7 Trik Menambah Kapasitas Dropbox

27 Aug 2015 15:00 15653 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kena limit 2GB Dropbox? inilah cara meningkatkan kapasitasnya.

Semakin bertambahnya kebutuhan seseorang dalam mengoleksi data di perangkat elektroniknya, biasanya, semakin banyak pula storage atau penyimpanan yang dibutuhkan.

Itulah alasan munculnya tempat menyimpan data secara online yang kita kenal dengan penyimpanan cloud. Jenis penyimpanan cloud ini ada bermacam-macam. Mulai dari Google Drive, Dropbox, Amazon Cloud Drive, One Drive dan masih banyak lagi.

Tapi, yang namanya manusia teknologi itu pasti memiliki banyak data tidak muat di penyimpanan online dengan kapasitas kecil.

Kita ambil saja salah satu contoh penyimpanan cloud dengan dukungan multi-platform terbanyak yaitu penyimpanan cloud Dropbox. Penyimpanan cloud ini menyediakan penyimpanan online gratis dengan kapasitas hanya 2GB saja.

Untungnya, dibalik keterbatasan penyimpanan cloud ini, pihak Dropbox ternyata memberikan cara untuk memperluas atau meningkatkan kapasitas penyimpanan Dropbox milik kita secara gratis. Ada setidaknya 7 cara untuk menambah kapasitas Dropbox seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

 

1. Gunakan Dropbox Pada Perangkat Samsung

Beberapa perangkat Android pabrikan Samsung yang dirilis antara tahun 2012 hingga 2014 umumnya memenuhi syarat untuk mendapatkan tambahan penyimpanan Dropbox hingga 48GB. Tapi jangan bersenang hati dulu, karena penyimpanan tambahan ini sifatnya hanya sementara.

Untuk Samsung sendiri penyimpanannya berkisar antara 1 hingga 2 tahun. Ketika promonya habis, kapasitas penyimpanan Dropbox yang asalnya puluhan gigabytes, akan kembali ke kapasitas semula yaitu 2GB.

 

2. Gunakan fitur Carousel pada Dropbox

Salah satu hal yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan bonus sebesar 3GB dari Dropbox adalah memasang Carousel pada perangkat iOS atau Android Anda. Kemudian verifikasi email Anda jika belum diverifikasi.

Carousel adalah galeri buatan Dropbox yang fungsinya untuk membantu Anda mensortir atau mengatur foto dan video.

Sebagai catatan, bonus ini tidak akan berlaku lagi jika Anda sudah mengambil bonus sebesar 500MB yang didapat ketika pertama kali Anda mengunggah foto.

 

3. Gunakan Mailbox

Mailbox adalah aplikasi surat elektronik buatan Dropbox yang ringan, cepat dan mudah digunakan. Dengan memasang aplikasi ini pada perangkat Android atau iOS, Anda akan mendapatkan penyimpanan tambahan gratis sebesar 1GB.

 

4. Ajak Teman Menggunakan Dropbox

Ini mungkin menjadi salah satu cara yang praktis untuk mendapatkan bonus penyimpanan tambahan pada Dropbox. Apalagi bagi mereka yang punya banyak teman tapi belum menggunakan Dropbox.

Untuk mengajak teman Anda menggunakan Dropbox, Anda diharuskan untuk copy dan paste tautan yang letaknya ada di bagian Referral.

Berikut adalah langkah untuk mengundang teman untuk menggunakan Dropbox.

• Login ke Dropbox

• Klik nama Anda di kanan atas layar kemudian pergi ke ‘settings’

• Pilih ‘account’ dan klik pada ‘invite a friend’

Disini Anda bisa mengundang teman Anda via Gmail atau dengan membagikan short url ke media sosial favorit Anda. Untuk setiap orang yang berhasil Anda undang, Anda akan mendapatkan bonus 500MB di penyimpanan Dropbox Anda dengan maksimal limit 16GB atau 32 Orang.

 

5. Berikan Feedback ke Dropbox

Puas menggunakan Dropbox? Silahkan utarakan rasa terima kasih Anda dengan mengirimkan sebuah feedback positif.

Berikut langkah-langkahnya

• Login dengan akun Dropbox Anda

• Pergi ke link berikut ini

• Cari dan klik pada pilihan dengan lambang hati tentang “why you love Dropbox?”

• Isi jendela baru yang muncul dengan feedback positif Anda kemudian kirimkan.

Setelah selesai, Anda akan mendapatkan tambahan penyimpanan storage sebesar 125MB

 

6. Menghubungkan Akun Dropbox dengan Akun Media Sosial

Untuk setiap akun media sosial yang terhubung ke Dropbox, Anda akan mendapatkan 125MB penyimpanan tambahan di akun Dropbox Anda.

Tapi tentunya akun yang terhubung hanya dibatasi 1 akun untuk setiap media sosial yang tersedia. Media sosial yang dapat dihubungkan dengan dropbox adalah Facebook dan Twitter.

Selain itu, jika anda juga men-follow twitter Dropbox, anda akan mendapatkan bonbus penyimpanan sebesar 125MB.

Berikut langkah-langkah untuk menghubungkan akun media sosial Facebook dan Twitter dengan Dropbox.

• Login dengan Dropbox yang Anda ingin hubungkan

• Pergi ke link berikut ini

• Pilih ‘Connect your Facebook account’ untuk menghubungkan Dropbox dengan akun Facebook Anda, dan pilih ‘Connect to your Twitter account’ untuk menghubungkan Dropbox dengan akun Twitter.

• Setelah itu kedua proses di atas selesai, pilih ‘follow Dropbox on Twitter’ untuk men-follow Dropbox di twitter dan mendapatkan bonus 125MB.

Total yang Anda dari menghubungkan kedua akun media sosial dan men-follow Twitter Dropbox adalah 375MB.

 

7. Selesaikan tutorial ‘getting started’

Klik pada ‘getting started’ dan selesaikan semua misi yang ada disitu untuk mendapatkan bonus penyimpanan Dropbox sebesar 250MB. [FM]

 

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel