7 Ciri Umum Pecandu Facebook

19 Aug 2015 14:00 3332 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
kenalilah cirinya, jangan sampai menjadi salah satunya.

Di zaman sekarang, media sosial sudah seperti belahan jiwa yang tak dapat terpisahkan dari kita. Mulai populer dari tahun 2000-an hingga sekarang (tahun 2015), kepopuleran media sosial terus menanjak naik.

Beberapa media sosial yang populer dan digunakan di berbagai belahan dunia adalah Facebook, Twitter, Instagram. Ketiga media sosial tersebut digunakan oleh milyaran penduduk di bumi dan sudah mendominasi dunia internet mulai dari awal kemunculannya hingga sekarang.

Ternyata, kemunculan media sosial yang bertujuan untuk meningkatkan sosialisasi antar manusia tanpa mengenal jarak dan waktu ini mulai memunculkan efek adiktif bagi manusia. Melakukan sesuatu secara berlebih akibat kecanduan tentunya tidak selalu menghasilkan dampak positif bagi manusia.

Lalu apa yang menjadikan Anda seorang Social Media Addicts?

Dalam ulasan kali ini, penulis hanya akan mengambil salah satu media sosial untuk dijadikan contoh, yaitu Facebook. Untuk mengetahui apakah seseorang adalah seorang pecandu Facebook (Facebook Addicts), Terdapat 7 karakteristik umum berkenaan dengan aktivitas yang mereka lakukan.

1. Selalu membagikan (sharing) sebuah status

Ketika Seseorang yang menjadi pecandu Facebook terhubung ke internet, yang pertama kali mereka lakukan umumnya adalah membuka facebook.

Kemudian membagikan postingan sebuah halaman baik itu film, cerita, gosip ataupun meme ke halaman mereka dengan harapan postingan tersebut akan dikomentari dan di-like.

2. Tidak bisa lepas dengan facebook

Contohnya adalah ketika sebelum Anda kenal facebook, pada pagi hari Anda lari pagi kemudian mandi dan sarapan pagi. Lalu siang hari bagi seorang pegawai kantoran mungkin akan makan siang dan bersosialisasi secara verbal dengan teman sekantor. Lalu pada malam hari mungkin akan dilanjutkan dengan makan malam, gosok gigi dan tidur.

Namun, setelah mengenal Facebook Anda di setiap aktivitas Anda pasti ada yang namanya “membuka Facebook”.

Contohnya pada pagi hari yang biasanya Anda lari pagi kemudian mandi dan sarapan pagi menjadi lari pagi, berhenti sejenak untuk update status “lagi lari pagi nih!” Disusul oleh mandi kemudian update status lagi setelah mandi “Seger baru selesai mandi.”

Kemudian sarapan pagi tapi sebelumnya memotret makanan yang akan dimakan kemudian di update ke halaman Facebook Anda sambil mengatakan “sarapan pagi ini. Apa sarapanmu?”

3. Dengan cepat menambah teman

Kejadian seperti ini umumnya terjadi pada mereka yang memiliki pemahaman bahwa banyak teman di Facebook itu merupakan suatu kebanggaan. Padahal, apakah teman yang ditambah ke friendlist itu adalah orang yang memang Anda kenal?

4. Orang yang serba tahu

Salah satu ciri pecandu Facebook adalah wawasan yang cukup luas dan selalu tahu apa yang sedang terjadi di sekitarnya. Kenapa bisa?

Seorang pecandu Facebook, karena frekuensi mereka membuka Facebook yang terlalu sering menyebabkan mereka ter-update dengan melihat news feed terbaru dari halaman yang mereka ‘like’ atau mungkin juga dari iklan dan halaman yang dibagikan teman.

Contohnya, Anda me-like sebuah halaman berita di facebook yang setiap beberapa puluh menit memposting berita terbaru yang terjadi di dalam dan luar negeri. Dengan seringnya Anda membuka Facebook, Anda akan sering melihat berita yang dibuat oleh media berita tersebut.

5. Scroll Down terus melihat status

Salah satu ciri yang menjadikan Anda pecandu Facebook adalah ketika Anda membuka Facebook, Anda akan terus memutar scroll mouse terus ke bawah hingga waktu yang tidak terbatas disebabkan oleh rasa penasaran selama Anda tidak membuka Facebook.

6. Notifikasi adalah kabar baik

Pada umumnya, seseorang yang melihat notifikasi di media sosial, khususnya Facebook akan bersikap biasa-biasa saja.

Namun, bagi mereka yang sudah menjadi seorang pecandu Facebook, melihat notifikasi baik itu permintaan pertemanan, pesan ataupun notifikasi lain akan membuat mereka penasaran ingin segera membuka notifikasinya.

7. Ingat foto, ingat Facebook

Bagi mereka yang menyukai fotografi, memotret adalah suatu hal yang meneyenangkan untuk dilakukan. Namun jika seorang fotografer sudah menjadi pecandu facebook, kesenangan “memotret sebagai hobi” berubah haluan menjadi “memotret untuk diupload ke facebook.”

Apalagi jika orang tersebut memiliki hobi memotret diri sendiri yang lebih kita kenal dengan istilah selfie. Setiap membuka Facebook, yang mereka lakukan adalah mengganti profile picture mereka. [FM]

Tags Facebook

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel