Menilik Kuota yang Dikonsumsi Games Android Populer

7 Sep 2015 08:00 105909 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Daftar konsumsi kuota data dari game-games populer

Saya cukup menyukai dan memainkan game-game Android. Hanya saja, kalau ditanya apakah saya menyukai game online atau game offline? Well, saya pilih game offline. Alasannya simple, game offline tidak membutuhkan koneksi internet. 

Itulah kenapa, game-game semacam Hay Day, Clash of Clans, dan lainnya  hanya sebentar saya instal. Saya lebih menyukai game kasual yang tidak memerlukan koneksi data. 

Bagi saya, game online itu akan sangat  akan sangat tergantung pada jaringan internet dan menguras kuota. Apalagi dengan kondisi internet berbasis mobile di Indonesia jaringanya belum merata dan masih menetapkan tarif kuota. 

Saya tidak mau berada dalam kondisi ketika saya ingin bermain games di luar, ternyata tidak mendapatkan jaringan data. Ataupun ternyata kuota saya sudah habis akibat games online terus berjalan meski tidak dimainkan.   

Tapi itu hanya saya, beda dengan orang-orang yang senang bermain games online. Mungkin Anda salah satunya. Anda mungkin tidak keberatan soal jaringan atau kuota internet. Silakan saja, selama Anda memang menikmati permainannnya. 

Hanya saja, untuk Anda yang suka bermain games online, Anda harus tahu berapa sih konsumsi data dari games online perhatinya yang Anda mainkan? Hal ini penting diketahui agar Anda bisa mengantisipasi ketika membeli paket data lagi. 

Untuk mengetahui konsumsi data, Anda bisa menggunakan aplikasi-aplikasi  yang bertugas untuk memonitor penggunaan data. Salah satunya adalah App Monitor Performance Tool. Ataupun Anda bisa menggunakan aplikasi lain yang sejenis. 

Sebagai contoh, App Monitor Performance Tool lewat laman resminya (M2App Insight) memaparkan daftar penggunaan konsumsi data perharinya dari sebuah games  Android. Daftar yang dipaparkan adalah daftar games yang cukup banyak dimainkan 

Apa saja 


1. Puzzle and Dragons 

Menilik Kuota yang Dikonsumsi Games Android Populer

Puzzle and Dragons adalah games bertema teka-teka match-3 tetapi bernuansa RPG lewat karakter-karakternya. Boleh dibilang game ini adalah gabungan game puzzle dan RPG. 

Games ini ternyat amemiliki pola permainan yang adiktif. Tetapi, games ni memakan data yang besar perharinya. Berdasarkan data M2 App Insight, game ini menghabiskan kuota 1,09MB/hari. 


2. Hay Day 

Menilik Kuota yang Dikonsumsi Games Android Populer

Game ini lumayan populer di Indonesia. Apalagi tema peternakan dan mengurus hal-hal yang berkaitan dengan peternakan merupakan tipe games yang cukup disuka oleh pemain di Indonesia. 

Untuk memainkan Hay Day, perangkat Android Anda akan mengonsumsi data 0,99MB/harinya.  Lebih sedikit dibandingkan Puzzle dan Dragons. 

 

3 Solitaire

Menilik Kuota yang Dikonsumsi Games Android Populer

Game yang dibesut oleh MobilityWare ini ternyata cukup populer dimainkan di luar sana. Permainan papan kartu ini ternyata mengonsumsi data sebanyak 0,73MB/hari. 

 

4. Trivia crack 

Menilik Kuota yang Dikonsumsi Games Android Populer

Permainan yang mengetes pengetahuan ini cukup menarik untuk dimainkan bersama teman-teman. Hanya harus tahu saja, Trivia Crack mengonsumsi data sebanyak 0,44MB/hari. 

 

5.Clash of Clans 

Menilik Kuota yang Dikonsumsi Games Android Populer

Ini adalah permainan paling populer. Tidak hanya di Indonesia tetapi di dunia. Game ini juga masuk sebagai top games di Google PlayStore.  Permainan membangun pasukan ini ternyata memakan data perharinya 0,37MB. 

 

Selain kelima games tersebut, masih ada lima games lainnya yang diungkap oleh M2 App Insight. Diantarnya Farm Heroes Saga yang mengonsumsi data 0,33MB. Candy Crush Saga di posisi berikutnya dengan konsumsi data 0.30MB/hari. 

Subway Surfers berada pada posisi delapan dengan konsumsi daya 0.22MB. Posisi sembilan ada Boom Beach yang mengonsumsi data sebanyak 0,14MB/hari.  Selanjutnya, ada Candy Crush Soda Saga yang mengonsumsi data cukup kecil 0,14MB/hari.  Berikut daftar tabelnya.

Menilik Kuota yang Dikonsumsi Games Android Populer

Diantara game-game tersebut, sebenarnya ada beberapa games yang bisa dimainkan tanpa jaringan internet.  Anda bisa memainkan game-game tersebut dengan cara mematikan mobile data. 

Kecuali jika Anda ingin bermain dengan lebih banyak orang, tentu pilihannya adalah menyalakan jaringan data. 

Kalau menilik data tersebut, sebenarnya kuota yang dikonsumsi perharinya tidaklah terlalu besar. Anda tidak perlu ketakutan konsumsi data akan habis.  Saya saja sebenarnya yang malas beruusan dengan kuota.

Oh yah, bagaimana dengan game yang lain? Kalau melihat data tersebut, tampaknya game online lainnya yang tidak disebutkan mengonsumsi data yang tidak terlalu beda jauh dengan data yang sudah disebutkan. 

 

Sumber M2AppInsight.com 

Tags

About The Author

Hilman 79
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel