5 Game Rhythm Terbaik Android dan iOS

9 Sep 2015 17:30 8467 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
5 Game Rhythm berikut ini dapat melatih otak dan reflek Anda.

Mungkin banyak anggapan bahwa bermain game itu banyak ruginya daripada untungnya. Namun, faktanya tidak begitu, banyak game yang justru melatih otak dan reflek kita.

Salah satunya adalah Game Rhythm; adalah sebuah jenis game dimana kita bergerak mengikuti irama dari sebuah lagu sambil menggerakkan kaki atau tangan kita.

Game Rhythm yang pertama kali muncul di Jepang adalah Game Rhythm bernama Dance Dance Revolution pada tahun 1998 di setiap mesin Arcade di wahana permainan di Jepang.

Jika pada Dance-Dance Revolution mengharuskan kita menggerakkan kaki kita sesuai ritme yang ada di layar, Game Rhythm yang akan penulis bahas berikut ini adalah game yang mirip dengan Dance-Dance Revolution dengan pembedanya adalah game ini dimainkan menggunakan smartphone dan yang menari bergerak mengikuti lagu bukanlah kedua kaki kita, tapi jari-jari dari tangan kita.

Pada umumnya, cara bermain game Rhythm ini dilakukan dengan cara men-tap atau menyentuh layar pada saat tertentu mengikuti alunan musik.

Berikut ini adalah 5 Game Rhythm bagi mereka yang ingin mencoba melatih keseimbangan otak kiri dan kanannya serta melatih sinkronisasi antara mata, otak dan jari-jari pada tangannya.

 

1. Cytus

Game Rhythm yang sudah diunduh oleh pengguna lebih dari 5 juta ini adalah Game Rhythm pilihan terbaik yang ada di Playstore.

Seperti kebanyakan Game Rhythm, yang pemain harus lakukan dalam bermain game ini men-tap semua lingkaran yang muncul mengikuti alunan musik. Namun, pemain tidak dapat men-tap lingkaran-lingkaran tersebut secara sembarangan.

Game ini tersedia di Playstore dan iTunes

Anda harus men-tap lingkaran-lingkaran tersebut bersamaan dengan lewatnya garis seperti pada video di bawah ini.

 

2. School Idol Festival

           

Game Rhythm adaptasi dari sebuah serial animasi (anime) Love Live School Idol Project. Sedikit mirip dengan Cytus, game ini mengharus kan kita men-tap lingkaran-lingkaran yang muncul mengikuti alunan (beat) musik.

Yang membedakannya, lingkaran yang muncul pada game ini di tap ketika lingkarannya tepat berada di salah satu lingkaran dari 9 anggota yang ada di layar perangkat Android atau iOS Anda.

Tidak seperti Cytus, game ini lebih difokuskan pada penggemar Anime, khususnya penggemar seri animasi Love Live.

Berikut adalah tautan untuk mengunduh game ini

Playstore

iTunes

Untuk lebih jelasnya lagi tentang seperti apa bermain game ini, silahkan saksikan video di bawah ini.

 

3. The Idolm@ster Cinderella Girls Starlight Stage

            

Game Rhythm ini baru saja dirilis bulan September 2015. Bagi mereka pecinta anime, pasti sebagian besar tahu tentang seri animasinya yang sampai saat ini masih tayang di Jepang.

Seperti School Idol Festival, game ini juga hadir hasil dari adaptasi dari animenya. Cara bermainnya pun hampir serupa, tapi tentunya berbeda juga. Bedanya ada pada gerakan slide setelah pengguna men-tap setiap lingkaran-lingkaran yang muncul dari atas.

Selain itu game ini juga menggunakan fitur 3 Dimensi untuk menambah keasyikan para pemainnya dalam bermain game ini.

Sayangnya game ini hanya tersedia versi Jepangnya saja dan mungkin cukup sulit dimengerti bagi mereka yang baru memulai bermain game ini.

Untuk mengunduh game ini di Playstore, harap sebelumnya gunakan VPN. Setelah itu barulah klik tautan berikut ini. The Idolm@ster Cinderella Girls Starlight Stage

Atau jika mereka yang tidak mau ambil pusing menggunakan VPN, Anda dapat mengunduhnya melalui link QooApp Store.

 

4. Show By Rocks

           

Game Rhythm lainnya yang diadaptasi dari seri anime.

Jika School Idol Festival menggunakan 9 tap dan The Idolm@ster menggunakan 5 tap, maka game ini adalah game dengan tap paling sedikit diantaranya yakni hanya 3 tap saja.

Walaupun memiliki tap yang sedikit, game ini cukup sulit untuk dimainkan seperti game-game rhythm lainnya.

Anda dapat mengunduh game ini menggunakan atau mengaktifkan VPN di Playstore dengan mengklik tautan berikut Show By Rocks

Atau bagi mereka yang tidak mau menggunakan VPN, bisa mengunduhnya di tautan QooApp.

 

5. Beats, Advanced Rhythm Game

          

Salah satu game Rhytm yang memiliki kesan nostalgia DDR (Dance Dance Revolution)

Game Rhythm ini mengharuskan kita men-tap bersamaan dengan mengikuti petunjuk yang ada di layar. Ada dua mode pada game ini. Yang pertama adalah mode yang mirip dengan DDR dimana kita men-tap anak panah yang berjatuhan dari atas ke bawah.

Tentunya kita tidak sembarangan menyentuhnya kapan saja. Anak panah tersebut dapat memberikan skor ketika disentuh pas dengan posisi anak panah transparan di bawah tempat jatuhnya para anak panah.

Ada juga mode yang mirip “OSU!” Seperti di PC, dimana kita diharuskan men-tap lingkaran-lingkaran yang bermunculan. Seperti mode pertama dimana anak panah yang berjatuhan harus di-tap ketika posisinya tepat berada di atas anak panah yang transparan. Yang membedakannya mode kedua ini mengharuskan pemain untuk men-tap tepat di atas lingkaran yang ada di game tersebut.

untuk mengunduh game ini, silahkan klik tautan berikut ini Link Download Beats

Untuk lebih jelasnya silahkan saksikan video permainannya berikut ini.

 

Kesimpulan

Secara umum, Cytus dan Beats mungkin menjadi game rhythm pilihan bagi mereka yang tidak begitu menyukai anime. Namun, bagi para fans anime, School Idol Festival, The Idolm@ster dan Show by Rocks adalah pilihan terbaik mereka.

Mohon untuk tidak kaget setelah menyaksikan video di atas, karena video-video tersebut adalah video para pemain yang sudah ahli memainkan stage atau level tersulit pada kelima game dia atas. [FM]

 

 

Tags Games

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel