Photoshop VS GIMP, Pertarungan Dua Software Editing Papan Atas

20 Aug 2015 14:00 10359 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Manakah yang lebih bagus menurut Anda?

Dalam membuat sebuah website, blog dan membagikan foto dengan kualitas yang baik di Facebook atau halaman media sosial lain salah satu program penting yang wajib Anda miliki adalah program untuk mengedit gambar.

Program seperti Photoshop dan GIMP adalah beberapa diantara sekian banyak program yang tersedia di luar sana. Kedua program ini memiliki manfaat dan keunikan masing-masing yang pasti akan dapat memenuhi kebutuhan setiap orang dengan selera yang tentunya berbeda-beda.

Pada kesempatan kali ini, penulis akan membahas apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Photoshop dan GIMP secara umum.

 

Kelebihan Photoshop

1. Pelatihan dan tutorial pada Photoshop lebih lengkap

Banyak tutorial yang diselenggarakan dengan gratis secara online bagi Anda yang ingin belajar Photoshop. Salah satunya adalah di situs video-sharing seperti YouTube.

Tutorial yang tersedia di situs ini hampir mencakup keseluruhan aspek keahlian yang dibutuhkan untuk seseorang menjadi profesional dalam menggunakan Photoshop atau program editing gambar lainnya.

Untuk Photoshop sendiri, karena program ini adalah sebuah program yang memiliki fungsi cukup luas, anda tidak diharuskan untuk mempelajari keseluruhan fitur yang tersedia dalam Photoshop.

Contohnya, jika Anda seorang fotografer, tutorial yang mungkin harus dipelajari adalah tutorial mengenai Beauty Retouching, yaitu sebuah fitur untuk membuat sebuah penampilan menjadi sempurna. 

Keahlian ini umumnya dimiliki oleh orang-orang yang bekerja di studio foto.

2. Photoshop menawarkan warna Pantone

Bagi Anda yang bekerja sebagai Web Desaigner profesional, mungkin Anda membutuhkan skema warna Pantone yang juga menjadi standarisasi warna hasil print dan warna digital.

Disinilah letak salah satu kelebihan Photoshop.

Berbeda dengan GIMP yang tidak menyediakan akses ke warna Pantone, Photoshop sudah mendukung akses ke fitur ini. Dan bagi para Web Designer hal ini mungkin merupakan salah satu faktor penentu dalam pemilihan program image editor.

3. Hasil pelatihan bersertifikat

Kelas online yang diselenggarakaan oleh Adobe menyediakan sertifikat bagi mereka yang membutuhkannya. Sertifikat ini biasanya dibutuhkan oleh beberapa perusahaan yang memang menuntut para pelamar kerja untuk mengirimkan CV beserta dokumen pendukung secara lengkap.

Selain Adobe, Sertifikat untuk hasil pelatihan Photoshop bisa didapatkan di kelas pelatihan terverifikasi yang diselenggarakan secara online lainnya.

 

Kelebihan GIMP

1. Program ini tersedia secara gratis

Kelebihan utama yang paling menguntungkan bagi penggunanya adalah Anda tidak harus menggunakan biaya untuk menggunakan program ini.

Contohnya bagi seorang blogger yang membutuhkan pengaturan sederhana pada foto untuk dibagikan atau dipasang di blog, program yang disediakan secara gratis ini sudah lebih dari cukup, dibandingkan dengan sebuah program seharga jutaan rupiah.

2. Penggunaan tidak membutuhkan banyak memori penyimpanan

Tidak seperti Photoshop, program GIMP hanya membutuhkan 1/20 penyimpanan di hard disk Anda. Bagi orang-orang yang memiliki hard disk berkapasitas besar, hal ini mungkin bukanlah merupakan suatu masalah berarti.

Tapi, bagi mereka yang memiliki hard disk dengan kapasitas yang kecil GIMP adalah pilihan terbaik. Dan bagi pengguna komputer yang sudah berumur, GIMP masih dapat bekerja dengan cepat dan stabil tidak seperti Photoshop.

GIMP juga tersedia untuk berbagai sistem operasi seperti OS X, Windows, dan Unix. Selain itu, GIMP juga tersedia dalam versi portabel yang dapat disimpan di flash disk, sehingga Anda dapat menggunakannya tidak hanya di satu komputer saja.

3. Mengulang aksi sangatlah mudah di GIMP

Ada suatu waktu dimana Anda mungkin harus mengulang proses yang sama dalam mengedit foto dalam jumlah banyak. GIMP memiliki tampilan antar muka yang membuat pengulangan proses ini lebih mudah dibandingkan dengan Photoshop.

Ditambah lagi, GIMP sangatlah ramah terhadap penggunanya, karena program ini tidak disuntik oleh berbagai fungsi untuk editing lain yang tidak berhubungan dengan mengedit foto.

4. GIMP memiliki tutorial Open-Source

Walaupun GIMP tidak menyediakan sertifikat dari kelas online seperti apa yang ada pada Photoshop, situs open source-nya menyediakan banyak tutorial yang sangat komprehensif. Selain itu tutorial yang tersedia secara gratis di situs open source-nya menjamin Anda menjadi seorang ahli dalam waktu singkat.

 

Kesimpulan

Jika dilihat secara fitur dan kelengkapan tutorial, Photoshop mungkin adalah pilihan yang secara umum akan dipilih oleh para calon penggunanya. Namun, jika memasukkan faktor lain seperti kebutuhan yang tidak begitu banyak atau komputer yang sudah berumur, maka GIMP dapat menjadi alternatif. [FM]

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel