Tips Menurunkan Berat Badan Selama Sebulan

23 May 2015 13:00 7170 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Menurunkan berat badan dalam waktu satu bulan bisa dilakukan dengan rutin olahraga dan menjaga asupan makanan. 

 Menurunkan Berat Badan Selama Sebulan-Punya masalah dengan berat badan? Berat badan yang berlebih terutama yang sudah mengarah pada obesitas memang cukup mengganggu. Mengganggu dalam hal ini bukan saja berdampak pada penampilan, tetapi juga pada kesehatan. Kesehatan merupakan hal penting yang ingin selalu didapatkan semua orang setiap saat. Hidup sehat akan membuat semua kegiatan, tugas, pekerjaan, dan kehidupan sehari-hari berjalan dengan lancar dan baik. Akan tetapi, kelebihan berat badan bisa berdampak buruk pada kesehatan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk menurunkan berat badan salah satunya dengan mencobanya selama satu bulan.

 

Tips Selama Satu Bulan Menurunkan Berat Badan

Program penurunna berat badan memang tidak selalu mudah. Ada beberapa kebiasaan dalam program ini yang mungkin saja bertentangan dengan gaya hidup sehari-hari. Misalnya mengurangi konsumsi makanan berlemak yang sangat disukai. Program penurunan berat badan yang ditempuh tentunya haruslah program yang tetap mengedepankan kesehatan tubuh. Walau target utama adalah berhasil menurunkan berat badan dalam waktu satu bulan, bukan berarti tidak memikirkan unsur kesehatan di dalamnya. Berikut beberapa tips untuk menurunkan berat badan dalam jangka waktu satu bulan.

  • Rutin mengonsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur merupakan jenis makanan yang kaya akan serat dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Konsumsi buah dan sayur secara rutin akan banyak membantu proses pencernaan setiap harinya. Selain itu kebutuhan beberapa jenis vitamin terutama vitamin C bisa terpenuhi. Cara mengonsumsi buah sayur sendiri bermacam-macam, misalnya dibuat jus, dijadikan salad, dibuat puding, dan lain-lain.

  • Mengurangi konsumsi daging

Konsumsi daging berlebih tidak baik untuk kesehatan tubuh, apalagi jika bagian yang dikonsumsi adalah yang banyak mengandung lemak. Salah satu pengganti daging yang baik adalah ikan dan sumber protein nabati lainnya. Ikan mengandung omega 3 yang baik untuk kesehatan.

  • Membatasi konsumsi gula

Ada banyak makanan dan minuman yang mengandung gula yang mungkin dikonsumsi dengan rutin oleh seseorang. Untuk membuat program penurunan berat badan berhasil, salah satu caranya adalah dengan membatasi konsumsi gula. Usahakan tidak tergiur untuk sering mengonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung gula.

  • Membiasakan tidur dengan cukup

Tidur yang cukup akan menjadikan tubuh segar dan bersemangat. Apabila kurang tidur, kebiasaan untuk mengemil dan dan makan justru menjadi bertambah banyak.

  • Rajin berolahraga

Olahraga dan penurunan berat badan saling berkaitan. Apabila ingin menurunkan berat badan, maka olahraga juga harus dilakukan agar selain bisa membantu pada penurunan berat badan juga bisa menjaga kesehatan tubuh. Olahraga yang dilakukan adalah olahraga ringan selama 30 menit tetapi dilakukan setiap hari.

  • Hindarkan diri dari kebiasaan memesan makanan di luar

Makanna yang dipesan dari luar belum tentu sehat dan umumnya banyak mengandung kalori dan lemak. Usahakanlah untuk membuat makanan sehat sendiri di rumah.

  • Memilih camilan yang sehat

Camilan adalah jenis makanan selingan yang umumnya mengandung kalori yang tinggi. Pintar-pintarlah memilih camilan, pilih camilan yang rendah kalori atau ganti saja camilan tersebut dengan  buah-buahan.

  • Mengurangi porsi makan

Pengurangan porsi makan ini tidak berarti membuat tubuh menjadi lemas. Pengurangan ini dilakukan agar tubuh tidak menimbun kelebihan kalori. Cukupkan makan sesuai dengan kebutuhan kalori dalam tubuh dan tidak berlebihan.

Tips Menurunkan Berat Badan Selama Sebulan

Contoh Makanan Penurun Berat Badan

Di bawah ini adalah beberapa contoh makanan yang bisa membantu untuk menurunkan berat badan.

  • Jamur

Jamur bisa menjadi salah satu jenis makanan pengganti daging. Teksturnya yang lembut dan kenyal menyerupai tekstgur daging. Selain itu, jamur juga merupakan makanan yang rendah kalori sehingga aman untuk dikonsumsi mereka yang sedang menjalankan program penurunan berat badan.

  • Ikan salmon

Ikan salmon merupakan jenis ikan yang yang mengandung lemak yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan membantu mengecilkan area perut dan pinggang. Selain itu kandungan Omega 3nya yang tinggi bisa membantu menurunkan lemak pada bagian perut, dan meningkatkan sensitivitas dari insulin yang bisa membantu pembangunan pada otot.

  • Almond

Almond bisa menjadi camilan pengganti yang bisa memberikan rasa kenyang dan juga bisa membantu menjaga kadar gula dalam darah menjadi stabil.

  • Yogurt

Yogurt dengan rasanya yang masam bisa membantu menekan rasa lapar karena di dalamnya terdapat kandungan karbohidrat, lemak, dna protein. Yogurt juga bisa membantu menjaga kadar gula dalam darah agar tetap stabil.

Demikianlah pembahasan tentang cara menurunkan berat badan dalam jangka waktu satu bulan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan. [DIA]

 

                          

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel