5 Trik Penting Pengguna YouTube

25 Aug 2015 13:00 4424 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Trik berikut ini bisa meningkatkan nilai konten Video di YouTube.

YouTube, sebuah situs video-sharing yang pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Dari usia balita hingga yang sudah berusia lanjut pasti banyak yang hapal soal YouTube.

Sampai sekarang, YouTube telah memiliki pengguna aktif dengan jumlah mencapai 1 milyar orang di seluruh dunia. Dari sekian banyak pengguna YouTube, sebagian orang diantaranya mencari uang melalui YouTube dengan mengunggah video-video yang memiliki nilai komersi.

Yang cukup mengejutkan, dalam sebulan para pencari rezeki lewat YouTube itu bisa meraup penghasilan jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Jika Anda adalah seseorang yang memiliki minat atau baru terjun kedunia bisnis di YouTube, di bawah ini adalah beberapa trik yang mungkin belum Anda ketahui untuk membuat konten video Anda lebih menarik dan memiliki nilai komersil yang tinggi.

 

1. Memasang Watermark atau Branding Logo

YouTube memperbolehkan para penggunanya untuk memasang watermark atau logo dari channel Anda dengan fungsi untuk menghalangi orang yang ingin mencuri dan menklaim video milik Anda, atau sekedar identitas channel Anda.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memasang watermark pada video Anda.

• Click pada akun anda yang terletak di kanan atas layar

• Kemudian klik pada ‘Creator Studio’

• Setelah itu pilih Channel > Branding > Add Watermark > klik pada ‘Pilih File

• Pilih logo yang ingin Anda pasang kemudian klik ‘Open’

• Klik pada ‘Save’ jika logo sudah sesuai keinginan Anda

• Pilih ‘Display time’ untuk mengatur kapan logo akan muncul dari Anda. Kemudian set waktunya di bagian ‘Start Time’

• Klik pada ‘update’ dan selesai.

Catatan: Anda hanya cukup melakukan hal ini satu kali saja agar Watermark atau logo Anda muncul di setiap video yang Anda unggah.

 

2. Membuat File GIF Dari Sebuah Video

Salah satu fitur unik YouTube ini dapat digunakan di hampir semua video yang ada di YouTube. Contohnya Anda ingin menjadikan beberapa adegan di video yang Anda miliki menjadi iklan di situs atau blog milik Anda.

Untuk melakukannya, Anda tinggal menambahkan kata ‘GIF’ di link video YouTube yang ada pada halaman browser Anda. Berikut langkah-langkahnya.

• Link awal: https://www.youtube.com/watch?v=kyfinWnsMfI

• tambah ‘GIF’: https://www.gifyoutube.com/watch?v=kyfinWnsMfI

Setelah Anda masuk ke tautan baru yang sudah ditambah kata ‘gif’, Anda akan diantarkan ke halaman pembuat GIF online milik YouTube dimana Anda dapat membuat file GIF sesuka Anda.

 

3. Pencarian Spesifik dan Proses Filter

Bagi mereka yang ingin mencari video spesifik dengan tujuan melakukan perbandingan, mencari tren video terkini ataupun alasan lainnya. Terdapat fitur ‘Filters’ untuk membantu Anda mencari video yang diunggah dalam kurun waktu, tipe video, durasi, fitur dan urutan tertentu.

Untuk melakukannya, Anda tinggal mengetik kata kunci di pencarian YouTube.

Kemudian setelah muncul video yang sesuai dengan kata kunci pencarian, Anda klik pada ‘filters’ yang letaknya di kiri atas hasil pencarian teratas.

 

4. Memunculkan Tautan ‘Subscribe’ Dalam Video

Salah satu cara agar orang yang menonton video Anda menjadi langganan channel Anda, pendekatan melalui trik berikut lebih menarik dibandingkan meminta untuk berlangganan di kolom deskripsi yang menurut penulis sama sekali tidak pada tempatnya.

Berikut ini langkah membuat tautan untuk ‘subscribe’ yang nantinya akan muncul dalam video.

• Masuk ke akun YouTube Anda

• Pilih ‘Video Manager’

• Pilih edit di video yang ingin Anda munculkan tautan ‘subscribe’

• Klik pada ‘Annotations’

• Untuk memulai membuat tautan ‘subscribe’ pilih ‘add annotation’ dan pilih ‘Note’

• Di kolom ‘Note’ tulislah tulisan yang bisa menarik perhatian penonton untuk menjadi langganan Anda

• Ceklis pada bagian ‘link’ kemudian isi nama pengguna YouTube Anda ke dalam kolom kecil yang ada disitu.

• Setelah itu pilih ‘Save’ dan ‘Apply Changes’

 

5. Menambah Efek Audio pada Video

Jika Anda ingin mengganti audio dari video yang Anda unggah dengan audio lain, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke ‘Creator Studio’ lalu pilih ‘Video Manager’. Pilih video yang ingin anda ganti audionya kemudian klik ‘edit’

Pilih ‘audio’ dan Anda akan dihadapkan dengan layar pengaturan audio. Di sebelah kiri adalah video yang ingin Anda rubah suaranya. Dan di sebelah kanan adalah list audio yang tersedia di YouTube untuk Anda tambahkan ke video Anda.

Setelah Anda memilih audio untuk ditambahkan ke video Anda. Akan muncul sebuah kolom di bawah video yang memungkinkan Anda untuk mengatur posisi pemasangan dan perbandingan audio tambahan dan audio orisinil. [FM]

 

Via hongkiat

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel