Stunwall dan FotoMania: Dua Situs Edit Foto Online yang Sederhana

30 Nov 2013 14:00 6754 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sekarang, Anda benar-benar bisa mengedit foto di mana saja. Pada komputer, peramban, ponsel atau di tablet.

Sekarang, Anda benar-benar bisa mengedit foto di mana saja. Pada komputer, peramban, ponsel atau di tablet. Yang paling sederhana dan paling mudah mungkin adalah melalui peramban dan sangat banyak tersedia di internet. Mungkin Plimbi juga sudah cukup banyak membahas ini, dan kali ini akan Plimbi berikan lagi dua situs edit foto online gratis yang bisa Anda manfaatkan.

PhotoMania

Sebelumnya, yang perlu Anda tahu kalau situs ini masih dalam versi beta karena itu, fitur-fitur dasar seperti memotong (cropping), mengubah ukuran (resizing) dan memutar (rotating) belum ada. Tetapi Plimbi yakin, fitur tersebut akan ditambahkan segera. Untuk sementara, memutar, memotong atau mengubah ukuran gunakan alat lain.

Walaupun tidak bisa disandingkan dengan editor foto professional, PhotoMania memiliki fitur editing yang paling banyak di bandingkan dengan situs pengedit gratis lainnya di internet. Dari penyaring (filter) dasar untuk membentuk pola canggih dan pola cetakan, kalau dihutung-hitung ada 300 penyaring yang ada di situs ini. Situs edit foto online ini benar-benar gratis hingga saat ini dan tidak ada versi premium atau trik untuk mengambil uang Anda.

Untuk memulainya terlebih dahulu Anda harus mengunggah foto dari komputer, boleh juga dari Facebook atau Twitter, situs ini akan mendeteksi otomatis setelah sinkronisasi. Selain itu, Anda juga bisa langsung mengambil gambar dari webcam. Selanjutnya Anda dapat memilih artistic filter (sketch, magical, paint, camera dll), fun filter (illusion, megazines, drawing dan juga tech), e-card filters akan membantu Anda membuat kartu ucapan elektronik dengan capat dengan menggunakan foto Anda sendiri. Mungkin beberapa memang terlihat norak, tetapi di sini banyak menyimpan penyaring-penyaring yang mengesankan. Silahkan Anda coba sendiri. Lihat foto dibawah:

Di satu poto Anda hanya bisa menerapkan satu filter saja jadi, filter sebelumnya di hilangkan. Dan tidak ada fitur yang yang bisa mengembalikan ke filter sebelumnya (undo) atau menghilangkan filter yang sudah di gunakan. Tetapi, karena ini bukan foto aslinya maka itu tidak masalah. Untuk melihat perubahannya Anda bisa menarik tombol yang ada di sebelah kanan tombol Change Foto…  atau menarik tombol di kanan tengah untuk melihat “Sebelum dan Sesudah”.

Setelah selesai, Anda bisa mendownload foto tersebut, mencetak dan tentunya share. Namun ketika Plimbi menguji cobanya, tombol share ini tidak berfungsi, mudah-mudahan pengembang segera memperbaiki masalah ini karena saat ini share-men-share  sangat ramai dan mengeuntungkan bagi pengembang.

Untuk menggunakan PhotoMania tidak perlu login atau signup. Cukup unggah foto, ambil dari Facebook atau Twiiter dan webcam Anda. Nikmati editing yang mereka berikan.

 

Baca juga :

               Cobain Dulu Kumpulan Software Edit Foto Komputer dengan Efek Menakjubkan

               HTC 10, smartphone berkelas siap melawan flagship lain

 

Stunwall

Stunwall agak berbeda. Dia lebih berfokus pada teknik pewarnaan. Penggunaan bahkan situsnya juga sangat sederhana. Situs ini hanya menyediakan 7 filter (default, Warmday, Vermont, Winter, Strawberry, Jolly, Freezing dan Grassy). Tetapi memang membuat foto Anda menjadi lebih berseni. Untuk mengatur intensitas filter yang Anda gunakan, mereka menyediakan pengaturan BRIGHTNESS, VIGNETTE. Responsibility situs ini cukup bagus. Ketika Anda menaikkan atau menurunkan BRIGHTNESS atau VIGNETTE maka foto akan juga segera berubah.

Untuk memasukkan foto bisa melalui unggah, webcam atau alamat URL. Fiturnya lainnya, disebelah kanan terdapat tombol Share On FB, Tweet, Publish, Save To Computer dan Do Another Photo. Untungnya tombol-tombol ini berfungsi dengan baik, tidak seperti situs sebelumnya.

Untuk menggunakan situs ini Anda terlebih dahulu harus mendaftar. Boleh dengan Facebook atau Twitter. setelah itu Anda akan mendapat akun yang berisi profil dan Invite Friends. Satu yang agak janggal, ini situs editing foto tetapi tidak menyediakan dashboard atau paling tidak gallery foto-foto yang sudah Anda edit. Mungkin nantinya itu akan segera terwujud karena situs ini memang cukup bagus dari kesederhanaannya.

Kesimpulan

Memang ini bukan situs yang sangat hebat dalam mengedit foto. Tetapi ketika Anda menggunaknnya, akan terasa nyaman karena mereka begitu responsive dan sederhana. Atau kita bisa kita katakana, mengedit cepat tanpa rumit. Dan kedua layanan ini masih tergolong baru, jadi kemungkinana untuk berkembang masih besar dan mudah-mudahan juga pengembangnya tidak meninggalkannya begitu saja.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel