Produk-produk Apple Yang Gagal di Pasaran

20 Aug 2015 07:57 4987 Hits 0 Comments
Dalam perjalanannya, Apple ternyata tidak selalu sukses menjual produknya, berikut produk Apple yang gagal di pasaran.

Meskipun saat ini, Apple menyandang sebagai predikat produsen perangkat teknologi paling mahal sejagat, ternyata Apple juga pernah mengalami kegagalannya dalam menjual produk-produknya. Sebelumnya saya telah menulis tips-tips yang bisa kita ambil dari kesuksesan Apple dalam menjual produk-produknya.

Ipad, Ipod, Iphone dan Mac, adalah produk-produk andalannya yang turut berpengaruh sangat besar dalam membesarkan nama Apple. Namun diluar produk-produk fenomenal tersebut, Apple juga memiliki sejarah tidak sukses ketika menjual produknya, mari kita simak berikut.

Apple III

Komputer ini kabarnya tidak dirancang oleh Steve Wozniak, yang merupakan sahabat Steve Jobs. Awalnya Apple menginginkan Apple III dapat meneruskan kesuksesan generasi sebelumnya, namun harapan tersebut tidak terwujud. Permasalahan produk Apple III tersebut adalah, tampilan fisik yang besar, sistem operasi yang sering crash dan motherboard yang dikabarkan sering panas. Apple III diproduksi tahun 1980.

Lisa

Nama Lisa diinspirasi dari anak Steve Jobs, komputer ini diproduksi sekitar tahun 1983. ini adalah komputer pertama yang datang dengan tidak menggunakan antar muka teks, namun menggunakan antar muka grafis, atau Graphical User Interface. Lisa juga menggunakan mouse sebagai kelengkapan interaksi antara pengguna dengan komputer. Harga yang dibanderol untuk Lisa terlalu mahal, yaitu sekitar USD 10000, Apple menderita kerugian besar untuk produk Lisa ini, kabarnya, ongkos produksi Lisa adalah sebesar USD 150 juta. Apple berusaha menebus kegagalannya dengan memproduksi Lisa II, namun produk barunya tersebut masih belum sukses di pasaran.

Produk-produk Apple Yang Gagal di Pasaran

(Lisa, komputer Apple yang diproduksi tahun 1983)

Pipin

Ini adalah konsol game besutan Apple dengan Bandai, produk ini dipasarkan dengan harga USD 600. harga ini tergolong mahal di tahun 1995, disamping itu, Pipin juga tidak bisa menjalankan kemampuan grafis yang bagus. Pipin kalah jauh dengan produsen konsol game yang sudah mapan di pasaran, seperti Sega, Nintendo dan Sony.

Ipod Hi-Fi

Bekerjasama dengan Bose, Apple memproduksi set speaker stereo untuk ipod dengan nama Ipod Hi-Fi. Kabarnya, perangkat speaker ini memiliki kualitas sound yang cukup bagus, namun harga yang dibanderol Apple lagi-lagi menjadi kurangnya produk ini laku di pasaran. Produk ini dijual dengan harga USD 350, harga ini memang terbilang cukup tinggi untuk pengguna Ipod, disamping itu juga memiliki bentuk fisik yang lumayan besar.

Macintosh TV

Produk ini hanya laku sampai sepuluh ribu unit saja sebelum discontinue. Kegagalan Apple untuk hadir di ruang keluarga kabarnya dikarenakan, Macintosh TV hanyalah sekedar proyek hobi saja.

Newton PDA

Jauh-jauh hari sebelum memproduksi Ipad, Apple telah memproduksi gadget bertipe PDA yang diberi nama Newton PDA. Apple menyetop produksi Newton PDA pada tahun 1998, dikarenakan penjualannya kurang memuaskan, target penjualan hingga jutaan hanya mampu tercapai di angka 50 ribuan saja.

Produk-produk Apple Yang Gagal di Pasaran

(Apple Newton PDA)

Apple QuickTake

Apple juga pernah mencoba peruntungannya di perangkat kamera digital. Namun dikabarkan, produk kamera digital besutan Apple ini memiliki kualitas gambar yang jelek dan resolusi yang kasar. Apple menghentikan produksi kamera digital setelah tiga tahun diproduksi.

Produk-produk Apple Yang Gagal di Pasaran

(Apple QuickTake, kamera digital produksi Apple)

Macintosh Portable

Produk Apple kali ini mungkin adalah cikal bakal laptopnya, meskipun dalam perjalanannya komputer ini kurang laku dipasaran, karena ukuran komputer ini sebesar koper, sehingga perangkat ini kurang begitu mobile untuk digunakan. Macintosh portable juga bermasalah dengan batteray dan tampilan layar, akhirnya Apple menebus kegagalan Macintosh portable dengan PowerBook.

Produk-produk Apple Yang Gagal di Pasaran

(Macintosh Portable)

Demikianlah beberapa contoh produk Apple yang tidak sukses di pasaran, namun dengan berbagai inovasi yang sudah dilakukan Apple, saat ini, perusahaan tersebut berubah menjadi salah satu yang patut disegani di industri teknologi.

Tags Apple

About The Author

wan 67
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel