Cardtopost.com - Situs Bertukar Kartu Pos Asli Indonesia

30 Oct 2013 23:00 4354 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pernahkah Anda mendengar pernyataan seperti ini: “Kehadiran Televisi akan membuat Radio punah.” Lalu bagaimana realitasnya? Ternyata radio masih ada sampai sekarang, bukan? Walaupun digempur dengan hadirnya TV dengan programnya yang beragam, toh tidak menurunkan eksistensi radio itu sendiri karena pasti ada pendengar setia baik yang fanatik ataupun tidak.

Pernahkah Anda mendengar pernyataan seperti ini: “Kehadiran Televisi akan membuat Radio punah.” Lalu bagaimana realitasnya? Ternyata radio masih ada sampai sekarang, bukan? Walaupun digempur dengan hadirnya TV dengan programnya yang beragam, toh tidak menurunkan eksistensi radio itu sendiri karena pasti ada pendengar setia baik yang fanatik ataupun tidak. Salah satu program TV yang digemari berbagai kalangan terutama ibu-ibu dan remaja adalah sinema elektronik atau akrab disebut ‘sinetron’. Nah, radio pun memiliki program serupa yaitu sinema radio atau akronimnya ‘sineradio’.  Kesimpulannya, baik TV atau radio itu memiliki pasar tersendiri. Mari tinggalkan sejenak tentang TV dan Radio ini karena Plimbi akan mengajukan sebuah pertanyaan yang perlu Anda jawab, “Di era sekarang ini, kapankah Anda terakhir kali berkirim kartu pos?”

Mungkin sebagian dari Anda ada yang menjawab sudah tidak pernah lagi berkirim kartu pos. Penyebabnya pun banyak sekali, bisa karena tidak punya teman korespondensi, tidak ada waktu untuk pergi ke kantor pos, bukan seorang filatelis, atau sederhananya, sekarang kan zaman SMS (Short Message Service) dan BBM (BlackBerry Messenger).

Benar sekali, sekarang hampir semua masyarakat Indonesia di segala kalangan mempunyai Handphone dengan beragam fasilitas yang ditawarkan. Begitu ada berita yang ingin disampaikan, dengan mudahnya tinggal mengetik pesan singkat ke nomor yang dituju. Biayanya pun relatif murah, bahkan Plimbi sendiri menyediakan fitur SMS Gratis. Mengenai waktu penyampaian pesan pun relatif cepat, tergantung dari ketersediaan sinyal provider.

 

 

Baca juga :

               Vending Machine Unik ini akan Anda Temukan di Jepang!

               Review Laptop Asus Vivobook Pro N552VX: Laptop Multimedia Ala Zenbook Siap Gaming

 

Cardtopost.com

Seperti radio yang memiliki pendengar setia, kartu pos pun masih banyak peminatnya. Hanya saja, untuk zaman serba canggih seperti sekarang ini, pengiriman kartu pos lebih didasarkan pada penyaluran hobi. Nah, ternyata ada orang-orang Indonesia penggemar korespondensi yang menggagas sebuah situs online bertajuk cardtopost.com. Situs ini terbentuk karena ingin terus mempertahankan budaya berkirim surat melalui kartu pos. Bahkan walaupun nama situsnya memakai Bahasa Inggris, namun jika Anda baca menjadi ‘kar-tu pos’. Unik juga ya. Tapi Anda tidak perlu khawatir, isi situs ini didominasi oleh Bahasa Indonesia. Cara bergabungnya pun cukup mudah, anda hanya perlu mendaftarkan diri dengan menyertakan nama, email, alamat, foto, dan data diri lainnya seperti pekerjaan, hobi, dan sebagainya. Tenang saja, alamat tidak akan ditampilkan, hanya anggota cardtopost.com yang meminta saja yang dapat memiliki alamat Anda, itupun dengan persetujuan Anda terlebih dahulu.

  • Fitur
  1. Beranda: Di halaman ini Anda langsung disuguhi dengan ‘Pamer Kartu Pos!’ berisi foto sebuah kartu pos yang dikirimkan oleh anggota. Bentuk serta design kartu posnya sangat banyak yang kreatif dan bagus. Di atasnya ada slideshow mengenai isi situs dan foto-foto beragam kartu pos, bahkan ada beberapa yang dipegang oleh selebritis seperti Wanda hamidah dan Christine Hakim. Untuk proses login atau daftar, Anda dapat melihat ke pojok kanan atas. Di bawahnya, ada ‘Shout Out’ berisi pesan singkat yang disampaikan oleh para anggota. Ada pula tampilan video terkait dan daftar anggota cardtopost yang berulang-tahun.
  1. Ruang Pamer: Di sinilah Anda dapat posting kartu pos milik Anda dan dipamerkan kepada anggota yang lain. Anda pun dapat melihat-lihat beragam kartu pos lainnya.
  1. Ruang Baca: Berisi beragam informasi mengenai kegiatan anggota cardtopost seperti ghatering atau berita terkait tentang produk yang akan diluncurkan.
  1. Ruang Keluarga: Penasaran dengan siapa saja anggota situs ini, ya Anda ada di tempat yang tepat. Cardtopost bahkan memudahkan Anda mencari anggota lain karena nama yang dicari dapat di-klik berdasarkan abjad. Anda pun dapat melihat-lihat foto dari tiap anggota walau tidak semua memasang foto mereka.
  1. Kamar: Anda akan disuguhi dengan permintaan alamat dari para anggota yang ingin bertukar kartu pos di sini.
  1. Ruang Konsultasi: Banyak pertanyaan yang ingin Anda ajukan? Di sinilah terdapat daftar pertanyaan yang sering diajukan beserta jawabannya (FAQ).
  1. Kios: Cardtopost pun menyediakan beberapa jasa dan penjualan seperti: penjualan T-Shirt, jasa cetak kartu pos, dan coklat dalam kartu pos.
  • Acara

Cardtopost telah beberapa kali mengadakan sebuah acara seperti gathering sesama anggota atau proyek pengiriman 1000 kartu pos untuk Presiden pada 9 September 2012. Acara terbaru mereka adalah pada minggu lalu, tepatnya 13 September 2013 yaitu ratusan orang mengirimi kartu pos untuk walikota Yogyakarta.

Kesimpulan

Cardtopost.com ini sederhananya ingin membantu para penggemar korespondensi untuk tetap berkirim surat melalui kartu pos. Tampilan situsnya pun enak dilihat dan penuh warna. Di cardtopost.com ini Anda dapat berkenalan dengan orang asing melalui cara bertukar kartu pos. Ingat, kartu pos-nya harus dusahakan buatan sendiri dan se-kreatif mungkin sehingga terlihat lebih eksklusif. Setelah kartu pos sampai, Anda dapat memamerkan foto kartu pos yang Anda terima itu kepada  anggota cardtopost lain. Selain mendapat pesan, ada kepuasan tersendiri juga ketika Anda mengirim atau mendapatkan sebuah Kartu Pos. Apa sekarang Anda menjadi tertarik untuk berkirim kartu pos? [QPE]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel