Inilah Beberapa Tips Berolahraga di Bulan Puasa

19 Jun 2015 10:00 4270 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Olahraga di bulan puasa tetap bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Tips Berolahraga di Bulan Puasa-Melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Berpuasa di bulan puasa merupakan sebuah kebahagiaan yang tidak bisa dilukiskan. Akan tetapi, melaksanakan ibadah puasa bukan berarti melupakan salah satu kegiatan yang seharusnya dilakukan rutin setiap hari, yaitu berolahraga. Olahraga tetap bisa dilakukan selama berpuasa tentunya dengan tidak berlebihan sehingga tubuh tidak sampai mengalami dehidrasi. Berikut uraian tentang beberapa tips untuk berolahraga selama berpuasa.

 

Tips Olahraga Pagi Hari

Bagi Anda yang terbiasa dengan kegiatan olahraga di pagi hari, maka tidak ada salahnya untuk tetap mempertahankan kebiasaan tersebut selama bulan puasa. Hanya saja, jenis dan lamanya waktu unuk berolahraga di pagi hari tersebut harus diperhatikan dengan baik.

  • Menentukan tujuan dari olahraga pagi hari. Sebaiknya tentukan terlebih dahulu tujuan apa yang diinginkan dari olahraga pagi hari selama bulan puasa. Umumnya tujuan dilakukannya olahraga di pagi hari adalah untuk kebugaran dan menjaga kesehatan tubuh.
  • Lakukan olahraga ringan di pagi hari setelah sahur. Olahraga  dengan intensitas yang ringan ini akan membantu tubuh untuk tetap segar tanpa akan memicu timbulnya dehidrasi. Olahraga yang ringan ini juga akan mencegah tubuh dari kelelahan yang sifatnya berlebihan pada siang harinya.
  • Lakukan olahraga bersama dengan anggota keluarga lainnya agar seluruh keluarga juga mendapatkan tubuh yang sehat selama puasa dan lebih mengakrabkan sesama anggota keluarga.
  • Lakukan beberapa olahraga ringan seperti jalan cepat, bersepeda, dan beberapa jenis olahraga berbentuk permainan seperti bulu tangkis dan sepak bola ringan.
  • Usahakan untuk berolahraga secukupnya dan tidak berlebihan. Olahraga yang berlebihan hanya akan memicu dehidrasi, padahal Anda masih harus menghadapi hari yang panjang.
  • Jangan lupakan kegiatan pemanasan dan pendinginan. Pemanasan penting dilakukan agar tidak terjadi cedera selama olahraga berlangsung. Pendinginna juga penting dilakukan setelah olahraga juga untuk mengurangi atau mencegah cedera.

 

Baca Juga 
Tips Olahraga Ringan di Pagi Hari Sebelum Kerja

Lima Tips Mengecilkan Perut

 

Inilah Beberapa Tips Berolahraga di Bulan Puasa

 

Tips Olahraga Sore Hari

Waktu olahraga yang sebenarnya paling baik pada saat berpuasa adalah sore hari atau menjelang buka puasa. Mengapa? Karena ketika Anda berolahraga yang cukup menguras tenaga dan menyebabkan Anda kehilangan cukup banyak cairan tubuh, waktu berbuka sebentar lagi dan Anda akan segera bisa mengonsumsi air untuk mengganti cairan tubuh yang mulai menipis.

Baca Juga: 

Beberapa Tips Diet di Bulan Ramadan

Tips Olahraga Mengecilkan Perut Saat Puasa

Lantas, bagaimana sebaiknya olahraga ketika puasa saat sore hari? Berikut tipsnya

  • Tentukan tujuan berolahraga di sore hari. Jenis olahraga yang dipilih di sore hari dan menjelang buka puasa ini adalah jenis olahraga yang tujuannya adalah untuk membentuk otot atau memang berniat untuk melakukan olahraga yang sifatnya lebih berat daripada olahraga ringan di pagi hari.
  • Pilih jenis olahraga yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya olahraga fitness yang menggunakan berbaga jenis alat-alat fitness yang cukup berat atau olahraga berat lainnya yang tidak menggunakan alat.
  • Sesuaikan intensitas latihan dengan kemampuan diri dan kebutuhan. Jika memang kondisi tubuh tidak memungkinkan untuk melakukan olahraga dalam waktu yang lama, maka sebaiknya tidak memaksakan diri. Walau sudah dekat dengan waktu berbuka, tetap menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan tidak cedera karena olahraga juga menjadi hal yang penting.
  • Lama waktu olahraga soer hari untuk awal-awal puasa bisa dilakuakn selama 20 menit. Hari berikutnya bisa ditambah menjadi 30 menit. Lakukan secara bertahap sehingga tubuh Anda yang sedang berpuasa menjadi terbiasa dengan pola olahraga sore tersebut dan tidak menjadi sebuah beban yang berat.
  • Selalu lakukan pemanasan sebelum olahraga dan pendinginna setelahnya. Kedua kegiatan ini sangat penting dilakukan. Seperti dibahas sebelumnya, pemanasan dan pendinginan bisa membantu mencegah dan mengurangi cedera. Terutama ketika sedang berpuasa, kondisi tubuh lebih rentan terhadap cedera dalam olahraga, oleh karena itu pemanasan dan pendinginan jangan sampai terlewat.

Hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan olahraga di bulan puasa adalah tidak dilakukan secara berlebihan, tidak sampai menimbulkan dehidrasi, sebaiknya bisa membantu untuk lebih mengakrabkan keluarga, dan sesuaikan intensitas olahraga dengan kemampuan tubuh.

Itulah beberapa tips olahraga yang dilakukan pada bulan puasa. Semoga apa yang sudah disampaikan dalam artikel ini bisa bermanfaat. Terima kasih. [DIA]                                    

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel