Mengenal Pencipta Piano, Bartolomeo Cristofori

7 May 2015 11:00 3232 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bartolomeo Cristofori merupakan seorang pembuat instrumen yang menemukan piano

Nama Bartolomeo Cristofori jadi bahan pembicraan pada awal Mei 2015. Google Trend juga memasukan Bartolomeo Cristofori sebagai salah satu kata kunci yang paling banyak dicari di awal Mei 2015.  Hal ini juga dilandasi karena Bartolomeo Cristofori hadir sebagai hiasan Google Doodle di laman pencarian pada Senin, 4 Mei 2015.  Pada tanggal itu, pengguna bisa memainkan piano ketika menekan tombol play pada Google Doodle tersebut.

Siapa sebenarnya Bartolomeo Cristofori?

Bartolomeo Cristofori merupakan seorang pianis yang ternama. Beliau lahir pada 4 Mei 1655 di negeri Pizza, Italia. Dia bukan hanya soerang pianis tetapi juga dialah yang menemukan alat piano yang saat ini banyak bermanfaat, terutama untuk kalangan musisi.

Bagaiamana Cristofori menemukan piano? Cristofori awalnya tidak menduga bahwa ciptaannya akan menjadi sebuah alat yang bnayak digunakan dan berpengaruh terhadap dunia. Awalnya, ia hanya membuat instrumen harpsichord dan clavichord untuk seorang  pangeran  bernama Ferdinando de Medici, seorang anak dari Duke  Tuscany.  Instrumen harpsichrod tersebut ia buat dari tali-tali halus yang menghasilkan nada dan tingkat suara yang variatif. Setelah itu, ia membuat mekanisme suara yang dihasilkan lewat transfer tekanan dengan cara menekan sesuatu yang bisa membuat tali-tali berbunyi.  Inilah konsep awal lahirnya piano.

Mengenal Pencipta Piano, Bartolomeo Cristofori

Cristofori kemudian mengembangkan alat yang ia buat tersebut. Pada tahun 1709 lahirlah piano pertama yang ia buat setelah ia matangkan dari konsep pertamanya saat membuat instrumen untuk pangeran. Cristofori menyebut alatnya dengan sebutan “gravecembalo col piano e forte”. Sebutan tersebut berarti tali clavichord dengan suara yang pelan dan keras. Karena sebutan dari Cristofori terlalu panjang, maka nama tersebut disingkat menjadi pianoforte. Pada perkembangannya, banyak orang yang kemudian menyebutnya dengan “piano’ saja.  Terlebih ketika alat musik ini populer pada tahun 1731

Sebenarnya, banyak juga  para pembuat instrumen yang membuat alat dengan konsep mirip piano atau alat dari harpsichord. Tetapi, penemuan dari Cristofori lebih matang secara konsep sehingga dialah yang dipertimbangkan sebagai penemu piano.

Itulah sedikit pengetahuan tentang Bartolomeo Cristofori. Semoga informasi ini menambah wawasan para pembaca Plimbi

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel