsu justru tidak terlihat membulat. 

 


5. Aksesoris 

Cara Membedkan iPhone 6 yang Asli dan Palsu

Ketika membeli iPhone 6 asli, didalam kotak sudah tersedia aksesoris  seperti headset dan  charger. Bentuk charger yang asli terlihat kotak tegas dengan kabel berwarna putih seperti pada gambar diatas. 

Bagaiamana dengan aksesori pada produk iPhone palsu? Untuk yang palsu, headset terlihat sama tetapi charger berbeda. Produk iPhone palsu memiliki charger dengan bentuk kotak yang lebih pendek dan sedikit melengkung pada bagian pinggirnya seperti pada gambar dibawah ini. 

Cara Membedkan iPhone 6 yang Asli dan Palsu
 

Tips Penting 

Jika masih kesulitas dalam membedakan mana yang asli dan mana yang palsu, sebaiknya Anda masuk ke iTunes. Produk yang asli akan mampu akses layanan resmi dari Apple tersebut. 

Cara lainnya adalah dengan memeriksa bagian general,, kemudian pilih about phone, dan cek serial number. Cek serial number tersebut di situs resmi Apple untuk melihat apakah produk tersebut memang asli atau tidak. 

 

Nah, itu cara termudah untuk membedakan mana iPhone 6 yang asli dan mana yang tidak. Jadi, jika Anda dalam waktu dekat akan membeli iPhone 6 atau malah akan membeli iPhone 6s, tidak ada salahnya memerhatikan hal-hal yang sudah tadi saya paparkan. 

Tentu saja tujuannya agar Anda lebih hati-hati ketika membeli produk  iPhone.  

Tags iPhone Apple

About The Author

Hilman 79
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel