Tips untuk Anda yang Sering Duduk Menatap Layar Komputer

6 May 2015 14:15 4999 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

inilah tips kesehatan untuk Anda yang sering beraktivitas dengan duduk di depan layar monitor

Zaman sekarang, banyak jenis pekerjaan ataupun aktivitas yang mengharuskan Anda untuk terus duduk depan komputer. Sebut saja contohnya seperti programmer, desain grafis, penulis,  admin, pekerjan kantoran, telemarketing, dan masih banyak lainnya.  Pekerjaan semcam ini memang terlihat enak karena Anda hanya perlu duduk depan komputer dan mengerjakan sesuai tugas. Anda tidak perlu berkeringat, berpanas-panas ria, ataupun melakukan aktivitas berat.

Sayangnya, pekerjaan semacam ini seringkali membuat tubuh kurang sehat. Tidak aneh jika akhir-akhir ini tidak sedikit orang yang mengalami gangguan kesehatan karena keseringan duduk depan komputer dan menghiraukan kesehatan tubuhnya. Nah, jika Anda sering bekerja dengan komputer dan tidak mau sakit, maka sebaiknya Anda perlu memperhatikan tips-tips kesehatan berikut ini. 
 

Jaga Kesehatan Mata

Hal yang penting untuk diperhatikan ketika sering berada di depan layar komputer adalah mata. Mata seringkali diabaikan. Padahal mata merupakan salah satu indera vital. Tentunya, Anda tidak mau bukan mata Anda rusak karena Anda kurang memperhatikan kesehatannnya? Karena itu, sebainya Anda mulai menjaga kesehatan mata Anda. Caranya, misal dengan tidak terus menerus menatap layar monitor. Anda bisa mengalihkan pandangan tiap satu jam sekali. Bahkan, ada ahli yang menyebutkan bahwa setidaknya mata perlu melihat pemandangan lain setelah menatap layar monitor selama 20 menit. Selain itu, seringlah berkedip dan hindari juga menatap layar komputer pada ruangan yang kurang cahaya karena bisa merusak mata Anda.  Dan jangan lupakan asupan untuk kesehatan mata seperti wortel.

 

Jangan Lupakan Olahraga

Sering duduk depan komputer akan membuat tubuh menjadi kaku. Karena itu, seringlah melakukan olahraga yang teratur. Biasakan olahraga ketika pagi hari. Olahraga pada pagi hari akan membuat tubuh terasa lebih sehat ketika menjalani aktivitas sehari-hari. Jika Anda tidak bisa meluangkan waktu untuk berolahraga pada pagi hari, maka Anda bisa menggunakan waktu olahraga pada soere hari. Jenis olahraga yang dilakukan tidak perlu yang terlalu berat. Anda bisa melakukan lari pagi ataupun hanya aktivitas jalan kaki.   Jangan lupakan pula untuk melakukan olahraga kecil ketika Anda berada di kantor. Lakukan olahraga seperti memutar leher ataupun merenggangkan jemari kaki dan tangan. Hal ini dilakukan agar Anda terhindar dari kram pada bagian tubuh Anda. Hal ini juga untuk menghindari kesemutan pada kaki.

 

Atur Posisi Duduk

Posisi duduk sangat penting untuk diperhatikan. Mengapa? Posisi duduk berpengarh pada kesehatan tubuh dan juga mata. Karena itu, aturlah posisi duduk Anda  dengan benar. Contohnya adalah dengan memasang posisi badan yang tetap rileks dan punggung dengna posisi tidak membungkuk. Usahakan juga posisi duduk tidak membuat jarak mata Anda  dengan layar monitor terlalu dekat.

 

Perhatikan Pola Makan

Salah satu faktor penyebab orang betambah berat badan dan kurang gizi adalah keseringan duduk menatap layar monitor. Aktivitas ini memang tidak terlalu banyak membakar kalori yang ada di dalam tubuh.  Tidak heran, banyak orang bertambah berat badannya ketika mereka melakukan aktivitas ini. Untuk itu, agar tidak bertambah berat badan dan tetap sehat, sebaiknya atur pola makan. Mengatur pola makan bukan berarti Anda tidak boleh makan makanan tertentu. Maksudnya, dalam hal ini adalah, Anda tetap makan tapi Anda membatasi asupan kalori Anda. Dan ingat juga, Anda tetap makan makanan bergizi karena sangat penting agar metabolisme tubuh Anda menjadi lancar.

 

Tetap Minum Air Putih

Jika Anda kesulitan membatasi pola makan, Anda bisa melakukan tips yang satu ini : perbanyak minum air putih. Anda yang sering ngemil dan makan apapun sehingga tidak terkendali,  maka air putih adalah jawabannya.   Anda perlu mengganti cemilan di meja Anda dengan air putih dalam jumlah banyak. Air putih sangat bagus untuk tubuh. Meminum air putih juga dapat menhilangkan rasa lapar sehingga Anda terhindar dari ngemil. Dan tentu saja, meminum air putih juga bermanfaat untuk terhindar dari dehidrasi yang bisa muncul saat tubuh duduk terlalu lama.

 

Itulah 5 tips untuk Anda yang sering duduk depan komputer. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda bisa mempraktikannya demi kebaikan dan kesehatan Anda. [HMN]

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel