Ini Dia Tools Online Yang Menyerupai Microsoft Power Point

24 Dec 2012 09:00 3626 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Seperti yang akan dibahas kali ini tentang 3 tools online yang bisa digunakan untuk *editing slide* presentasi yang mirip Microsoft Power Point. Tidak hanya mirip, tetapi beberapa fitur tools online ini bisa dibilang malah lebih baik dari Microsoft Power Point.

Dunia internet terus saja memberi inovasi dan mempermudah pekerjaan kita. Sepertinya kita tidak akan membutuhkan lagi penyimpanan di flashdisk atau yang lainnya, kita hanya butuh koneksi internet saja. Data-data sudah bisa dibaca secara online oleh fasilitas awan, bahkan untuk mengedit file tersebut. Simpan di layanan awan, buka dan edit dimana saja. Tidak ada alasan ketinggalan file tugas bagi siswa, maha siswa, atau karyawan. Karena semua bisa disimpan di awan, dan bisa dikerjakan juga di awan tersebut.

Seperti yang kita akan bahas kali ini tentang 3 tools online yang bisa digunakan untuk editing slide presentasi yang mirip Microsoft Power Point. Atau bisa dibilang bukan hanya mirip, tetapi beberapa fitur tools online ini lebih baik dari Microsoft Power Point. Bagaimana tidak, satu keunggulannya adalah dikerjakan secara online. Bila pada komputer yang Anda gunakan tidak memiliki program Power Point, ini bisa jadi Andalan. Atau Anda presentasi dengan menggunakan tablet atau smartphone yang memiliki port infocus, tools online ini bisa dijadikan andalan. Berikut 3 tools online yang direkomendasikan Plimbi untuk file Power Point.

Google Presentation

Google hampir memiliki semua layanan. Jika Anda tidak asing dengan fitur Google seperti Gmail mungkin layanan presentasi ini tidak asing lagi. Layanan presentasi ini terintegrasi dengan Google Drive. Google Presentation sebenarnya ditujukan sebagai pengganti Power Point yang berbasis online. Meskipun tidak selengkap Power Point dari Microsoft, tetapi beberapa fiturnya cukup membantu karena hampir semua fitur inti presentasi ada di Google Presentation seperti animasi, tema, animasi slide bahkan Anda bisa langsung memasukkan video dari YouTube.

Dengan presentasi online ini, Anda bisa melakukan editing silde presentasi dimanapun dan kapanpun. Syaratnya harus ada koneksi internet. Kebutuhan koneksi internet untuk layanan ini juga tidak terlalu besar. Jadi jangan khawatir bila koneksi tablet atau komputer Anda sedang lambat, Google Presentation tetap bisa dijalankan. File presentasi Anda juga bisa diekspor ke dalam format PDF, PPTX, dan banyak lagi. Anda bisa menggunakan layanan ini dengan mengakses link ini.

Prezi

Alat membuat presentasi online yang satu ini jauh berbeda dengan program presentasi biasa. Tampilan dan fiturnya lebih membebaskan kita membuat slide presentasi. Kanvas yang siap Anda desain sangat luas sekali, hampir tidak ada batasan. Jadi item-item kecil dan besar bisa disatukan pada layanan ini. Anda bebas memasukkan apapun yang Anda inginkan dan dimanapun. Text, gambar, video atau pun yang lain tinggal klik dua kali pada kanvas tekst atau gambar yang siap dimasukkan.

Setelah selesai mendesain, selanjutnya Anda membuat frame. Frame merupakan fokus dari slide yang Anda buat. Seperti slide pada Power Point. Tidak akan sulit bergerak dari satu frame ke frame yang lain. Gerakannya mulus, sepertinya cocok untuk perangkat yang menggunakan teknologi layar sentuh. Meskipun fitur-fiturnya mirip dengan program presentasi lainnya, tetapi penyajian dengan Prezi jauh berbeda dengan program presentasi biasa. Tema-temanya juga unik, tidak seperti tema yang sering Anda jumpai pada slide presentasi umumnya. Selain tema, teks, warna, animasi juga sangat berbeda dengan Power Point biasa. Cocok bila Anda ingin memberikan warna berbeda dalam presentasi. Bisa dibilang Prezi lebih modern dibanding program-program lainnya secara visual.

Anda juga bisa menjadi member Prezi secara premium. Karena yang gratis, Anda harus rela berbagi hasil presentasi Anda. Untuk akun privat harus membayar US$ 4.92 per bulan juga mendapat penyimpanan awan 500MB, logo probadi dan lain-lain. US$13.25 per bulan untuk prezi desktop, private, logo probadi, dan 2GB penyimpanan awan. Tetapi, versi gratis juga sudah memberikan fitur-fitur yang sagat bagus. Layanan ini bisa diakses di sini.

Photosnack

Jika sebagian besar slide presentasi Anda merupakan gambar, cocok rasanya menggunakan layanan ini. Photosnack merupakan layanan online untuk menampilkan slide foto atau gambar. Pembuatan slide gambar dibuat sangat sederhana dan mudah digunakan. Cukup upload foto-foto yang ingin dibuat slideshow-nya ke Photosnack dan klik next untuk memilih jenis tema yang Anda inginkan. Dan slideshow pun jadi dan siap di-share ke jejaring sosial.

Foto-foto yang di-upload bisa dari komputer, akun jejaring sosial, Instagram, Flicker, Picasa, Photobucket dan Smugmug. Ada beberapa template yang tersedia untuk slide foto Anda. Slide-Slide ini juga bisa Anda modifikasi sedikit seperti mengganti warna dan ukurannya. Anda juga bisa menambahkan musik ke slide foto Anda. Ada beberapa musik yang disediakan Photosnack tetapi kita bisa upload sendiri musik kesayanagn kita untuk pengiring slideshow. Layanan ini bisa diakses di sini. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel