5 Permainan Olahraga Tanpa Alat Bantu

9 Jun 2015 18:00 16370 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Olahraga tetap bisa dilakukan di rumah dengan gerakan sederhana tanpa alat bantu.

Permainan Olahraga Tanpa Alat-Olahraga menjadi salah satu kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi. Kebutuhan tersebut berhubungan dengan kesehatan dan kebugaran tubuh. Ada banyak jenis permainan olahraga yang bisa dipilih. Mulai dari permainan olahraga yang ringan sampai yang berat, menggunakan alat dan tidak menggunakan alat. Permainan olahraga tanpa menggunakan alat menjadi salah satu pilihan olahraga yang mudah, gratis, dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Berolahraga tidak harus selalu repot-repot mengeluarkan uang untuk membeli alat-alat olahraga yang canggih dan mahal atau membayar sewa peralatan olahraga di pusat-pusat olahraga. Permainan olahraga tanpa menggunakan alat ini tetap bisa membantu tubuh Anda untuk tetap sehat, membantu menurunkan berat badan, dan juga membantuk beberapa bagian dari tubuh. Kelima contoh permainan olahraga yang bisa dilakukan sendiri tanpa harus menggunakan alat uraiannya adalah sebagai berikut.

 

1. Olahraga dengan Naik dan Turun Tangga

Apakah pernah kantor Anda mengalami kerusakan lift dan mengharuskan Anda dan karyawan lainnya menaiki tangga untuk bisa sampai ke lantai tempat Anda bekerja? Hal seperti itu sebaiknya membuat Anda merasa senang. Mengapa? Hal tersebut karena dengan begitu Anda sama saja dengan sedang melakukan olahraga tanpa menggunakan alat. Walaupun mungkin kondisi seperti itu tidak ingin selamanya Anda alami di kantor. Ya, naik turun tangga merupakan jenis permainan olahraga yang bisa membantu Anda tetap bugar tanpa menggunakan alat. Manfaatkanlah tangga rumah Anda, atau di sekitar tempat tinggal Anda untuk berolahraga. Permainan olahraga sederhana ini kaya akan manfaat di antaranya membantu membakar kalori, membantu meningkatkan sirkulasi darah, membantu untuk meningkatkan detak jantung, dan membantu untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Kegiatan naik turun tangga ini sendiri bisa membuat Anda terhindar dari terjadinya kram pada kaki dan timbulnya rasa nyeri pada sendi.

 

2. Olahraga dengan Permainan Push Up

Push up menjadi salah satu olahraga yang bisa dilakukan tanpa alat dan umumnya digemari oleh kaum laki-laki. Push up terlihat mudah untuk dilakukan, tetapi sebenarnya memerlukan latihan yang rutin sehingga Anda bisa melakukan gerakan ini denga baik dan tepat. Bagi Anda yang masih pemula untuk permainan olahraga satu ini, ada baiknya untuk latihan push up dengan posisi berdiri dan bertumpu pada dinding. Ketika melakukan olahraga push up ini usahakanlah agar perut dalam keadaan kosong supaya Anda terhindar dari rasa mual. Permainan yang bertumpu pada kekuatan tangan dan ujung kaki ini bermanfaat untuk membangun dan menguatkan otot pada tubuh bagian atas, contohnya seperti menguatkan bahu dan tulang belakang.

5 Permainan Olahraga Tanpa Alat Bantu

 

3. Olahraga Mengangkat Kaki

Ingin membantuk otot bagian kaki dan perut? Permainan tanpa alat bantu juga bisa membantu Anda mendapatkan hal itu. Salah satunya adalah dengan olahraga mengangkat kaki. Olahraga mengangkat kaki ini hanya memerlukan alas yang cukup nyaman menurut Anda sebagai tempat untuk berbaring. Hal ini akan mencegah punggung Anda dari rasa sakit setelah berolahraga. Berbaringlah di atas alas yang sudah disiapkan kemudian mulailah untuk mengangkat kedua kaki Anda sejauh yang bisa Anda lakukan. Setelah kaki terangkat dengan maksimal, tahnlah kaki pada posisi tersebut selama beberapa menit, kemudian kembali ke posisi yang rileks. Gerakan mengangkat kaki ini dilakukan secara berulang selama lebih kurang 10 sampai 15 menit.

 

4. Olahraga Squat

Olahraga squat ternyata memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Squat sendiri juga sangat baik untuk Anda yang berminat menjaga serta membentuk bagian tubuh seperti bagian bokong, perut, dan paha. Lakukan olahraga yang seperti posisi duduk ini dengan baik dan rutin setiap hari. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan juga, bisa menambahkan satu gerakan lagi yaitu gerakan jongkok.

 

5. Olahraga Ab Crunches

Permainan olahraga yang bernama Ab Crunches ini merupakan jenis olahraga yang mirip dengan sit up. Hanya saja, jika gerakan sit up mengharuskan bagian tubuh atas ikut bergerak sampai kepala menyentuh lutut, pada Ab Crunches tidak seperti itu. Punggung tetap pada posisi menempel di lantai atau alas sehingga gerakan yang dilakukan kemudian hanya akan berfokus pada daerah perut. Permainan olahraga tanpa alat satu ini umumnya dilakukan oleh laki-laki untuk bisa mendapatkan area perut yang bagus dan six pack. Olahraga ini juga bisa dilakukan oleh wanita, hanya saja dengan tujuan untuk membuat bagian perut menjadi rata dan tidak lagi buncit.

 

Itulah 5 jenis olahraga yang bisa dilakukan tanpa menggunakan bantuan alat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Semoga apa yang disampaikan bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda.

                                                                                                                                                         

 

 

Tags Olahraga

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel