7 Olahraga Mudah untuk Menurunkan Berat Badan dan Mencegah Obesitas

20 Jun 2015 10:00 7037 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tujuh olahraga ini membuat Anda bisa bebas dari obesitas dan mampu menurunkan  berat badan alias membakar lemak di tubuh Anda. 

Olahraga Mudah untuk Menurunkan Berat Badan-Bagi banyak orang, mungkin termasuk Anda, obesitas merupakan masalah serius. Betapa tidak, obesitas merupakan pemicu penyakit serius yang bahkan bisa berujung pada kematian. Ironisnya, di era modern sekarang, obesitas seolah tidak terhindarkan. Banyak makan makanan yang tidak sehat, kurang gerak, ataupun kurang aktivitas adalah hal-hal yang menjadi pemicu obesitas. 

Tidak aneh jika kemudian banyak orang yang terlihat gemuk. Dan tidak sedikit dari mereka yang mencoba menguruskan badan tetapi gagal. Ujung-ujungnya penderita obesitas berpotensi memiliki kolestrol dan diabetes. Gejala ini tidak hanya terjadi pada orang yang lanjut usia tetapi juga untuk mereka yang muda. Nah, karena itulah, agar Anda tidak terkena diabetes sebaiknya Anda melakukan olahraga. Yah, olahraga sejak dini akan membuat Anda  tidak mengalami obesitas. Untuk, itu, Anda bisa melakukan tujuh kegiatan olahraga ini. Ketujuh olahraga ini diyakini dapat menurunkan  berat badan dan membuat Anda bebas dari obesitas.

7 Olahraga Mudah untuk Menurunkan Badan dan Mencegah Obesitas

1. Olahraga lari
Lari adalah olahraga paling murah yang bisa Anda lakukan kapanpun dan dimanapun. Jika Anda merasa olahraga lain terlalu mahal dan ribet untuk mengecilkan tubuh Anda, maka lair adalah solusi. Tidak ada alasan apapun untuk Anda malas berolahraga. Anda bisa lari menggunakan threadmill ataupun mengelilingi kompleks. Lakukanlah olahraga lari ini selama 20 menit setiap hari. Dalam tempo tersebut, Anda bisa mendapatkan tubuh yang mengalami penurunan lemak alias lemak-lemak pada tubuh Anda akan terbakar. 

 

2. Sepeda statis
Jika Anda bosan dengan lari, maka Anda bisa berolahraga menggunakan sepeda. Olahraga dengan sepeda ini bisa membuat perut dan paha Anda terbentuk. Akan lebih baik jika Anda juga bersepeda ke kantor atau ke tempat lain. Di kota besar saat ini sudah banyak jalur sepeda sehingga Anda tidak perlu risau. Menggunakan sepeda juga tidak hanya sehat tetapi membuat tubuh Anda lebih sehat. 

 

3. Lompat tali
Olahraga ini juga lebih murah. Anda tentunya pernah melakukan lompat tali saat masih kanak-kanak bukan? Jika pernah, maka Anda tidak kesulitan untuk melakukan olahraga ini. Jenis olahraga ini mampu membakar lemak di tubuh dan bisa membakar lemak. Jika Anda merasa olahraga ini terlalu berat, maka Anda bisa menganggap lompat tali sebagai permainan bukan sebagai alat olahraga. Jangan mengeluh, cobalah terlebih dulu.


4. Aerobik
Aerobik juga bisa jadi pilihan Anda untuk mendapatkan tubuh yang bebas lemak. Anda bisa terhindar dari obesitas jika Anda rajin aerobik. Oh yah aerobik ini juga tidak hanya untuk wanita tetapi juga untuk pria. Kelebihan Aerobik selain membakar lemak adalah menguatkan bagian otot dan tulang. Aerobik juga bermanfaat untuk menguatkan jantung, mengendalikan kadar gula dalam darah, meningkatkan energi, serta meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat-manfaat yang sangat banyak ini tentunya tidak perlu membuat Anda berpikir dua kali untuk melakukan aerobik. Segera lakukan aerobik agar lemak Anda terbakar. 


5. Push up 
Selain lari, push up adalah olahraga murah yang bisa membuat tubuh Anda kehilangan lemak dalam jumlah banyak. Lemak dalam perut Anda pun akan menurun jika Anda sering melakukan push up. Anda bisa memulai push up dengan 10 kali push up. Sesudahnya, Anda bisa meningkatkan sehat dan Anda pun akan terbebas obesitas. 


6. Circuit training
Latihan ini adalah gabungan latihan beban dan latihan kardio yang bertujuan untuk melatih otot-otot Anda. Pola latihan yang dilakukan misalanya lari di tempat, push up, dan kemudian dilanjutkan dengan mengangkat beban.  Circuit training merupakan latihan yang efektif untuk membakar lemak lebih cepat dibandingkan latihan lainnya. Nah, jika Anda merasa push-up saja tidak cukup, maka Anda bisa berlatih dengan pola circuit training. 


7. Cross fit
Cross fit memiliki pola yang sama dengan circuit training. Hanya saja cross fit  fokus pada latihan spritnt yang kemudian dilanjut dengan kegiatan pull up. Aktivitas olahraga yang satu ini ternyata ampu dalam membakar kalori dalam tubuh. Karena itu,  olahraga ini  bisa membuat Anda terbebas dari obesitas. Cross fit juga memiliki manfaat untuk daya tahan, kekuatan, kelincahan, serta kebugaran tubuh Anda. 

Demikianlah pemaparan tentang tujuh latihan olahraga yang bisa mencegah obesitas. Semoga informasi ini membantu Anda yang ingin menguruskan badan atau ingin terhindar dari obesitas. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel