5 Ponsel Jadul yang Pernah Populer di Indonesia

6 Sep 2015 11:00 3138 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
5 ponsel populer sekitar tahun 2000-2005

5 Ponsel Jadul yang Pernah Populer di Indonesia

Masa remaja saya adalah masa ketika teknoogi dan informasi semakin terbuka. Banyak media cetak dan elektronik yang lahir,  mulai populernya internet, game online mulai marak, dan ponsel berteknologi SMS dan MMS sudah populer. 

Khusus yang terakhir, yakni tentang ponsel, saya masih ingat kala itu, Indonesia “diguncang” oleh kehadiran ponsel untuk saling berkomunikasi. Tidak ada lagi kasta yang menyatakan bahwa yang memiliki ponsel hanyalah orang kaya saja. 

Ponsel saat itu sudah menjadi barang yang mudah didapatkan. Hal ini berjalan deiring dengan murahnya tarif telepon dan SMS serta lahirnya beberap operator yang menawarkan paket murah. 

Dan kala itu pun, orang-orang banyak menggunakan ponsel. Dari yang layar monokrom sampai layar berwarna, dari yang suara monophonic sampai polyphonic, dan dari yang tak berkamera sampai ke yang berkamera. 

Tidak ada aplikasi chating, tidak ada browser layaknya browser di perangkat PC, apalagi games dengang kualitas grafis tinggi. Teknologi modern saat itu adalah MMS yang mampu mengirimkan pesan bergambar ke pelanggan lain. 

Meskipun tidak secanggih sekarang, ponsel-ponsel pada masa itu masih cukup bisa diandakan untuk berbagai keperluan. Terutama, untuk sekadar telepon, sms, pengingat, ataupun stopwatch. 

Dan diantara ponsel-ponsel yang ada kala itu, ada  5 ponsel yang tergolong cukup populer pada masanya. Saya hampir selalu menemukan orang-orang yang menggunakan 5 ponsel berikut ini yang saya urutkan dari yang terjangkau sampai yang diidamkan. 

Berikut daftarnya!


1. Ericsson T10 

5 Ponsel Jadul yang Pernah Populer di Indonesia

Sebelum bergabung dengan Sony, Ericsson sempat merasakan masa keemasan karena produk ponselnya cukup laris. Salah satu produknya yang cukup laris  di Indonesia adalah Ericsson T10.. 

Ini adalah ponsel  populer karena memiliki 5 warna desain  cerah yang cantik (kuning, biru, ungu, merah muda, dan toska) sehingga banyak orang menyukainya. Tapi tidak hanya soal desain, ponsel ini juga kuat secara fisik. Tidak kalah dengan produk Nokia saaat itu. 

Teman saya waktu itu memiliki ponsel ini dan pernah jatuh. Tidak ada kerusakan sama sekali. Harganya pun tergolong murah. 

Saat itu (sekitar 2003-2004), saya masih ingat harga ponsel ini hanyalah Rp 100 ribu saja Padahal sebelum tahun 2000, ponsel ini dibanderol cukup mahal. 


 

2. Siemens C35 

5 Ponsel Jadul yang Pernah Populer di Indonesia

Ada berbagai alasan mengapa ponsel ini cukup populer. Beberapa diantaranya adalahh desainnya yang mungil, adanya games, pengingat ulang tahun, dan tentu saja kepraktisan untuk SMS dan telepon. 

Sama seperti Ericsson T10, ponsel ini cukup kokoh bahkan jatuh beberapa kali pun. Ini bukan dugaan karena teman dekat saya pernah memakai ini dan saya tahu dia pernah menjatuhkan beberapa kali. 

Karena berbagai kelebihan, itu Siemens C35 menjadi ponsel yang cukup banyak diminati di pada awal tahun 2000-an. 


3. Nokia 3310 

5 Ponsel Jadul yang Pernah Populer di Indonesia

Kalau mau menyebut ponsel sejuta umat ketika generasi 2000-an berjalan, maka Nokia 3310 jawabannya. Dimanapun saya berada atau berkelompok, saya pasti menemukan orang yang memakai Nokia 3310.

Ponsel ini menarik banyak perhatian. Selain karena nama Nokia yang cukup melambung saat itu, ponsel ini juga dikenal kokoh dan tahan banting. Bahkan, ponsel ini bisa dibilang “abadi” karena masih terus diperbincangkan ketika dibandingkan dengan smartphone. 

Harganya awal-awal sekitar Rp 1 jutaan tapi kemudian terus menurun seiring berjalannya waktu. Ponsel ini sendiri masih banyak dijual di toko online dna menjadi ponsel yang akan terus diingat dan “legendaris”

 


4. Motorola Razr V3 

5 Ponsel Jadul yang Pernah Populer di Indonesia

Sekitar medio 2004-20005, Motorola pernah berjaya dan menarik perhatian banyak orang dengan produk Motorola Razr V3

Ponsel dengna layar 2,2 inci dan resolusi 176 x 220 piksel ini termasuk ponsel berkelas dan cukup banyak yang menginginkannya. Bahkan, ponsel jadi semacam identitas gaya hidup. 

Berbeda dengan tiga ponsel sebelumnya yang populer di berbagai kalangan, Motorola Razr V3 sangat populer dari kalangan menengah ke atas. 

Daya tarik ponsel ini, tentu saja kamera VGA dan desain fiip aliasi clamshell dengan material yang tampak kokoh dan berkelas. 

 

5. Sony Ericsson K750

5 Ponsel Jadul yang Pernah Populer di Indonesia

Ketika Ericsson sudah bergabung dengan Sony, mereka berdua menciptakan berbagai ponsel modern (kala itu) yang cukup menarik perhatian. Dan tahun 2005, Sony Ericsson K750 menjadi primadonanya. 

Perangkat ini menarik perhatian karena menawarkan kamera 2MP. Saat itu, ponsel dengan kamera 2MP menjadi ponsel yang hebat mengignat ponsel lainnya masih menggunakan kamera VGA. 

Ini yang membuat orang-orang mengincar Sony Ericsson K750. Kebutuhan SMS dan telepon saja, saat itu sudah mulai ditinggalkan dan orang membutuhkan perangkat yang lebih modern. 

Kelebihannya lainnya adalah desain produk ini yang berkelas dengan cover yang bisa dibuka tutup.  Memiliki ponsel ini kala itu menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan. 

Mereka yang membutuhkan tak sekadar SMS dan telepon, sangat mengidolakan untuk emmiliki perangkat ini. 


Nah, itu lima ponsel yang cukup populer dan banyak penggunanya, terlebih di Indonesia. Ada juga memang ponsel lainnya yang lebih populer. Tapi kelima ponsel tersebut, saya kategorikan berdasarkan kelasnya dengan rentang waktu tahun 2000 sampai 2005. 

Tags

About The Author

Hilman 82
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel