5 Kebiasaan Orang-Orang Sukses

7 Sep 2015 13:00 4098 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
5 Kebiasaan ini adalah kebiasaan mereka yang telah sukses di Dunia.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa kebanyakan orang yang ada di dunia ini umumnya terlihat biasa-biasa saja dan tidak begitu menonjol. Tapi ada pengecualian, mereka yang sukses ternyata tidak termasuk pada kategori ini.

Sukses bukanlah sesuatu yang mudah diraih seperti membalikkan telapak tangan. Sukses juga tidak terjadi karena kebetulan dan keberuntungan saja. Karena untuk menjadi sukses, ada beberapa peraturan atau prinsip yang harus dilaksanakan oleh mereka yang memang memiliki niat dan tekad untuk sukses.

Jika Anda adalah seorang yang ingin menjadi sukses namun masih bingung apa yang harus dilakukan untuk menjadi sukses. Mungkin 5 kebiasaan atau peraturan di bawah ini yang dibuat sendiri oleh mereka yang sukses dapat membantu Anda menggapai kesuksesan.

 

1. Mereka yang sukses tidak bekerja di zona nyaman

Pengertian zona nyaman adalah sebuah kondisi psikologis dimana seseorang merasa tenang, aman, dan tanpa rasa gelisah. Tanpa rasa gelisah disini bukan berarti bahwa ketika Anda berada diluar zona nyaman, Anda akan mengalami banyak kegelisahan.

Tanpa rasa gelisah disini memiliki arti bahwa untuk berkembang seseorang harus mencoba sesuatu yang belum pernah ia lakukan dan memperluas wawasan serta cakrawala dunia.

Alasan kenapa kita merasa nyaman di “zona nyaman” adalah karena tidak mengambil resiko apapun di zona ini. Kehidupan kita di zona nyaman, dapat digambarkan seperti seorang hamster yang sedang berlari di roda. Hamster itu berlari, tapi hanya lari-lari di tempat saja dan tidak bergerak kemana-mana.

 

2. Mereka yang sukses tidak melakukan sesuatu sebelum belajar terlebih dahulu

Mempelajari sesuatu adalah salah satu bakat alami yang dimiliki seorang manusia. Dengan belajar, seseorang dapat menerima keuntungan besar pada semua aspek kehidupannya.

Orang yang sukses umumnya sangat suka belajar hal baru dan memperluas pengetahuan tentang apa yang telah mereka pelajari.

Tapi, jika kita berhenti belajar, satu-satunya hal yang dapat kita lakukan hanyalah bergantung pada apa yang telah kita ketahui atau pelajari. Dan bila kita hanya bergantung pada apa yang sudah kita ketahui saja, tanpa upaya untuk memperluas ilmu atau pengetahuan tersebut, maka yang namanya kesuksesan itu akan menjauh dari kita dan menghampiri mereka yang pengetahuan dan ilmunya lebih luas dari kita.

Contohnya, andaikan bapak Microsoft, Bill Gates berhenti belajar dan berkembang serta hanya bergantung pada ilmu dan pengetahuannya dulu, teknologi komputer tidak akan secanggih sekarang atau dengan kata lain teknologi komputer akan lebih primitif daripada internet sekarang.

 

3. Mereka yang sukses tidak takut meminta saran dan pendapat

Meminta pendapat memang tidak semudah menulisnya. Karena kebanyakan orang berpikir dapat menyelesaikan suatu hal dengan melakukannya sendiri.

Tapi mungkin hal ini akan sangat membatasi kita untuk menggunakan potensi penuh yang ada pada diri kita, karena pendapat atau saran yang kita cari mungkin saja sesuatu yang sangat familiar atau merupakan subjek yang mudah bagi sesseorang.

 

4. Mereka yang sukses tidak begitu mengkhawatirkan hal-hal kecil

Walaupun hal kecil terkadang merupakan hal yang penting. Namun pada umumnya, hal-hal kecil juga merupakan sebuah tembok penghalang yang menghalangi kita untuk melihat visi lain yang lebih besar.

Terlalu berfokus terhadap hal-hal yang kecil menutup mata kita untuk melihat visi keseluruhan dari suatu hal yang kita lakukan.

Jika digambarkan, terlalu berfokus terhadap hal kecil itu seperti ketika kita bermain puzzle, dimana kita hanya berfokus pada satu bagian yang hilang saja. Padahal kalau kita melihat secara keseluruhan, kita mungkin akan mendapatkan ide tentang gambar atau bentuk puzzel tersebut. Sehingga akan lebih mudah menyelesaikan puzzle tersebut

 

5. Mereka yang sukses tidak membiarkan masa lalu membayang-bayangi masa depan

Masa lalu adalah sesuatu yang tidak akan pernah dapat kita rubah, atau mungkin kita ingin rubah. Karena tanpa masa lalu, kita tidak akan pernah mengambil hikmah dan pelajaran dari suatu hal yang dapat membantu membentuk masa depan ideal yang kita inginkan.

Jika kita berhasil menghapus masa lalu pada diri kita. Tidak menutup kemungkinan, di masa depan kita akan melakukan kesalahan yang sama dengan kesalahan yang pernah kita lakukan sebelumnya.

 

Penutup

Kelima kebiasaan di atas hanyalah beberapa dari kebiasaan orang-orang tersukses di Dunia. Tergantung situasi dan kondisi kelima kebiasaan di atas mungkin akan sangat membantu kita dalam menggapai masa depan yang kita harapkan. Atau mungkin, kebiasaan di atas tidak berpengaruh sama sekali terhadap masa depan kita. [FM]

 

 

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel