7 Penyebab Selalu Tidak Cukup Waktu

26 Aug 2015 08:00 3108 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Selalu kekurangan waktu dalam menjalankan aktivitas? baca ini dulu

Di zaman yang semakin modern ini, banyak orang-orang yang mengeluh karena mereka tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan semua aktivitas sehari-hari.

Saking sibuknya, dari keluarga, teman bahkan sampai kewajiban yang harusnya disediakan sedikit waktu setiap hari terkadang menjadi terbengkalai akibat dari kesibukan yang super.

Tapi anehnya, banyak orang yang setiap harinya melakukan aktivitas yang lebih dari orang-orang yang mengeluh di atas masih bisa melakukan semua pekerjaan dan tanggung jawabnya dengan tepat waktu.

Kalau sudah seperti itu, pasti ada yang salah dengan mereka yang berkeluh kesah.

Berikut ini adalah 7 penyebab kenapa orang selalu tidak memiliki cukup waktu dalam menjalankan aktivitas mereka sehari-hari.

 

1. Tidur yang tidak benar dan tidak beraturan

Manusia bukanlah robot yang bisa menyala 24 jam tanpa beristirahat. Bahkan robot juga terkadang harus beristirahat karena naiknya suhu komponen akibat terlalu lama menyala.

Tidur sangatlah penting bagi manusia demi terwujudnya kehidupan yang sehat dan sukses.

Kenapa?

Jika waktu tidur seseorang tidak beraturan, orang tersebut mungkin kesulitan untuk memiliki waktu luang pada siang hari. Misalkan, seseorang tidur jam 4 subuh kemudian bangun jam 12 siang. Hal-hal yang seharusnya bisa dilakukan sebelum jam 12 siang jadi terabaikan karena waktunya dipakai tidur.

Menjadwal waktu tidur adalah solusi tepat bagi mereka yang mengalami susah tidur.

“sleep early and wake up early” mungkin sebuah prinsip yang harus dipegang bagi mereka yang selalu begadang atau memiliki pola tidur tidak beraturan.

Dengan bangun tidur lebih awal, seseorang akan memiliki waktu yang banyak sebelum saatnya pergi ke kantor atau melakukan aktivitasnya sehari-hari.

 

2. Tidak pernah bilang “Tidak”

Jangan kalah dengan iklan kampanye yang dulu selalu bilang “Katakan tidak!”.

Melakukan setiap hal yang diminta oleh orang lain memang merupakan hal yang mulia. Tapi, apa jadinya jika setiap saat selalu mengurus permintaan orang lain?

jawabannya: seseorang tersebut tidak akan punya banyak waktu untuk dirinya sendiri.

Tanpa ada maksud untuk merubah seseorang menjadi egois, yang harus diprioritaskan dalam hidup  itu adalah mimpi, rencana, dan keinginan masing-masing individu bukanlah

 

3. Tidak pernah olahraga

Banyak orang tidak berolahraga karena mereka memiliki anggapan bahwa mereka tidak punya waktu untuk olahraga. Padahal sebaliknya, olahraga atau kegiatan fisik dapat membuat otak seseorang bekerja lebih cepat dan lebih baik.

Dan hasilnya, setiap selesai olahraga, seseorang biasanya dapat mengerjakan sebuah tugas lebih cepat dari biasanya atau bahkan lebih baik. Selain itu, benefit terakhir dan yang paling umtama dari olahraga adalah untuk menyehatkan tubuh.

 

4. Mereka tidak membuat perencanaan aktivitas

Merencanakan aktivitas seperti apa yang akan dilakukan pada jam sekian hingga jam sekian di hari tertentu sangatlah membantu mereka yang super sibuk. Dengan melakukan perencanaan ini, mereka akan tahu apa yang harus dilakukan setelah selesai melakukan tugas A.

Zaman dulu, mungkin hal ini agak sulit dilakukan karena harus membawa buku dan pulpen kemana-mana. Tapi sekarang sudah zaman smartphone, windows phone dan iPhone. DI ketiga perangkat elektronik tersebut banyak tersimpan aplikasi yang dapat membantu mengatur jadwal aktivitas sehari-hari, khususnya bagi yang super sibuk.

 

5. Pola makan yang salah

Pola makan yang teratur dengan porsi yang cukup akan membantu kita menjalani hari tanpa kekurangan waktu untuk melakukan aktivitas lain.

Alasannya, makan secara teratur dengan porsi yang cukup akan membuat tubuh seseorang lebih produktif dan berenergi. Selain itu, tubuh juga akan dapat menjalani hari tanpa yang namanya ‘ngemil’, sehingga fokus dalam bekerja atau melakukan aktivitas lainnya dapat ditingkatkan.

 

6. Kesulitan mendapatkan mood yang pas

Banyak penelitian membuktikan bahwa orang yang optimis selalu lebih baik dalam karirnya, baik itu pekerjaan, cinta, ataupun ujian.

Untuk mengatasinya, mulailah setiap hari dengan santai seperti dengan melakukan hal yang Anda favoritkan. Setelah mood sudah terpancing, mulai kerjakan pekerjaan atau tugas dengan fokus.

 

7. Hidup tanpa tujuan yang pasti

Jika seseorang tidak tahu apa yang ingin dilakukan dalam hidupnya, orang tersebut tidak akan melakukan segala sesuatu semaksimal mungkin. Tapi jika seseorang tersebut punya mimpi yang ingin diwujudkan. Menggapainya hanya tinggal butuh waktu saja.

Buatlah suatu tujuan yang nyata, seperti “ingin turun 10kg dalam 6 bulan”, dan jangan yang abstrak seperti “ingin kaya” atau “ingin punya suami seorang raja”. Karena mimpi yang nyata, akan lebih mudah diraih dan diwujudkan daripada mimpi yang abstrak.

Mulailah dari mimpi terkecil, dan perlahan-lahan naikkan levelnya ke mimpi yang lebih besar. [FM]

 

 

Tags

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel