Trik Mengubah Ukuran dan Orientasi Kertas pada Sebagian Halaman dalam Satu Dokumen Microsoft Word

27 Aug 2015 19:00 3076 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kadangkala dalam satu dokumen kita harus mengeset ukuran dan orientasi kertas yang berbeda dalam satu dokumen

Pernahkah Anda membuat suatu dokumen baik itu tugas, karya tulis, buku, ataupun laporan, yang dalam satu dokumennya terdapat beberapa bagian halaman yang harus menggunakan ukuran kertas dan orientasi kertas yang berbeda? Bisakah kita mengaturnya seperti demikian?

Apa yang harus dilakukan untuk mengaplikasikannya? Berikut ini akan saya paparkan trik mudah untuk membuat ukuran dan orientasi kertas yang berbeda pada sebagian halaman dalam satu dokumen Microsoft Word.

 

Fitur Section Breaks

Trik yang akan kita gunakan pada artikel mengubah ukuran dan orientasi kertas pada sebagian halaman dokumen ini menggunakan fitur Section Breaks pada Microsoft Word. Fitur ini dimanfaatkan untuk memecah atau membagi satu naskah dokumen menjadi beberapa section.

Tiap section dari naskah dokumen tersebut bisa diformat dan disetup dengan setelah yang berbeda dari section yang lain. Artinya, tiap section yang kita buat memiliki setting format yang mandiri. Dengan kata lain, kita bisa mengeset agar beberapa bagian dari satu naskah memiliki format ukuran kertas, margin, bahkan orientasi kertas yang berbeda dari bagian naskah yang lain.

Break-2

Fitur Section Breaks ini bisa Anda dapatkan pada Tab Page Layout, di grup Page Setup. Klik Icon Breaks, maka akan muncul beberapa macam Break yang bisa dimanfaatkan untuk memecah dan menandai bagian dari dokumen. Beberapa macam break tersebut dikelompokkan menjadi dua: Page Break dan Section Break. Break yang akan kita gunaka pada trik ini adalah Section Break jenis Next Page.

Mengaplikasikan Section Breaks pada Dokumen

Baiklah, sekarang mari kita coba aplikasikan fitur Section Breaks untuk membagi dokumen menjadi beberapa bagian.

Pertama-tama, letakkan kursor tikan Word ke awal bagian yang akan menjadi awal section baru. Pada gambar contoh di bawah ini, judul Section B akan menjadi batas pemisahan section. Artinya, teks mulai dari “Section B” dan seterusnya akan menjadi section baru yang terpisah dari section sebelumnya.

Break-3

Setelah kursor Word berada pada posisi yang diinginkan, klik tab Page Layout, kemudian klik tombol fungsi Breaks. Dari menu yang muncul, pilih Next Page dalam bagian Section Break.

Break-4

Dengan menandai “Bab II” sebagai awal section baru, bagian teks tersebut dan seterusnya akan dipindahkan pada halaman berikutnya.

Selanjutnya adalah memisahkan Section B dari Section C dengan membuat batas section baru yang lain. Batas section baru ini adalah judul “Section C”. Lakukan prosedur yang sama seperti yang telah dijelaskan tadi.

 

Mengubah Ukuran dan Orientasi Kertas Sebagian Dokumen

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, sekarang kita memiliki tiga section yang berbeda pada dokumen ini. Section pertama yaitu Section A, section kedua dimulai dari judul “Section B”, dan section ketiga dimulai dari judul “Section C”. Sekarang, umpamakan bahwa Section B akan kita ubah ukuran kertasnya menjadi Legal dan orientasi kertasnya menjadi Landscape (tidur). Berikut ini langkah-langkah yang dilakukan.

Pertama, letakkan kursor ketikan di mana saja di bagian section kedua—baiknya letakkan di awal “Section B”. Kemudian, buka jendela setting Page Setup dengan mengeklik tab Page Layout, lalu klik tombol panah kecil di pojok grup Page Setup.

Pada jendela Page Setup yang terbuka, klik tab Paper. Pilih kertas ukuran Legal 8.5”x14” 22x36 cm dari pilihan Paper Size.

Kemudian pada tab Margin, pilih Landscape pada pilihan Orientation. Jangan lupa untuk mengecek status Apply to (dilingkari merah pada gambar contoh). Status ini harus berisi This section agar perubahan ukuran kertas dan orientasi halaman hanya diterapkan ke satu section bukan ke seluruh dokumen.

Jika semuanya sudah klop, klik tombol OK untuk menerapkan setting halaman dan menutup jendela Page Setup. Kurang lebih, hasil pengubahan ukuran kertas dan orientasi kertas ini akan terlihat pada gambar contoh di bawah ini. Anda bisa melihat bahwa Section B berubah ukurannya menjadi Legal sehingga tampak lebih lebar, dan berorientasi Landscape sehingga melintang, bukannya berdiri.

Selain untuk trik mengubah ukuran dan orientasi kertas dalam satu dokumen, fasilitas Section break dapat digunakan untuk keperluan lain. Untuk tips dan trik Microsoft Word yang memanfaatkan Section Break dan fitur lainnya, akan saya bagikan lain kesempatan. Selamat mencoba!

About The Author

Shafwan Nugraha 78
Professional

Shafwan Nugraha

Kontributor Plimbi. Level 70 Conjurer Mage lulusan College of Winterhold.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel