Update ke iOS 9? Berikut Ini Persiapan Mudah Sebelum Update

14 Sep 2015 12:00 3905 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Maintenance rutin dan backup manual perangkat Apple.

Setelah berbulan-bulan lamanya kemunculan iOS 9 versi beta yang punya satu tujuan pokok yakni untuk mencari dan melaporkan bugs yang muncul pada perangkat iPhone yang berjalan pada sistem operasi iOS 9.

Kini, Apple sudah siap meluncurkan versi remi atau official-nya. iOS 9 versi resmi sendiri berdasarkan pernyataan Apple yang dilansir oleh Cnet, akan diluncurkan pada tanggal 16 September 2015. Menurut Apple, setiap pengguna iOS dapat langsung mengunduhnya ketika sistem operasi tersebut diluncurkan nanti.

Lalu apa saja yang berbeda dari iOS 9 ini?

Pada iOS 9, Anda akan dapat menemukan banyak hal-hal baru yang dapat membuat Anda lupa waktu.

 Mulai dari tampilan antarmuka yang berubah mulai dari kustomisasi hingga urutan notifikasi yang muncul di Notification Center, Sistem keamanan yang asalnya hanya menggunakan 4 digit menjadi 6 digit, serta fitur-fitur lainnya seperti fungsi split view, fungsi memilih semua foto dengan cara instan, dan masih banyak lagi yang dapat Anda temukan pada Lima Sistem Operasi Unggulan Pada Sistem Operasi iOS 9.

 

Apakah perangkat Anda sudah siap memakai iOS 9?

Bagi Anda pemilik perangkat Apple, jangan senang dulu dengan kehadiran sistem operasi terbaru dari Apple ini. Alasannya, karena tidak setiap perangkat Apple dapat memasang dan menggunakan iOS 9.

Untuk melihat apakah perangkat Apple Anda siap menggunakan iOS 9, cek terlebih dahulu gambar di bawah ini.

Setelah melihat kompatibilitas antara perangkat Apple Anda dan iOS 9 pada gambar di atas, Anda sudah siap untuk memasang iOS 9. Tapi sebelumnya, penulis akan menjelaskan beberapa langkah untuk mendukung proses penggantian OS dari iOS lama Anda ke iOS 9.

 

Pemeliharaan Rutin

Dengan munculnya update atau pembaruan terbaru, bagi Anda yang tidak pernah melakukan pemeliharaan terhadap perangkat Apple Anda, inilah saatnya untuk memulai hal tersebut.

Proses pemeliharaannya sendiri tidak begitu sulit dan tidak memakan banyak waktu, sehingga mereka yang tidak memiliki pemahaman dalam tentang dunia teknologi pun dapat melakukannya.

Yang pertama adalah menghapus semua aplikasi yang tidak pernah Anda gunakan selama berbulan-bulan. Selain hal ini membantu mengosongkan ruang penyimpanan pada perangkat Apple Anda, menghapus aplikasi yang tidak pernah Anda pakai juga secara tidak langsung membersihkan layar Anda dari shortcut yang memang menghalangi keindahan homescreen dari perangkat Apple Anda.

Yang kedua, memindahkan atau menghapus foto dan video yang tidak begitu dibutuhkan untuk mengosongkan ruang penyimpanan perangkat Apple Anda. Atau jika Anda tidak ingin menghapusnya, selalu ada alternatif untuk mengunggahnya ke iCloud atau penyimpanan cloud lainnya.

 

Backup sesaat sebelum melakukan pembaharuan

Secara teknis, perangkat Apple Anda, baik iPhone, iPod atau iPad, melakukan backup pada malam hari setiap Anda melakukan pengisian baterai. Tapi, melakukan backup sesaat sebelum Anda melakukan update ke iOS 9 bukanlah hal yang buruk.

Untuk melakukan backup secara manual, Anda terlebih dahulu harus memutuskan penyimpanan mana yang ingin digunakan. iCloud ataukah iTunes?

Setelah siap, lakukan langkah-langkah berikut ini untuk melakukan backup terhadap perangkat Apple Anda.

• jalankan Settings App         

• Tap/klik pada iCloud kemudian gulirkan layar hingga Anda menemukan opsi Backup.

• Tap/Klik pada opsi Backup dan tap/klik lagi pada tombol “Backup Now” untuk memulai backup

Catatan: Sebelum Anda memulai backup ke iCloud, pastikan perangkat Apple Anda terkoneksi ke internet, baik menggunakan data seluler ataupun Wi-Fi. Selain itu, pastikan juga perangkat Apple Anda sedang dalam keadaan mengisi baterai ketika melakukan backup, agar terhindar dari gagal backup karena kehabisan daya baterai.

Cara backup manual lainnya adalah dengan menggunakan iTunes. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghubungkan perangkat Apple Anda dengan kabel USB ke perangkat komputer.

Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan backup perangkat Apple Anda dengan menggunakan komputer.

• Buka iTunes

• Pilih perangkat Apple Anda di kanan atas iTunes

• Setelah berada di tampilan perangkat Apple, cari bagian “backups”

• di Bagian backups, pilih “This Computer” lalu pilih “Back Up Now”

Catatan: Yang tersimpan di komputer Anda adalah data-data pribadi yang ada pada perangkat Apple Anda dan bukanlah sistem operasi (iOS) dari perangkat Anda.

Secara default, tempat penyimpanan atau backup yang dilakukan di komputer akan tersimpan di path yang berbeda untuk setiap sistem operasi komputernya.

Untuk Windows XP

\Documents and Settings\nama pengguna komputer\Application Data\Apple Computer\MobileSync\Backup\

Untuk Windows Vista, 7 dan 8

\Users\nama pengguna komputer\AppData\Roaming\Apple Computer\MobileSync\Backup\

Untuk Mac OS

In ~/Library/Application Support/MobileSync/Backup/

 

Penutup

Setelah Anda melakukan pemeliharaan dengan menghapus atau memindahkan aplikasi dan file multimedia yang tidak Anda butuhkan lagi serta melakukan backup baik itu menggunakan iCloud ataupun iTunes, Anda sekarang dapat dengan lega untuk memulai proses update ke iOS 9.

Untuk melakukan update ke iOS 9 pun tidak sulit, Anda dapat melakukannya via iCloud ataupun iTunes.

 

Tags Apple

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel