Tips Olahraga Ringan di Pagi Hari Sebelum Kerja

6 Jun 2015 09:00 47748 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Olahraga di pagi hari sebelum memulai aktivitas ini sebaiknya rutin dilakukan setiap hari.

Tips Olahraga Pagi-Pagi hari merupakan waktu memulai berbagai aktivitas, salah satunya adalah bekerja. Selain rutin mengonsumsi makanan sehat dan air putih, salah satu cara untuk tetap bisa sehat adalah dengan rutin berolahraga ringan setiap pagi sebelum memulai berbagai aktivitas. Olahraga ringan sebenarnya tidak berat untuk dilakukan, hanya saja terkadang rasa malas dan alasan tidak ada waktu menghalangi seseorang untuk mulai berolahraga.

Tips Olahraga Ringan di Pagi Hari Sebelum Kerja

Manfaat Olahraga Ringan di Pagi Hari

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan seseorang ketika rutin untuk berolahraga setia pagi. Beberapa manfaat tersebut di antaranya sebagai berikut.

  • Membuat tubuh mejadi lebih bertenaga.

Ketika melakukan olahraga, tubuh akan melepaskan berbagai senyawa yang baik. salah satu senyawa baik tersebut adalah endorfin yang akan membantu dalam peningkatan energi. Oleh karena itu tubuh akan menjadi lebih bertenaga dan siap menghadapi kegiatan-kegiatan di siang hari.

  • Membantu lancarnya proses metabolisme tubuh.

Olahraga rutin di pagi hari bisa membantu melancarkan dan meningkatkan proses metabolisme tubuh untuk jangka waktu beberapa jam ke depan. Hal tersebut tentunya sangat baik karena pada saat berolahraga, terjadi proses pembakaran lemak dan kalori yang baik untuk kesehatan tubuh.

  • Membantu untuk fokus dan melatih otak.

Olahraga pagi akan membantu seseorang untuk melatih otaknya serta meningkatkan kemampuanya untuk fokus. Ketika berolahraga pagi, seseorang akan juga memikirkan rangkaian rencana yang akan dilakukannya setelah melakuka olahraga. Hal ini akan melatih otak untuk bekerja dengan penuh di pagi hari.

 

Beberapa Tips untuk Olahraga Ringan dengan Baik dan Tepat

Olahraga ringan di pagi hari memberikan banyak manfaat baik untuk tubuh selama dilakukan dengan tepat dan tidak berlebihan. Berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk melakukan olahraga ringan pagi hari yang baik dan tepat.

  • Sebelum berolahraga, minumlah air putih terlebih dulu.

Sebelum memulai olahraga, sebaiknya biasakanlah meminum air putih sebanyak dua sampai tiga gelas. Konsumsi air putih sebelum olahraga ini bermanfaat untuk menghindarkan tubuh dari dehidrasi pada saat melakukan gerakan-gerakan olahraga. Bahkan sebaiknya biasakanlah untuk minum air putih setelah bangun tidur.

  • Memulai olahraga pada pukul 6 pagi.

Waktu yang baik untuk berolahraga di pagi hari adalah pada pukul 6 pagi. Pada waktu tersebut, udara yang ada masih segar dan baik untuk kesehatan paru-paru. Kondisi udaranya pun tidak terlalu panas atau dingin.

  • Mulailah dengan melakukan pemanasan.

Pemanasan atau warming up merupakan kegiatan yang ahrus dilakukan sebelum memulai olahraga. Mengapa? Pemanasan akan memberikan pemberitahuan pada tubuh bahwa tubuh akan melakukan banyak gerakan dan kegiatan olahraga. Selain itu, tubuh yang sebelumnya beristirahat pada malam hari, otot-otonya belum siap untuk menghadapi gerakan-gerakan yang berat. Bila dipaksakan berolahraga langsung tanpa pemanasan maka otot akan kaget dan kemungkinan besar bisa kram dan juga menyebabkan kepala menjadi pusing.

Pemanasan bisa dilakukan dengan gerakan-gerakan ringan dan hanya memerlukan waktu mulai dari 5 sampai 10 menit. Contohnya seperti gerakan melipat bahu ke belakang, menggelengkan kepala, menarik tangan (ke atas, bawah, samping, depan, dan belakang), memutar tubuh ke samping, menekuk kaki, menyentuhkan ujung tangan ke ujung kaki, dan lain-lain.

  • Mulailah gerakan setelah pemanasan dengan lari-lari kecil.

Lari-lari kecil atau joging ringan sudah bisa dilakukan setelah pemanasan. Joging ringan ini bisa dilakukan di sekitar rumah atau di sekitar kampung atau komplek. Joging ringan di luar ruangan ini membantu tubuh untuk tetap bugar dan memberikan udara segar pagi hari pada paru-paru.

  • Melakukan beberapa jenis olahraga sesuai kesukaan.

Kesukaan atau hobi olahraga tertentu sebaiknya tetap dijaga. Setelah melakukan gerakan pemanasan dan joging ringan, Anda bisa mulai melakukan olahraga yang disukai.

Kegiatan olahraga di pagi hari tidak harus dilakukan sampai berjam-jam, cukup 15 sampai 30 menit saja. Inti utamanya adalah tubuh diberikan waktu khusus untuk melakukan gerakan yang baik untuk kesehatan dan kelancaran pernapasan serta peredaran darah. Setelah berolahraga pagi, tubuh menjadi lebih siap untuk melakukan pekerjaan yang sudah menunggu.

Demikianlah pembahasan tentang tips-tips untuk berolahraga di pagi hari sebelum memulai kegiatan dan pekerjaan. Apa yang disampaikan dalam tulisan ini diharapkan bisa bermanfaat untuk semua pembaca. [DIA]

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel