Spesifikasi Smartphone Yang Harus Dilihat Pertama Kali

4 Dec 2012 17:30 3668 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tidak dapat disangkal, banyak dan lebih banyak orang memiliki smartphone seiring dengan banyaknya kebutuhan, kepentingan, dan keinginan perseorangan. Sekarang ini, smartphone memiliki kemampuan melebihi dari komputer yang kita gunakan beberapa waktu lalu, dan kemampuannya akan terus berkembang dengan berkembangnya teknologi di dalamnya

Tidak dapat disangkal, banyak dan lebih banyak orang memiliki smartphone seiring dengan banyaknya kebutuhan, kepentingan, dan keinginan perseorangan. Sekarang ini, smartphone memiliki kemampuan melebihi dari komputer yang kita gunakan beberapa waktu lalu, dan kemampuannya akan terus berkembang dengan berkembangnya teknologi di dalamnya, seperti misalnya smartphone dengan teknologi quad-core CPU.

Menilik dari hal tersebut, bagi Anda yang akan membeli smartphone baru, Anda disarankan tidak langsung percaya pada iklan. Anda akan mendapatkan hasil terbaik saat melihat spesifikasi smartphone itu sendiri. Pada sajian kali ini, Plimbi akan membantu Anda untuk mencari tahu apa yang terbaik bagi Anda dan apa yang harus Anda perhatikan dalam memperoleh smartphone yang diinginkan entah itu iPhone ataupun Android.

1. Layar, Ukuran, dan Desain

Pertama, kita akan melihat apa yang mungkin akan Anda lihat pertama kali dari spesifikasi smartphone, yaitu layar, ukuran, dan keseluruhan desain. Ukuran sangat berpengaruh belakangan ini, karena beberapa smartphone seperti misalnya Samsung Galaxy Note sangat digemari. Dengan ukurannya yang besar, Anda harus membuka tangan lebar-lebar untuk menggenggamnya, dan mungkin akan terasa aneh ketika Anda sedang bertelepon. Selain itu, ketipisan desainnya mungkin akan membuat Anda tertarik.

Anda juga harus melihat tipe layar pada smartphone dan resolusi yang dimilikinya. Jika misalnya Anda bingung dengan pilihin layar seperti misalnya AMOLED dan Retina, Anda bisa mencari informasi dan reviewnya dengan berjelajah di dunia maya. Selain tipe layar, spesifikasi smartphone lain pada tampilan fisik yang juga penting adalah desain. Desain yang ditampilkan oleh smartphone disesuaikan dengan selera Anda. Jika perlu, Anda bisa langsung melihat desainnya ke store penjualan agar Anda bisa melihat dengan jelas.

2. Prosessor

Spesifikasi smartphone selanjutnya yang penting adalah CPU. Chip berukuran kecil ini memiliki banyak perbedaan pada banyak smartphone yang berbeda. Ada beberapa nama prosessor yang populer seperti Cortex, Snapdragon, dan Tegra, jadi untuk memilih di antaranya Anda harus melihat dengan teliti. Bagaimanapun, jika Anda bingung dengan info teknis yang ada, Anda cukup melihat dua kunci fungsi, yaitu frekuensi dan jumlah core.

Pilihan yang ada tidak selalu mudah untuk dibuat, tetapi secara umum, lebih banyak core, maka akan lebih baik. Sebagai contoh, prosessor dual-core 1 Ghz dapat berjalan lebih lancar daripada prosessor single-core 1,5 Ghz. Lebih lanjut, kebanyakan aplikasi dan game dapat berjalan dengan baik pada dual-core 1 GHz, dan penambahan daya pada single-core 1,5 Ghz tidak dapat merubahnya secara signifikan.

3. RAM dan Memori

Spesifikasi smartphone lainnya yang harus Anda perhatikan adalah RAM dan memori. Umumnya, semakin banyak RAM yang dimiliki smartphone, semakin banyak program yang dapat Anda jalankan pada smartphone tanpa memperlambatnya. Jika Anda akan menggunakan smartphone dengan menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, RAM yang lebih banyak tentu saja dibutuhkan. RAM 1 GB akan cukup untuk pengguna yang sering membuka beberapa aplikasi dalam sekali waktu, tetapi beberapa smartphone juga menawarkan RAM yang lebih besar.

Jumlah memori juga penting jika Anda berencana akan melakukan instalasi banyak aplikasi pada smartphone. Untuk hal ini, memori sebesar 16 GB sudah lebih dari cukup, terutama jika Anda menambahkan microSD. Anda juga harus memeriksa ukuran maksimum untuk microSD yang dapat ditambahkan pada smartphone, di mana hal ini akan menambah kapasitas penyimpanan untuk menyimpan berbagai hal yang Anda inginkan.

4. Spesifikasi Smartphone Lain yang Penting

Adalah cukup jika Anda telah memperhatikan spesifikasi smartphone seperti desain, prosessor, RAM dan memori. Namun, hal-hal lain juga patut diperhatikan saat Anda menginginkan smartphone yang terbaik bagi Anda. Beberapa diantaranya yaitu besarnya megapixel yang ada pada kamera smartphone, dimana sekarang ini terdapat kamera depan dan juga kamera utama. Selain itu, hal kecil seperti letak port headphone dan charger, daya tahan baterai, serta konektivitas yang dibenamkan misalnya Bluetooth, GPS, dan NFC.

Dan satu yang penting adalah, jika Anda membuka pikiran dengan banyaknya pilihan smartphone yang Anda inginkan, maka Anda akan mendapatkan berbagai ide yang bervariasi, dan tetapkan pilihan Anda agar penggunaan smartphone dapat bermanfaat bagi Anda di kemudian hari. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel