7 Kendaraan Tempur Terganas dari PDII

21 Aug 2015 15:00 24436 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
kendaraan tempur ini ikut mengubah sejarah dunia

Sudah dekat tahun ke-70 berakhirnya perang dunia ke II ya?

Mungkin beberapa rekan pembaca sudah tahu bahwa perang dunia II (PDII) atau perang dunia kedua terjadi pada tanggal 1 September 1939 sampai tanggal 2 September 1945 yang diawali dengan invasi oleh Jerman ke Polandia

Selain itu pada tahun 1937 juga terjadi sebuah peristiwa yang mungkin dapat dikatakan sebagai “penanda” awal terjadinya PDII, yaitu perang antara dua negara di Asia, China dan Jepang.

Perang ini diakhiri dengan menyerahnya Jepang kepada sekutu pada tanggal 2 September 1945, dimana Jepang menandatangani surat dokumen penyerahan diri di kapal laut milik Amerika Serikat bernama USS Missouri.

Selain sumber daya manusia dan strategi, yang mempengaruhi arah peperangan pada PDII hingga berlangsung 6 tahun 1 hari adalah kendaraan tempur milik masing-masing negara yang pada masa itu dianggap sebagai kendaraan tempur tercanggih.

Di bawah ini adalah 7 kendaraan tempur tercanggih yang ada dan digunakan pada masa perang dunia II.

 

1. Tank T-34

Merupakan sebuah Tank berukuran sedang yang diproduksi oleh Rusia dari tahun 1940 hingga pertengahan pertama tahun 1944. Tank ini adalah tank yang utama bagi pasukan Red Army.

Sampai sekarang, tank ini diketahui sebagai simbol PDII yang paling terkenal. Tidak hanya itu, tank ini menjadi legenda karena kepopulerannya di kalangan ahli militer dan spesialis tank yang dianggap sebagai tank terbaik yang diproduksi pada saat PDII.

 

2. Carriers

Carriers disini adalah salah satu tipe kapal perang yang memiliki peran sangat penting dalam peperangan di laut. Pada masa PDII, Carriers milik Jepang dan Amerika Serikat sudah membuktikan seberapa penting mereka.

Salah satunya adalah dengan serangan yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, yaitu serangan militer Jepang terhadap Pearl Harbour yang dilakukan oleh angkatan udara Jepang yang sebelumnya sudah stand by di enam kapal perang tipe carriers di laut.

 

3. Mustang P-51 dari Amerika Utara

Salah satu peralatan militer yang sangat mempengaruhi ke alur peperangan pada masa PDII. Pesawat ini adalah sebuah pesawat dengan kemampuan serangan jarak jauh yang hanya dapat dinaiki oleh satu penumpang.

Pesawat yang dibuat sekitar tahun 1940 ini dianggap sebagai pesawat tempur terbaik milik Amerika Serikat pada masa PDII. Fungsi utamanya pada waktu itu adalah sebagai pesawat pengintai dan pesawat pengantar pesawat bomber pada saat melakukan penggempuran ke wilayah Jerman.

 

4. 88mm senjata anti pesawat udara bernama FlaK 18/36/37/41

88mm FlaK yang juga dikenal dengan nama “eight-eight”, adalah sebuah senjata laras panjang berukuran besar buatan Jerman, yang secara luas digunakan oleh para tentara Jerman untuk menghancurkan pesawat udara dan tank. Selain itu senjata ini juga sering digunakan sebagai artileri.

Pada tahun 1939 hingga tahun 1945, senjata ini sudah diproduksi lebih dari 17,125 unit.

 

5. Kapal Selam U-boat

U-boat adalah nama yang digunakan untuk menyebut semua kapal selam yang ada di angkatan laut Jerman.

Kapal selam ini memiliki fungsi untuk menghancurkan kapal laut musuh yang mengantarkan kebutuhan peperangan dari pulau utama. Salah seorang tokoh PDII asal Inggris bernama Winston Churchill mengatakan bahwa, yang paling ia takuti pada saat PDII berlangsung adalah ancaman dari kapal selam.

Sebuah penelitian juga telah menyatakan bahwa pasukan sekutu telah menghabiskan biaya mencapai 26 milyar dollar hanya untuk menanggulangi ancaman kapal selam.

 

6. Katyusha (BM 13)

Nama ini merupakan nama non-formal dari sebuah truk tempur yang dimodifikasi menjadi peluncur roket daratan.

Nama formal atau resminya adalah BM-13. Kendaraan tempur ini adalah sebuah kendaraan tempur terkenal yang digunakan secara luas di Uni Soviet. Selain itu BM-13 juga adalah kendaraan tempur terbesar di kelasnya.

 

7. LCVP

Sebuah kendaraan amfibi yang dapat berjalan di sungai-sungai atau rawa-rawa yang dangkal. Kendaraan ini digunakan secara luas oleh angkatan militer Amerika Serikat pada PDII. LCVP sering juga dipanggil Higgins Boat sesuai dengan nama penemunya yaitu Andrew Higgins.

Perahu LCVP ini dinavigasi oleh 4 orang awak dan sanggup untuk membawa 36 tentara dengan kecepatan maksimal 17km/jam. [FM]

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel