Microsoft Pro Surface 3 atau Apple iPad Pro?

11 Sep 2015 15:45 4317 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pertempuran antara dua tablet dengan layar 12 inch

iPad Pro dan Microsoft Surface Pro 3

Dengan kemunculan iPad Pro di dunia gadget, banyak orang yang senang dan merasa antusias dengan kehadiran perangkat buatan Apple Inc. tersebut.

Namun, bagi mereka para antusias gadget secara umum, pasti tahu bahwa iPad Pro bukanlah tablet satu-satunya dengan layar besar di dunia ini yang dapat digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Tablet besar lainnya yang tidak kalah besar adalah Microsoft Surface Pro 3. Selama setahun ini tablet buatan Microsoft berlayar besar ini mengincar pasar dengan konsumen pelaku bisnis dan para profesional di dunia kreatif.

Kedua tablet berlayar besar ini dibuat untuk dapat bekerja dengan keyboard dan stylus khusus. Keduanya juga dapat menjalankan Microsoft Office dan sama-sama memiliki harga mulai dari 799 dollar atau sekitar 11,400,000 rupiah.

Tapi, yang namanya dua produk dengan merek berbeda biar sebanyak apapun persamaannya, pasti ada juga perbedaannya. Yang menjadi pertanyaan sekarang, manakah yang lebih cocok untuk Anda gunakan dalam menunjang aktivitas sehari-hari?

Dibawah ini adalah hasil perbandingan yang penulis kumpulkan berdasarkan data-data yang tersebar di internet tentang sehebat apa persaingan kedua tablet berlayar besar ini.

 

Layar

Microsoft Surface Pro 3 memiliki layar sebesar 12 inch dengan resolusi sebesar 2160 x 1440. Sedangkan iPad memiliki layar yang lebih besar yaitu 12.9 inch dengan resolusi mencapai 2732 x 2048 (Retina Display).

 

Prosesor

Apple iPad Pro menggunakan CPU buatan Apple bernama A9X. CPU ini menjanjikan bandwidth memory dua kali lebih besar dari chip generasi sebelumnya, A8X, yang terpasang di iPad Air.

Apple juga mengklaim bahwa chip A9X memiliki kecepatan 80% lebih besar dibandingkan perangkat sejenis yang dirilis tahun lalu. Namun sebelum pernyataan itu terbukti secara jelas, kita harus menunggu hasil review dari beberapa media independen profesional yang biasa mengulasnya di Youtube atau situs-situs gadget lainnya.

 

Daya Tahan Baterai

Dengan penggunaan normal (browsing lewat Wi-Fi dengan pengaturan pencahayaan default), Microsoft mengklaim bahwa baterai dari Microsoft Surface Pro dapat bertahan hingga 9 jam dalam pemakaian normal. Namun, beberapa sumber membuktikan penggunaan Surface Pro secara normal hanya mencapai 7 hingga 8 jam.

Sedangkan Apple iPad Pro diklaim oleh Apple dapat bertahan hingga 10 jam dengan penggunaan normal. Namun, untuk tes daya tahan baterai untuk iPad Pro sendiri belum ada karena produknya sendiri baru akan dirilis paling cepat akhir kuartal ketiga tahun 2015.

 

Aksesoris

Selain ukuran layarnya yang besar, keyboard adalah faktor lain yang membuat sebuah tablet berbeda dari tablet-tablet lainnya. Tablet, jika dilengkapi dengan keyboard, akan menjadikan tablet tersebut memiliki kelas tersendiri, yakni berada diantara tablet dan laptop.

Sayangnya, baik Apple ataupun Microsoft, tidak menyertakan keyboard dalam paket pembelian iPad Pro dan Microsoft Surface. Keyboard untuk kedua perangkat tersebut harus Anda beli sendiri di toko-toko gadget dengan harga 130 dollar atau sekitar 1.8 juta rupiah untuk keyboard Microsoft Surface Pro 3, dan 169 dollar atau sekitar 2.4 juta rupiah untuk keyboard Apple iPad Pro.

Perusahaan Microsoft dan Apple juga membuat stylus (pulpen khusus berbahan besi) untuk kedua produk tablet raksasanya.

Pada Microsoft Surface Pro, stylus sudah termasuk dalam paket pembeliannya.

Stylus di perangkat ini memiliki satu tombol yang ketika ditekan akan membuka aplikasi “OneNote”. Selain itu, stylus pada Microsoft Surface Pro dapat digunakan untuk menulis atau mencorat-coret pada documents dan halaman suatu situs.

Berbeda dengan Apple yang tidak menyediakan stylus untuk iPad Pro.

Untuk dapat memiliki stylus pada perangkat ini, Anda diharuskan membelinya sendiri dengan harga 99 dollar atau sekitar 1.4 juta rupiah. Stylus pada iPad Pro ini memiliki fitur untuk mendeteksi secara otomatis ketebalan garis yang digunakan ketika menggunakan office atau aplikasi pihak ketiga lainnya.

 

Harga

Harga untuk versi termurah baik untuk Microsoft Surface Pro 3 dan iPad Pro adalah 799 dollar atau sekitar 11 juta rupiah. Namun, keduanya memiliki versi-versi lebih bagus yang pasti dengan harga yang lebih tinggi.

Microsoft Surface Pro teratas misalnya. Dengan prosesor atau chip Core i7, RAM 8GB dan ruang penyimpanan sebesar 512GB ditawarkan dengan harga 1799 dollar atau sekitar 25.7 juta rupiah. Ditambah keyboard dengan harga 1.7 juta rupiah menjadi total 27.4 juta rupiah untuk paket lengkap Microsoft Surface Pro 3 spesifikasi terbaik.

Kemudian untuk iPad Pro dengan versi termurahnya dengan harga 11 jutaan, juga memiliki versi termahalnya yakni versi 128GB dengan tambahan fitur Wi-Fi dan fungsi untuk menelepon dengan harga 15.4 juta rupiah.

Untuk paket lengkap iPad Pro (iPad Pro + Stylus + keyboard) ditaksir mencapai 19.2 juta rupiah.

 

Kesimpulan

Mungkin terlalu dini bagi kita untuk menyimpulkan bahwa Apple dengan layarnya yang besar akan merajai kelas tablet berlayar besar.

Namun dari hasil rating pada kebanyakan media gadget online, Microsoft Surface Pro 3 memiliki ulasan dengan nilai “average” karena kekurangannya pada daya tahan baterai dan suhu layarnya yang cepat hangat.

Oleh karena itu, iPad Pro memiliki kesempatan yang cukup besar untuk menempati urutan teratas kelas tablet dengan layar besar, apalagi didukung dengan sebuah fakta tentang generasi sebelumnya bernama iPad Air. Gadget ini terbukti memiliki rating baik di berbagai review media spesialis gadget di internet. [FM]

 

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel