Beberapa Tips Diet di Bulan Ramadan

11 Jun 2015 20:00 3835 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Diet sehat di bulan Ramadan tetap bisa Anda lakukan untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh pada saat puasa.

Tips Diet di Bulan Ramadan-Bulan suci Ramadan merupakan bulan yang sangat dinantikan oleh umat Islam di seluruh dunia. Seperti sudah diketahui oleh semua, pada bulan ini, umat Islam berpuasa dari makan dan minum mulai dari azan subuh sampai tibanya azan magrib. Akan tetapi, terkadang sebagian orang mengalami masalah penambahan berat badan yang cukup tinggi selama bulan puasa ini. Hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh cara mengonsumsi serta jenis makanan yang dikonsumsi pada saat sahur dan berbuka puasa. Untuk tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa, maka ada baiknya untuk tetap diet sehat selama bulan puasa ini. Berikut uraian beberapa tips yang bisa dicoba untuk diet di bulan Ramadan.

 

Asupan Bergizi Saat Makan Sahur

Makan sahur merupakan salah satu kegiatan makan untuk mempersiapkan diri menjalankan ibadah puasa. Makan sahur tidak boleh dianggap sepele karena pada saat sahur, seseorang sedang mempersiapkan energi dan kalori yang cukup untuk menjalankan kegiatan puasa di siang harinya. Terkadang ada beberapa orang yang merasa malas untuk makan sahur dengan berbagai alasan, sebaiknya usahakanlah untuk tetap makan sahur. Selain itu, makanlah makanan yang cukup karbohidrat, lemak, dan protein saat sahur agar pada saat siang hari tidak mudah merasa lapar. Makan sahur janganlah dengan kegiatan makan yang asal kenyang saja. Makan sahur harus diisi dengan berbagai jenis makanan bergizi.

 

Waktu Makan Sahur

Sebaiknya memulai makan sahur tidak terlalu awal atau terlalu malam. Sebaiknya mulai dari pukul 02.30 sampai menuju imsak. Hal tersebut dilakukan agar Anda bisa menahan lapar lebih lama. Dari segi kesehatan bisa membantu memperbaiki metabolisme di dalam tubuh juga isa membantu memperbaiki hipoglikemi kadar gula dalam darah yang ada di bawah standar.

 

Hindari Kebiasaan Minum Air Es ketika Sahur dan Berbuka Puasa

Menikmati minuman yang dingin dan segar pada saat berbuka puasa tentunya sangat disukai. Akan tetapi sebenarnya sebaiknya Anda tidak sering mengonsumsi air es pada saat sahur dan terutama pada saat berbuka puasa. Air es sendiri memiliki fungsi untuk bisa membantu menahan rasa lapar. Jika meminum minuman dingin yang sudah dicampur es, maka Anda akan merasa kenyang dan jadi tidak bisa mengonsumsi makanan lain yang lebih bergizi yang nutrisinya sebenarnya lebih dibutuhkan oleh tubuh.

 

Pilih Minuman Manis yang Hangat saat Berbuka

Minuman yang manis dan hangat bisa membantu lambung Anda untuk memperbaiki getah lambungnya dan menjaga keasaman lambung selama lebih kurang 4 jam yang berfungsi untuk membantu memperbaiki gula dalam darah yang akan dipecah menjadi kalori. Hal tersebut bisa membantu menetralkan asam dalam lambung setelah melakukan kegiatan berpuasa selama satu hari.

 

Menikmati Kurma atau Makanan Ringan Lain saat Berbuka

Ada baiknya ketika waktu berbuka tiba, setelah meminum air, konsumsilah terlebih dahulu buah kurma atau makanan ringan lain (porsi secukupnya) untuk membantu lambung Anda beradaptasi kembali. Sebaiknya memang tidak langsung mengonsumsi makanan berat yang mengandung karbohidrat tinggi. Setelah mengonsumsi makanan ringan tersebut, Anda bisa melaksanakan salat magrib terlebih dahulu. Setidaknya berilah jarak sekitar setengah jam dari waktu berbuka puasa untuk Anda mulai bisa menikmati makanan berat.

 

Tetap Diet (Menurunkan Berat Badan) di Bulan Puasa

Saat bulan puasa bukan berarti Anda tidak bisa diet. Bahkan bulan puasa ini bisa menjadi salah satu momen yang baik untuk melaksanakan diet. Hanya saja, diet yang dilakukan janganlah diet ketat. Misalnya cukup dengan mengurangi asupan kalori saja pada saat sahur dan berbuka puasa. Misalnya, jika tidak dalamkondisi diet Anda mengonsumsi kalori sebanyak 100%, maka untuk diet sendiri Anda bisa mengurangi jumlah kalorinya menjadi 60%. Tetapi jangan lupa untuk tetap menjaga asupan air minum serta buah-buahan yang kaya akan serat. Diet yang Anda lakukan selama bulan puasa adalah diet yang sehat dan tetap menyegarkan tubuh.

 

Olahraga Secukupnya

Pada saat berpuasa, seseorang tetap harus melakukan olahraga untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya. Olahraga yang dilakukan cukup olahraga ringan saja tetapi tetap dilakukan setiap hari. Diet sehat bulan puasa di dalamnya tetap terdapay olahraga. Lakukan olahraga secukupnya karena pada saat setelah olahraga, Anda tidak bisa langsung minum air karena sedang berpuasa. Artinya, tetap menjaga tubuh agar tidak sampai terjadi dehidrasi.

 

Demikianlah pembahasan tentang beberap tips untuk melakukan diet sehat di bulan puasa. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat untuk Anda semua. [DIA]

Tags Ramadan

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel