Beberapa Fitur Terpenting Dalam WhatsApp

18 Aug 2015 13:00 35705 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tutorial yang berhubungan dengan percakapan atau chat

Whatsapp adalah sebuah aplikasi untuk mengirim pesan instan berupa pesan tertulis, pesan gambar, pesan suara, bahkan hingga pesan video.

Aplikasi pesan instan ini sangat populer di berbagai belahan dunia. Buktinya, pada bulan januari tahun 2015, aplikasi ini memiliki lebih dari 600 juta pengguna yang aktif. Lalu, pada bulan April 2015 pengguna whatsapp mencapai 800 juta pengguna.

Setelah sebelumnya menjadi perusahaan bebas yang bermarkas di Mountain View, California. Whatsapp kemudian diakusisi oleh facebook pada tahun 2014 dengan harga 16 milyar dollar Amerika.

Dengan kepopulerannya yang sekarang, whatsapp berusaha untuk terus meningkatkan kualitas produknya dengan cara menghadirkan berbagai update mulai dari perbaikan bugs hingga penambahan fitur.

Seperti bagi mereka yang suka ganti-ganti HP, Whatsapp telah menyediakan fitur untuk mem-backup pesan yang ada di perangkat Android Anda.

Walaupun di situs resminya terdapat caranya, mereka menyajikan tutorial-nya menggunakan bahasa Inggris, sehingga bagi mereka yang kurang mengerti tentang bahasa Inggris ada kemungkinan akan merasa kebingungan.

Berikut adalah tutorial tentang bagaimana cara mem-backup percakapan di WhatsApp, memindahkan pesan-pesan di Whatsapp ke perangkat pilihan, mengembalikan percakapan yang hilang karena terhapus atau alasan lainnya, dan mengirim percakapan dengan suatu tujuan tertentu.

 

Backup chat

Pada HP Android, setiap percakapan Anda akan ter-backup secara otomatis dan tersimpan di penyimpanan Android milik Anda. Namun, jika Anda ingin menghapus WhatsApp dari HP Anda tapi tidak ingin percakapan yang sudah tersimpan di WhatsApp hilang, Anda harus mem-backup chat Anda secara manual.

Bagaimana caranya?

1. Langkah pertama adalah dengan pergi ke WhatsApp > Menu > Settings > Chat Settings

2. Pilih Back up chats

3. Selesai, chat Anda sudah ter-backup

 

Memindahkan file percakapan yang sudah di-backup ke HP lain

Itu kan hanya untuk backup, lalu bagaimana cara untuk memindahkannya hasil backup ke perangkat lain?

Ada beberapa cara untuk mengekspor percakapan individu antara Anda dengan orang lain atau percakapan yang terjadi di dalam sebuah group chat ke perangkat lain.

Bagi HP Android yang memiliki memori eksternal, Anda hanya tinggal memindahkan microSD dari HP yang lama ke HP yang baru. Kemudian install WhatsApp di HP yang baru Anda pasangkan microSD tadi.

Untuk HP yang didalamnya hanya terdapat memori internal, Anda harus secara manual memindahkan file yang ada di dalam folder WhatsApp ke folder yang sama di HP Anda yang baru.

Caranya adalah dengan membuka folder whatsapp dengan explorer, kemudian copy satu file yang tidak terdapat nomor yang ada di dalam folder database lalu upload ke penyimpanan cloud favorit Anda. Atau jika Anda tidak memiliki koneksi internet, pindahkan file hasil backup ke perangkat komputer Anda.

Setelah Anda selesai memindahkan file backup, install WhatsApp di HP android Anda yang baru. Nanti ketika proses instalasi sedang berjalan, WhatsApp akan secara otomatis mendeteksi dan menemukan file backup yang sudah Anda pindahkan tadi. Lalu, akan muncul permintaan untuk me-restore file backup ke HP Anda yang baru.

 

Chat saya hilang, apa bisa kembali?

WhatsApp yang secara otomatis mem-backup percakapan Anda setiap jam 4 subuh, menyimpan file backup di folder WhatsApp/Database.

Untuk mengembalikan chat yang hilang, Anda harus melakukan langkah berikut.

1. Uninstall atau hapus WhatsApp dari HP Anda

2. Install kembali WhatsApp ke HP Anda

3. Buka WhatsApp isi data dan tunggu hingga muncul pilihan layar yang memperlihatkan tulisan Chat backup found, kemudian pilih ‘Restore’

4. Setelah muncul layar bertuliskan ‘Congratulations’, artinya Anda telah berhasil mengembalikan seluruh pesan yang pernah hilang mungkin karena tidak sengaja terhapus atau hal lainnya yang menyebabkan hilangnya pesan.

 

Saya ingin kirim percakapan saya ke seseorang, bisa?

Jika Anda dihadapkan dengan suatu kondisi dimana Anda harus membuktikan sesuatu dengan menggunakan WhatsApp.

Anda bisa mengirim percakapan yang Anda lakukan secara individual atau grup dengan mudah tanpa harus mengirimkan perangkat Anda ke seseorang tersebut atau men-screenshot nya.

Berikut ini adalah caranya.

1. Dalam keadaan WhatsApp terbuka pilih tab Chats’

2. Kemudian sentuh dan tahan beberapa detik hingga muncul pilihan

3. Pilih email chat’

4. Pilih ‘without mediajika Anda ingin mengirim isi percakapan tanpa gambar atau file multimedia lain; atau pilih ‘Attach Media untuk mengirim file lenkap dengan file multimedia nya

5. Setelah masuk kolom email, isi kolom penerima lalu kirim

6. Selesai, email berisi percakapan Anda sudah terkirim ke pihak yang Anda tuju. [FM]

 

 

Via WhatsApp

 

About The Author

Fahd M. 78
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel