5 Burung Kicau Populer di Indonesia

12 Aug 2015 13:40 17913 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Penggemar burung kicau? burung mana yang anda suka?

Hobi memelihara burung adalah sebuah hobi yang kian digemari mulai dari kalangan remaja hingga dewasa sejak dulu. Dan akhirnya booming sampai sekarang ini.

Seringkali ditandingkan dalam suatu kontes, para penggemar hobi memelihara burung kicau dapat meraih uang jutaan rupiah hanya dengan memperdengarkan kicauan burung milik mereka di depan para juri.

Namun tidak setiap burung memiliki kicauan yang bagus dan cantik dilihat. Sehingga kurang begitu populer di kalangan masyarakat.

Ulasan berikut ini adalah sebuah informasi yang cukup bermanfaat bagi mereka pecinta burung kicau dan juga bagi mereka yang masih baru di hobi ini.

Mari kita lihat di bawah ini ulasan tentang 5 burung kicau terpopuler di Indonesia.

1. Burung Murai Batu

5 Burung Kicau Populer di Indonesia

Merupakan salah satu burung yang sedang hot di tahun ini dan sering kali ada di kontes burung kicau.

Burung yang umumnya berwarna hitam dan memiliki ekor yang panjang ini, sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan sehingga jarang sekali terkena stress ketika berpindah lingkungan atau perubahan cuaca sekitar.

Makanan yang dapat dikonsumsi murai batu adalah makanan yang ukurannya kecil. Mulai dari cacing, belatung, serangga kecil atau buah-buahan kecil lainnya.

Berdasarkan wilayah penyebarannya, murai batu di Indonesia dibagi menjadi beberapa jenis. Diantaranya adalah, murai batu Jawa, murai batu Medan, murai batu Nias, dan lain-lain.

2. Burung Anis Merah

5 Burung Kicau Populer di Indonesia

Burung dengan kepopuleran mencapai seluruh nusantara. Banyak yang suka burung ini karena kicauannya yang nyaring dan mudah ditemukan.

Burung ini terkenal dengan birahinya yang tinggi, yang biasanya terjadi akibat pemberian makanan berlebihan, dijemur terlalu lama atau yang umum adalah melihat anis merah yang lain.

Burung ini juga termasuk unik, karena jika burung ini melihat pemiliknya, burung ini akan bersikap manja. Namun walaupun manja, burung ini sangat jinak kepada pemiliknya.

Makanan anis merah adalah berbagai makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan berbagai jenis vitamin. Sedangkan untuk jenis buah-buahan, anis merah sangat menyukai pepaya, pisang, tomat dan apel.

3. Burung Love Bird

5 Burung Kicau Populer di Indonesia

Memiliki suara merdu dan warna bulunya yang indah, merupakan ciri khas burung ini. Burung yang berasal dari Afrika ini ukurannya cukup kecil. Walaupun dengan ukuran yang kecil, banyak penghobi burung yang menyukai hewan ini.

Di kampung halamannya Afrika, burung ini sering ditemukan hidup dengan berkelompok. Mungkin dari situ burung ini seringkali diartikan sebagai burung yang melambangkan kerukunan antar pasangan.

Makanan untuk burung ini biasanya berupa biji-bijian yang dicampur, sayur-sayuran yang masih segar, dan makanan sejenis asinan.

4. Burung cucak rawa / cucak rowo

5 Burung Kicau Populer di Indonesia

Merupakan burung kicau yang berasal dari Afrika dan Asia beriklim tropis. Dalam bahasa Inggris burung ini juga dikenal dengan nama burung Bulbuls

Burung ini terkenal dengan kicauannya yang merdu dan beranekaragam. Mereka biasanya bernyanyi pada pagi hari dan petang hari.

Untuk ukuran burung ini sendiri, tubuhnya terlihat agak sedikit ramping, berleher pendek, dan memiliki ekor yang agak panjang.

Makanan favorit burung ini adalah buah-buahan dan serangga. Untuk serangga makanannya dapat berupa jangkrik, belalang, dan ulat hongkong atau ulat bambu. Sedangkan untuk buah-buahan makanannya meliputi pepaya, tomat, pir, dan apel.

5. Burung Kenari

5 Burung Kicau Populer di Indonesia

Dikenal juga dengan nama Canary dalam bahasa Inggris; merupakan salah satu jenis burung yang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan burung kicau lainnya. Selain karena bentuk tubuhnya yang mungil, burung ini unggul di kicauannya yang merdu dan bulunya yang indah.

Burung ini pertama kali ditemukan di suatu wilayah di Afrika bernama Canary. Sejak saat itu burung ini mulai populer ke berbagai belahan dunia. Walau sudah lama populer, burung ini harganya tetap stabil di ratusan hingga jutaan rupiah.

Ada berbagai jenis burung kenari seperti, kenari Norwich, kenari London, kenari Lanchasire, kenari Yorkshire dan lainnya.

Untuk makanannya, burung kenari menyukai biji-bijian yang disebut Canary Seed. Namun, jika kesulitan menemukannya, makanan itu bisa diganti dengan campuran biji-bijian yang biasa kita temukan di pasaran.

Selain itu burung ini juga suka sayur-sayuran dan buah-buahan seperti, wortel, apel, jagung muda, mentimun, paprica dan lainnya. [FM]

Tags Burung

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel