Kamera Panasonic Lumix DMC-FZ60 - Kamera Super Zoom Andalan Panasonic

11 Dec 2012 18:00 4430 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kamera Panasonic Lumix FZ60 merupakan kamera *super zoom* terbaru andalan Panasonic yang membawa fitur zoom 24x dengan sensor CMOS 16.1MP. Kamera Panasonic Lumix ini merupakan salah satu dari tiga kamera *super zoom* milik Panasonic, bermain di sekitar harga $400 atau sekitar Rp 3,8 jutaan, FZ60 memiliki sedikit kesamaan dengan FZ150, dan masih menjadi kamera yang memiliki *rating* yang tinggi di antara para pengguna kamera *super zoom*.

Kamera Panasonic Lumix FZ60 (lebih sering dikenal FZ62 di Eropa) merupakan kamera super zoom terbaru andalan Panasonic yang membawa fitur zoom 24x dengan sensor CMOS 16.1MP. Kamera Panasonic Lumix ini merupakan salah satu dari tiga kamera super zoom milik Panasonic, bermain di sekitar harga $400 atau sekitar Rp 3,8 jutaan, FZ60 memiliki sedikit kesamaan dengan FZ150, dan masih menjadi kamera yang memiliki rating yang tinggi di antara para pengguna kamera super zoom. Lalu bagaimanakah performa dari kamera ini? Berikut ulasannya.

Desain

Bentuk tubuh dari kamera ini masih mempertahankan bentuk yang khas dari generasi super zoom Panasonic di masa lalu. Desain ini berhasil memberikan bobot yang ringan kepada para calon pengguna, karena desain ini menggunakan bahan material dari plastik, dan tombol clack ketika di tekan, sehingga rasanya seperti kamera dengan harga yang murah dari yang kita inginkan. Jika Anda pernah melihat gambar dari kamera ini di internet, maka ukuran kamera asli lebih kecil dibandingkan dengan seperti apa yang Anda lihat pada gambar. Tidak seperti FZ150 atau FZ200, layar LCD sebesar 3 inch yang memiliki resolusi 460.000-dot yang tertanam di tempat dan tidak bisa diartikulasikan. Jendela bidik elektronik sangat layar untuk mendapatkan pujian, meskipun jelas tidak sesuai dengan kualitas top-notch yang ditampilkan dengan Fujifilm X-E1 atau Sony A77. Kamera ini memiliki tombol pengaturan diopter namun tidak ada sensor untuk eye-level untuk secara otomatis beralih antara LCD dan EVF.

Ini adalah kamera untuk konsumen, sehingga jelas ada fokus pada mode auto. Tapi kedalaman kontrol sangat mengesankan untuk super zoom lapis kedua. Mode pengambilan PASM juga tersedia pada kamera ini, sebagai pengaturan yang spesial seperti pengaturan white balance dan white balance bracket shooting. Meskipun tidak ada RAW, namun kamera ini mampu mengesankan para penggunanya dalam menjelajahi beberapa penggunaan kontrolnya di dalam menu sistem.

Kinerja kamera ini sangat tajam, jika Anda mengabaikan shutter lag dan waktu dalam shot-to-shot. Fokus otomatis memiliki kinerja yang cepat di sudut yang lebar tapi cukup melambat pada akhir telephoto dari rentang zoom dan pencahayaan yang redup –yang mana merupakan bukan peningkatan atas modelnya terdahulu, dan cukup khas dari kelas yang dianutnya. Pengambilan gambar secara Burst dapat menangkap 10fps, namun buffer baru akan terisi setelah 5 tangkapan, bukan performa terbaik untuk di luar sana, namun masih sangat berguna untuk pengambilan gambar bergerak dan dapat diAndalkan dalam waktu yang singkat.

Fitur

Seperti kamera super zoom yang lainnya, rentang zoom yang besar adalah titik penjualan utama untuk kamera ini. Dengan 24x (yang setara dengan 25-600mm), lensa yang dimiliki FZ60 merupakan lensa yang singkat dan dapat digolongkan aneh pada saat ini, pasalnya lensa ini hanya menawarkan sekitar setengah zoom dan panjang fokus maksimum untuk pemimpin kelas baru, Canon SX50 HS yang memiliki kekuatan 50x, 24-1200mm. Namun janganlah Anda merasa kecewa terlebih dahulu, karena dengan kekuatan 24x masih memiliki banyak kegunaan, dan hanya untuk tiga tahun yang lalu kekuatan sebesar ini merupakan salah satu kekuatan yang terbaik di kelasnya. FZ60 memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan kamera hasil racikan dari Sony, Canon, dan Nikon serta Panasonic FZ200 sendiri, dan menawarkan gambar yang lebih baik daripada model murah yang terkadang memiliki zooms yang panjang. FZ60 menempati tempat yang nyaman di antara kamera superzoom lainnya.

Kesimpulan

Dari segi desain dan model, FZ60 memiliki desain yang lebih mengesankan dari dua seri FZ Panasonic sebelumnya. Karena hal ini berkaitan dengan rentang zoom dan pemimpin kelas ultrazoom, tapi tampaknya untuk menawarkan kualitas gambar yang solid kamera ini tidak dapat diragukan kembali kualitasnya. Kamera ini juga akan memberikan kontrol yang lebih dalam yang akan memberikan Anda kejutan.

FZ60 akan menjadi produk kamera dari Panasonic yang akan sulit untuk menjadi laris mengingat banyak kamera super zoom lainnya yang memiliki fitur lebih tinggi di atas FZ60 banyak berkeliaran. Namun jika Anda memikirkan penggunaan kamera ini untuk personal saja, maka kamera ini merupakan pilihan yang baik untuk Anda, mengingat kamera ini berada di kelas menengah di antara kamera super zoom lainnya. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel