10 Cara Mudah Melindungi Mata Anda

25 Aug 2015 08:00 11487 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sering berlama-lama di depan PC atau smartphone? baca ini!

Di zaman yang modern ini, banyak orang menghabiskan waktu bersama gadget elektronik kesayangannya.

Contohnya, Anda yang suka berada di depan PC atau smartphone dengan berbagai alasannya seperti browsing, menonton film, bermain game, mengetik tugas atau proposal, membuat presentasi untuk rapat, mengedit video atau foto sangatlah rentan terkena efek berbahaya dari radiasi yang gadget elektronik tersebut timbulkan.

Lalu bagaimana agar Anda dapat melindungi indera penglihatan Anda dari radiasi tanpa harus berhenti menggunakan gadget tersebut?

Berikut ini adalah 10 cara untuk melindungi mata Anda dengan mudah tanpa harus berhenti menggunakan gadget tersebut.

 

1. Batasi penggunaan gadget

Mungkin ini agak sedikit memaksa, apalagi bagi mereka yang seorang gamer hardcore dan seorang penulis profesional, dimana hobi dan tuntutan pekerjaan menjadi kewajiban yang harus selalu berjalan.

Jika memang tips ini tidak bisa Anda laksanakan, setidaknya gunakanlah kacamata khusus yang memang didesain untuk mengurangi tingkat radiasi yang disebabkan oleh cahaya dari gadget elektronik seperti komputer dan smartphone.

 

2. Sering-seringlah beristirahat

Para ahli mata menganjurkan mereka yang suka berdiam di depan komputer atau smartphone kesayangan untuk beristirahat selama 15 hingga 20 menit setiap dua jam.

Pada saat beristirahat, Anda harus membiarkan mata Anda untuk berkedip dan santai dalam artian 'tidak tegang'. Dengan begitu, selain mata Anda akan tetap sehat, badan Anda juga akan terjaga kesehatannya.

 

3. Atur ketinggian layar dengan mata Anda

Posisikan agar layar berjarak setidaknya 13 cm di bawah mata Anda. Jika Anda melakukan hal ini, Sebagian besar mata Anda akan terlindungi oleh kelopak mata, karena mata Anda terbuka dengan sudut yang lebih kecil dibandingkan ketika Anda melihat layar dengan posisi layar berada di atas mata Anda.

 

4. Lindungi mata Anda dengan diet

Diet yang baik dapat mencegah penyakit pada mata. Terutama dari efek berbahaya berupa radiasi cahaya dari layar gadget elektronik seperti komputer dan smartphone.

Makananlah makanan yang mengandung banyak vitamin A, vitamin C, zinc dan omega-3 yang dapat meningkatkan penglihatan mata dan performa dari sistem saraf.

 

5. Gunakan kacamata khusus

Tanyakan pada dokter atau ahli kacamata yang biasa ada di toko-toko kacamata terkemuka di daerah Anda. Cari kacamata yang dapat mengurangi glare dan ketegangan pada mata dari efek radiasi gadget elektronik.

Kacamata tersebut akan melindungin Anda dari cahaya silau berlebih ketika Anda menggunakannya.

“saya punya kacamata baca, apakah bisa dipakai untuk menangkal radiasi dari perangkat elektronik?”

Jawabannya adalah “tidak”. Kacamata baca bukanlah kacamata khusus untuk melindungi mata Anda dari cahaya silau berlebihan. Kacamata yang biasa digunakan untuk menangkal silau berlebihan dari perangkat elektronik biasa disebut kacamata komputer atau PC glasses.

Kacamata ini menggunakan lensa khusus yang memang didesain untuk mengurangi glare atau tingkat kesilauan dari layar monitor baik itu cahaya dari komputer ataupun smartphone.

 

6. Kurangi tingkat kesilauan dari layar gadget Anda

Ada beberapa cara untuk melakukan hal ini, seperti menjaga dan membersihkan layar gadget Anda, mengambil jarak dari jendela tempat masuk cahaya ketika menggunakan gadget, menggunakan lampu dengan voltase yang kecil, atau menghadang cahaya yang masuk lewat jendela dengan tirai.

 

7. Atur pencahayaan pada gadget Anda

Pencahayaan layar Anda harus diatur menyesuaikan kondisi lingkungan tempat Anda berada. Jika Anda berada di ruangan dengan pencahayaan tinggi, Anda harus meningkatkan pencahayaan pada layar gadget elektronik Anda. Atau jika Anda berada di tempat dengan keadaan pencahayaan yang redup, kurangilah pencahayaan pada layar gadget Anda.

 

8. Sering-sering keluar rumah

Berjalan-jalan keluar rumah setelah menghabiskan beberapa waktu di depan gadget adalah suatu hal yang sangat disarankan oleh para ahli mata. Karena cahaya matahari akan membantu untuk mengatur ‘ritme sirkadian’ alami Anda. Hasilnya? mood dan waktu tidur Anda akan bertambah.

 

9. Jaga jarak Anda dengan layar

Dokter mata sangat menyarankan Anda untuk menjaga jarak mata dengan layar dengan jarak minimal sepanjang lengan orang dewasa. Hal ini berlaku untuk semua layar perangkat elektronik, baik itu televisi, komputer, ataupun ponsel.

 

10. Latihlah mata Anda

Jika anda terus-terusan berada di depan layar gadget Anda tanpa berkedip dan meregangkan kedua mata Anda untuk beberapa saat, mata Anda akan terbiasa dengan jarak layar. Kalau sudah begitu, Anda akan mengalami masalah susah fokus terhadap sesuatu yang lebih jauh atau lebih dekat dengan perangkat gadget Anda.

Gerakanlah mata Anda sesering mungkin dan regangkanlah setiap 20 menit atau dibawahnya.

 

Kesimpulan

Dengan mengikuti tips yang sudah penulis jelaskan di atas, Mata Anda akan terlindungi dari radiasi cahaya yang mungkin umumnya dihadapi oleh banyak orang yang memang menghabiskan waktu di depan layar perangkat elektronik.

Janganlah sampai masalah pada mata menjadi penghalang bagi Anda untuk bekerja atau bersenang-senang dalam menggunakan gadget kesayangan Anda. [FM]

 

via lifehack

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel