Tips Menjadi Penulis Sukses Ala Stephen King

31 Aug 2015 16:00 2828 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Berikut ini adalah 15 tips untuk menjadi penulis seperti Stephen King.

Apakah Anda ingin menjadi seorang penulis yang hebat?

Mungkin seperti Stephen King yang sampai saat ini sudah menulis lebih dari 50 buku dan memiliki jutaan fans di seluruh dunia.

Bagaiman agar kita dapat menjadi penulis seperti Stephen King?

Bagi mereka yang mungkin ingin mencoba menjadi penulis, atau mereka yang dari penulis ingin menjadi penulis hebat, berikut ini adalah beberapa tips yang dikutip dari beliau.

 

1. Jangan terlalu pikirkan grammar

Hal terpenting ketika kita menceritakan sesuatu adalah menceritakan sesuatu tersebut dengan menarik dan mudah dipahami pembacanya.

Alasannya, ketika para pembaca membaca suatu karya yang bagus, mereka terkadang lupa bahwa mereka itu sedang membaca.

 

2. Manfaatkan kekuatan dalam mendeskripsikan secara maksimal

Pastikan apa yang kita deskripsikan itu singkat dan jelas. Jangan sampai kita terhanyut di tulisan kita sendiri. Selain itu, gunakanlah kosakata yang mudah dipahami oleh pembaca.

 

3. Jangan sok terlihat elegan

Satu hal yang dapat memperburuk tulisan yang kita buat adalah penggunaan kosakata yang berlebihan. Jangan malu akan frase atau kalimat yang pendek. Karena frase atau kalimat pendek biasanya lebih dimengerti. Dan juga hindari logat atau bahasa tertentu.

 

4. Bersiap untuk dikritik

Jika Anda menulis sesuatu, suatu saat seseorang pasti akan mengkritik atau meledek tulisan yang Anda buat. Jika hal ini terjadi, hiraukan saja dan tetap optimis untuk terus menulis walaupun sudah gagal berkali-kali.

 

5. Jangan mencoba membahagiakan orang lain

Stephen King sudah mendapatkan banyak surat kecaman dari orang-orang yang tidak menyukai buku hasil karyanya.
Namun dia berpendapat, “tidak semua orang akan suka karya yang ditulis oleh kita. Yang penting itu adalah kita sudah menulis dengan sebenar-benarnya menggunakan gaya penulisan kita tanpa ada gangguan dari luar.”

 

6. Menulislah sambil dinikmati

Dalam salah satu bukunya, Stephen King menulis “I did it for the pure joy of the thing. And if you can do it for joy, you can do it forever.”

Yang artinya, bahwa Stephen King menulis karena menulis itu menyenangkan, dan jika kita melakukan hal yang menyenangkan bagi diri kita, maka kita akan dapat melakukan hal tersebut selamanya. Pekerjaan kita bukanlah hal yang menjatuhkan mood kita, namun merupakan hal yang menginspirasi dan memberikan kesan tersendiri pada diri kita.

 

7. Menulislah tanpa adanya selingan dan gangguan

King berkata, “Write with the door closed; rewrite with the door open.” Yang artinya agar kita menulis dengan pintu tertutup agar tidak ada hal yang mengganggu kita ketika kita menulis.

 

8. Tulis semuanya, termasuk hal yang buruk juga

Biasanya, hal yang paling penting adalah hal yang paling sulit untuk diungkapkan karena mungkin sifatnya yang tidak baik atau sulit untuk diungkapkan. Tapi, jika tulisan kita ingin menjadi tulisan yang mencakup seluruh aspek, mau tidak mau kita harus mengulas hal sulit atau tidak baik tersebut.

 

9. Jangan mencuri tulisan orang lain

Stephen King pernah berkata, “you can’t aim a book like a cruise missile”. Yang artinya kita tidak boleh mengikuti gaya orang lain dalam menulis, apalagi sampai karyanya ikut dicontek. Lebih baik menulis dengan gaya menulis orisinil milik kita sendiri.

 

10. Bekerjalah dengan serius

Jika Anda menganggap pekerjaan Anda itu merupakan pekerjaan yang ringan dan menganggapnya hal yang mudah, mungkin Anda harus terlebih dahulu meninggalkan dunia tulis-menulis dan kembali lagi untuk menulis di masa depan ketika Anda sudah tahu seberapa bernilainya pekerjaan Anda.

 

11. Berani mengambil resiko

Stephen King percaya bahwa rasa “takut” adalah sumber utama dari semua tulisan yang jelek.

Salah satu modal yang dimiliki seorang penulis adalah gaya menulis mereka yang secara sering melanggar aturan penulisan konvensional. Janganlah takut untuk memanfaatkan hal itu secara maksimal; cobalah menulis dengan gaya sendiri tanpa memperdulikan batas-batas aturan penulisan yang konvensional. Dan lihat apa yang akan kita dapat dari itu.

 

12. Menulislah setiap hari

Menulis seharusnya bukanlah pekerjaan yang Anda benci karena dengan menulis Anda akan menemukan berbagai hal menarik yang terjadi baik di pikiran kita dan di dunia sekitar kita. Selain itu, menulis umumnya dapat memberikan warna tersendiri bagi kehidupan kita.

 

13. Selesaikan draft pertama Anda dalam waktu tiga bulan

Jika Anda menulis sebuah buku, tulislah sebuah buku dalam kurun waktu tidak lebih dari tiga bulan. Dan menulis setiap hari akan membantu Anda menggapai hal ini.

 

14. Jangan ragu dan takut untuk menghapus tulisan yang Anda tidak sukai dari karya Anda

Memotong suatu bagian yang tidak menarik bagi penulisnya adalah suatu hal yang umumnya ditakuti para penulis. Namun, hal ini harus dilakukan untuk membuat cerita tetap berlangsung.

 

15. Beristirahatlah dari pekerjaan menulis Anda sebelum nanti kembali lagi

Setelah selesai menulis suatu buku, ambilah liburan untuk beberapa minggu sebelum membaca hasil karya Anda. Karena ketika Anda kembali lagi nanti, Otak anda akan tampil fresh dan berbeda dari otak Anda ketika menulis karya tulis tersebut. [FM]

 

Via lifehack

Tags

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel