5 Drone Terbaik Untuk Menunjang Hobby Anda

10 Sep 2015 17:00 24272 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Klasifikasi drone berdasarkan kelengkapan fitur dan kualitasnya.

Semakin hari, sebuah terobosan di dunia teknologi bernama “Drone” semakin digandrungi masyarakat. Alasan kenapa gadget ini populer adalah karena manfaatnya yang beragam.

Salah satu manfaatnya yang paling umum digunakan oleh banyak orang adalah kemampuannya untuk mengambil gambar ataupun video dari udara.

Bagi Anda yang baru saja ingin menyentuh gadget drone ini, tentunya ada beberapa faktor yang harus diperhatikan sebelum membeli drone yang Anda inginkan. Salah satu faktornya adalah faktor ‘kegunaan’; apa yang ingin Anda lakukan dengan drone tersebut? Sebagai alat pengambil gambar atau video? Atau mungkin untuk hobby menerbangkan saja?

Jika Anda memilih alasan yang pertama yaitu sebagai alat pengambil gambar dan video, maka faktor lain yang harus Anda pertimbangkan adalah faktor ‘kualitas’ dari drone. Kualitas disini bukan mengacu pada seberapa cepat drone itu dapat terbang. Melainkan ke seberapa bagus kualitas gambar dan video yang diambil oleh drone tersebut.

Dalam artikel ini, penulis akan menguraikan beberapa drone dengan harga termurah hingga termahal berdasarkan faktor kelengkapan fitur dan kualitas gambar dan video yang diamblil dari masing-masing drone tersebut.

 

1. Syma x5C Explorers

Adalah sebuah drone dengan built-in kamera yang siap untuk mengambil gambar dan video ketika diterbangkan. Drone ini sangatlah stabil ketika terbang dan mengambil foto. Bahkan ketika berada tengah hembusan angin yang dapat menggoyangkan ranting-ranting, drone ini masih dapat tetap terbang dengan stabil.

Baterai pada drone ini terpasang di unitnya langsung, sehingga mudah untuk digantikan ketika Anda ingin menggantinya.

Kekurangan dari drone Syma x5C Explorers ini adalah ketidakmampuannya untuk menayangkan apa yang ditangkap kamera secara langsung. Tapi, untuk drone dengan harga satu jutaan ini fitur yang disediakan sudah cukup baik.

 

2. Hubsan H107D X4

Salah satu drone dengan mode fungsi penangkapan first person dimana kamera yang terpasang di drone dapat langsung memberikan tayangan secara live dari udara ke kontrolernya yang berlayar LCD 4.3 inch. Dari kontrolernya, Anda dapat memulai dan menghentikan perekaman hanya dengan menekan satu tombol saja.

Walaupun harganya dua kali lipat dari Syma x5C Explorers, fitur live feed-nya mungkin salah satu fitur favorit para pengguna drone cukup layak untuk dibeli.

Kekurangan dari drone ini hanya satu, yakni drone ini tidak memiliki GPS. Tanpa GPS, mereka yang baru pertama kali menerbangkan drone akan merasa kesulitan melayang di satu tempat.

 

3. Walkera QR W100S

Memiliki fitur lebih baik daripada Hubsan H107D X4, drone ini merupakan drone dengan mode first person yang juga dapat menggunakan Wi-Fi. Artinya, selain mengontrol drone tersebut menggunakan kontroler, Anda juga dapat mengontrolnya menggunakan perangkat Android atau iOS.

Ada dua mode pengontrolan dalam drone ini ketika menggunakan smartphone, yaitu mode standar dan mode gravity. Jika pada mode standar Anda menggerakkan drone seperti ketika menggunakan kontroler. Pada mode gravity, Anda menggerakkan drone dengan memiring-miringkan perangkat smartphone Anda ke arah yang Anda mau.

Live Feed yang ditangkap oleh drone ini juga dapat disaksikan menggunakan aplikasi yang ada pada smartphone Anda.

Kekurangan dari drone ini mungkin ada di harganya saja yang terpaut 300 ribuan dengan Hubsan. Tapi, menurut penulis drone ini lebih ‘worthed’ untuk dibeli dibandingkan Hubsan H107D X4 karena mode gravity dan fitur Wi-Fi nya.

 

4. Phantom fC40

Merupakan versi murah dari Phantom 2 Vision yang akan dibahas selanjutnya. Yang membedakan drone ini dengan Phantom 2 vision adalah kemampuan jarak terbangnya, daya tahan baterai dan kualitas video yang ditangkap.

Tapi bagi mereka yang ingin mendapatkan hasil video dan gambar berkualitas premium namun dengan harga yang murah, drone ini layak dipertimbangkan, terutama bagi mereka yang suka fotografi udara.

Fitur-fitur yang dimiliki drone ini antara lain, kestabilan yang tinggi, fitur pilot otomatis (auto-pilot), fitur kontroler menggunakan smartphone dan kamera built-in yang mampu untuk merekam video kualitas 720p/30fps.

Untuk harga dari drone ini sendiri di Indonesia berkisar hingga 8 juta rupiah.

 

5. Phantom 2 Vision

Adalah drone flagship buatan DJI Technology yang juga sebuah perusahaan terbaik di industri drone.

Phantom 2 Vision adalah salah satu drone buatan DJI Technology yang hadir ke hadapan Anda dengan menggunakan kamera berlensa ikan kualitas tinggi, GPS, Kontrol kemiringan kamera, dan koneksi Wi-Fi.

Dengan menggunakan koneksi Wi-Fi, drone ini dapat mampu untuk menyajikan data terbang secara real-time dan live feed kamera dengan jarak hingga 300 meter dari Anda.

GPS pada drone ini memiliki fungsi agar pemilik tahu dimana drone-nya sedang berada. Selain itu GPS ini berfungsi untuk menstabilkan drone ketika melayang.

Karena drone ini cukup mahal yakni, Mencapai 16 hingga 17 juta rupiah di Indonesia. Fungsi emergency landing atau yang biasa kita sebut pendaratan darurat sudah dipasangkan pada drone ini. Sehingga bagi mereka yang takut dronenya jatuh ketika habis baterai atau terlalu jauh dari kontroler bisa bernafas dengan lega. Karena fitur ini akan mencegah drone untuk jatuh mengikuti gravitasi dari bumi. [FM]

 

Tags Teknologi

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel